Seberapa Penting USG 4D Dilakukan Ketika Usia Kehamilan Menginjak Trimester 3?

IBU WOMEN CLINIC – Pada usia kehamilan trimester ketiga memanglah masa-masa kehamilan yang sangat melelahkan dan sedikit tidak nyaman. Tapi apabila seorang ibu hamil memahami dan mengerti informasi mengenai kondisi kondisi trimester ketiga maka akan sangat membantu ibu hamil untuk mengurangi tingkat kekhawatiran yang mungkin saja dirasakan ketika tanggal persalinan sudah semakin dekat. Periode trimester ketiga ini pada dasarnya berlangsung dari minggu ke 28 hingga minggu ke 40 masa kehamilan.

Tentu saja pada trimester ini ibu hamil lebih memiliki tantangan fisik dan emosional yang yang perlu ibu hamil hadapi. Seorang bayi akan dapat dianggap sudah cukup tepat untuk menjalani proses persalinan adalah pada akhir minggu ke-37, dan yang selanjutnya adalah menunggu waktu untuk lahir. Sehingga nanti ketika minggu ke 32, tulang-tulang bayi akan sudah terbentuk sepenuhnya. Juga dapat membuka dan menutup matanya ketika merasakan cahaya. pada proses inilah bayi sudah akan mulai menyimpan mineral seperti kalsium dan zat besi

USG 4 Dimensi yang Dilakukan Pada Trimester 3

Ada beberapa orang yang menganggap bahwa USG membuat janin terkena paparan radiasi sehingga tidak perlu untuk dilakukan. Padahal sebenarnya pemeriksaan ultrasonografi pada trimester ketiga akan memberikan cukup banyak gambaran untuk persiapan persiapan yang akan dilakukan pada proses persalinan nanti. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu ibu hamil perhatikan ketika melakukan pemeriksaan dan USG4 dimensi pada trimester 3:

Memperhatikan pertumbuhan bayi

USG pada trimester ke-3 adalah pemeriksaan yang paling akhir untuk menilai pertumbuhan bayi serta mendeteksi kelainan yang mungkin saja terjadi, terutama pada ada kelainan anatomi tubuh sebelum janin lahir. Sama seperti USG pada trimester sebelumnya, pemeriksaan ultrasonografi pada trimester ini juga akan dilakukan suatu pengukuran pada berbagai indikator biometrik janin supaya nantinya dapat dibandingkan dengan angka pengukuran standar sesuai dengan usia kehamilan.

Memperkirakan jumlah air ketuban

Seorang ibu hamil pasti sudah tahu bahwa keberadaan air ketuban ini sangatlah penting untuk proses persalinan. Memperkirakan jumlah air ketuban ini bisa dilakukan ketika melakukan USG pada trimester 3. Diketahui air ketuban akan menunjukkan kondisi kesehatan janin. Pasalnya jumlah air ketuban yang sedikit dapat mengganggu pertumbuhan bayi, karena bayi mendapatkan nutrisi dari air ketuban. Di samping itu jumlah air ketuban yang terlalu banyak juga dapat membuat bayi lebih beresiko lahir secara prematur dan lepasnya plasenta dari dinding rahim.

Baca Juga: Mengapa USG 4D Lebih Baik Daripada USG 2D?

Mendeteksi kemungkinan bayi kembar

Alasan mengapa USG 3 Dimensi penting dilakukan pada trimester ke-3 adalah karena supaya bisa mengerti mengetahui atau mendeteksi kemungkinan adanya bayi kembar. Selain itu, juga dapat digunakan untuk melihat kesehatan bayi Apakah seorang janin tumbuh dengan normal atau tidak.

Memeriksa letak plasenta

Dengan USG 4 dimensi pada trimester ketiga ini juga bisa dilakukan pendeteksian letak plasenta. Hal ini bertujuan untuk memeriksa apakah letak plasenta normal atau menghalangi jalan lahir bayi. Dengan mengetahui letak plasenta, maka proses atau cara persalinan dapat dipertimbangkan seperti perlu operasi caesar atau normal.

Mengetahui posisi bayi

Salah satu hal penting yang akan berpengaruh pada proses persalinan merupakan posisi janin dan perbandingan antara diameter kepala janin dengan panggul ibu hamil sebagai pintu persalinan nanti. Ibu hamil ketahui selain posisi normal juga ada banyak variasi posisi janin misalnya seperti melintang (janin berposisi horizontal) atau sungsang (kepala janin di atas).

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.