Apa Saja Tes Lab Kehamilan yang Harus Dilakukan Ibu Hamil?

IBU WOMEN CLINIC – Selama kehamilan ibu hamil perlu melakukan beberapa pemeriksaan untuk menunjang kehamilan yang sehat. Salah satunya yaitu melakukan tes laboratorium selama kehamilan. Ibu hamil akan direkomendasikan untuk menjalani tes laboratorium selama masa kehamilannya. Terutama bagi ibu hamil yang memiliki resiko kehamilan tertentu atau kemungkinan penyakit yang bisa diturunkan kepada janin dalam kandungan. Pemeriksaan untuk ibu hamil tidak hanya terbatas pada USG saja tapi juga termasuk tes laboratorium. Tujuannya untuk menunjang kondisi kehamilan yang sehat hingga menuju proses persalinan.

Tes laboratorium pada lab kehamilan menjadi salah satu dari serangkaian pemeriksaan bagi ibu hamil selama kehamilannya. Beberapa tes lab kehamilan yang dibutuhkan oleh ibu hamil diantaranya yaitu:

Cek Golongan Darah

Terdapat empat golongan darah yang meliputi golongan darah A, golongan darah B, golongan darah AB dan golongan darah O. Ibu hamil perlu untuk melakukan tes golongan darah guna mengetahui secara tepat golongan darah yang dimiliki oleh ibu hamil. Mengetahui golongan darah ibu hamil sangatlah penting sebagai langkah persiapan jika nantinya diperlukan transfusi darah. Misalnya ketika terjadi pendarahan hebat selama kehamilan atau saat proses kelahiran.

Cek Faktor Rhesus (Rhd)

Selain mengetahui golongan darah, ibu hamil juga perlu mengetahui rhesus golongan darah. Apakah rhesus (RhD) golongan darah ibu hamil positif atau negatif. Hal ini penting untuk diketahui karena dapat menunjukkan apakah anda memiliki antigen D pada permukaan sel darah merah. Jika anda memiliki antigen D yang berarti RhD positif, jika tidak memiliki antigen D berarti RhD negatif. Pemeriksaan rhesus ini membantu memastikan jika tubuh ibu hamil tidak memproduksi antibodi terhadap darah bayi. Hal ini penting untuk mencegah masalah pada kehamilan di masa depan.

Cek Anemia

Kondisi anemia sangat umum terjadi bagi wanita hamil terutama yang mengalami kekurangan zat besi selama kehamilannya. Hal ini bisa terjadi karena tubuh membutuhkan zat besi tambahan selama kehamilan. Mengkonsumsi makanan kaya zat besi membantu memastikan bayi dalam kandungan memiliki suplai darah, oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan.

Selain itu, memenuhi kebutuhan zat besi selama kehamilan dengan konsumsi makanan yang kaya zat besi dapat membantu ibu hamil terhindar dari masalah anemia defisiensi besi. Ibu hamil membutuhkan suplemen zat besi terutama pada usia kehamilan 20 Minggu. Hal tersebut penting untuk mencegah anemia, karena dapat beresiko pada kondisi mudah lelah, lesu dan tidak bertenaga. Ini juga bisa berdampak pada kurang mampunya tubuh ibu hamil mengatasi kehilangan darah selama proses persalinan.

Baca Juga: Pentingnya Pemeriksaan USG di Klinik USG untuk Memantau Kesehatan Selama Kehamilan

Cek Infeksi

Cek laboratorium juga bertujuan untuk mengetahui adanya kemungkinan infeksi yang bisa berpengaruh terhadap kondisi kehamilan dan janin dalam kandungan. Umumnya infeksi yang diperiksa selama kehamilan seperti rubella, sifilis, hepatitis B, hepatitis C dan HIV.

Cek Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional adalah salah satu jenis diabetes yang seringkali terjadi selama masa kehamilan. Ini terjadi ketika glukosa atau gula dalam darah terlalu banyak sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Pada kebanyakan kasus kondisi diabetes gestasional terjadi pada usia kehamilan di atas 28 minggu atau pada trimester ketiga. Meski kondisi ini biasanya akan menghilang setelah bayi lahir, namun ibu hamil yang mengalami kondisi ini berisiko untuk mengalami diabetes tipe 2 pada kemudian hari.

Melakukan pemeriksaan rutin bagi ibu hamil sangatlah penting untuk menunjang kehamilan yang sehat dan persalinan yang berjalan dengan lancar. Untuk itu, ibu hamil perlu melakukan konsultasi kehamilan secara rutin pada dokter kandungan untuk memantau kehamilannya. Ini juga perlu dilakukan pasca kehamilan agar ibu dan anak selalu terjaga kesehatannya dengan baik.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.