Perlukah Pergi ke Dokter Spesialis Kandungan Ketika Mengalami Morning Sickness?

IBU WOMEN CLINIC – Morning sickness sangat umum terjadi pada ibu hamil. Kecuali gejala Anda parah, seperti jika Anda mengalami muntah tak henti-hentinya, penurunan berat badan yang signifikan atau tanda-tanda dehidrasi, Anda mungkin tidak perlu khawatir dan penting untuk pergi ke dokter spesialis kandungan. Jika gejala Anda tidak terlalu mengganggu, mulailah dengan strategi rumah, seperti makan makanan hambar, jahe dan sedikit makan makanan tapi sering.

Ada juga alat lain yang dapat Anda coba untuk membantu Anda mengatasi gejala, seperti meditasi atau konseling. Ibu hamil harus selalu diberi dukungan emosional oleh keluarga dan suami.

Pahami Seperti Apa Rasanya Morning Sickness

Gejala dari morning sickness, tentu saja, mual dan muntah. Para ahli mengatakan bahwa sementara mual dapat berlangsung sepanjang hari, tidak diharapkan bahwa ibu hamil akan muntah sepanjang hari. Mereka juga mencatat bahwa ibu hamil harus dapat menyimpan setidaknya beberapa makanan tanpa rasa. Ada efek potensial lain dari morning sickness, misalnya. Anda mungkin merasa lebih buruk ketika bergerak, seperti mencuci baju atau menyirami tanaman dan bau yang kuat mungkin mengganggu Anda.

Selain dampak fisiknya, morning sickness dapat berpengaruh pada hal ekonomi dan emosional. Wanita mungkin harus kehilangan pekerjaan atau mungkin menjadi tidak bisa melakukan apapunl karena gejala mereka, baik di kantor atau di rumah. Beberapa mungkin merasa terisolasi jika gejala yang ibu hamil dapatkan begitu ekstrim, sehingga ibu hamil tidak dapat meninggalkan rumah. Mungkin juga harus berpikir tentang biaya medis kunjungan dokter dan obat-obatan.

Pelajari Siapa yang Mendapat Morning Sickness dan Kapan Itu Datang

Sayangnya, mual dan muntah selama kehamilan cukup umum; Morning sickness mempengaruhi sekitar tiga perempat wanita hamil. Sementara beberapa wanita lebih mungkin untuk mendapatkannya karena riwayat keluarga dan faktor-faktor lain, para ilmuwan masih belum mencatat penyebab pastinya, meskipun banyak ahli berpikir bahwa itu terkait dengan perubahan hormonal selama kehamilan.

Menurut para ahli, faktor risiko yang paling penting untuk morning sickness meliputi:

  • Jika Anda hamil dengan kembar, kembar tiga, dll (kehamilan dengan kelipatan)
  • Jika Anda mengalami morning sickness selama kehamilan sebelumnya
  • Jika wanita lain di keluarga Anda mengalami morning sickness
  • Jika Anda memiliki riwayat mual dan muntah sebelum kehamilan

Baca Juga: Seberapa Penting USG 4D Dilakukan Ketika Usia Kehamilan Menginjak Trimester 3?

Morning sickness biasanya dimulai pada awal kehamilan seorang wanita, dalam sembilan minggu pertama untuk hampir semua orang. Gejala cenderung memuncak sekitar 10 minggu, dan kemudian biasanya mereda pada 14 hingga 16 minggu. Bagi beberapa wanita, mual dan muntah mungkin berlanjut melewati waktu-waktu tersebut. Waktu morning sickness sendiri bisa sangat bervariasi.

Beristirahat

Apakah Anda memiliki salah satu gejala pagi-pagi ketika ingin bangun dari tempat tidur saja, sudah merasakan mual?  Maka jangan lakukan itu! Ambil waktu Anda dan beri diri Anda istirahat. Tubuh Anda bekerja lembur untuk menumbuhkan bayi itu, Anda pantas mendapatkannya.

Memeriksa waktu mual Anda

Mual kehamilan Anda mungkin tampak datang dan pergi, tetapi dengan menyetel ke tubuh dan lingkungan Anda, Anda mungkin menemukan waktu mual tidak begitu acak.

Tetap terhidrasi

Kedengarannya seperti sangatlah mudah, tetapi tetap terhidrasi bisa terasa seperti upaya yang penting ketika perut Anda tidak akan menyimpan apa pun. Namun, penting untuk mendapatkan cukup cairan karena semakin dehidrasi Anda, semakin mual Anda akan semakin menjadi.

Makan sedikit dan kemudian sedikit lebih

Ada banyak ibu hamil yang baru saja mencium bau makanan yang akan dimakan sudah mual saja, maka solusinya adalah makan sedikit, lalu beberapa saat nanti makan sedikit lagi. Ketika perut Anda kosong, asam lambung tidak memiliki apa pun untuk dicerna kecuali lapisan perut Anda, itu menambah mual.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.