Pentingnya Pemeriksaan USG di Klinik USG untuk Memantau Kesehatan Selama Kehamilan

IBU WOMEN CLINIC – USG bisa dilakukan oleh ibu hamil ketika melakukan pemeriksaan rutin pada dokter kandungan maupun di klinik USG. Memeriksakan kondisi kehamilan secara rutin sangatlah penting guna menunjang kehamilan yang sehat hingga proses persalinan yang lancar. Ibu hamil dapat melakukan pemeriksaan USG  baik untuk mengetahui jenis kelamin janin yang ada di dalam kandungan. Serta untuk mengetahui kondisi janin di dalam kandungan secara keseluruhan. Melalui USG ada banyak informasi yang bisa diketahui oleh ibu hamil.

Dengan melakukan USG maka ibu hamil dapat mengetahui pertumbuhan perkembangan dan kondisi kesehatan janin yang ada di dalam kandungan. USG juga dapat membantu dokter kandungan untuk mendiagnosis serta menentukan apa yang perlu dilakukan pada saat kehamilan guna mendukung kesehatan janin dan ibu hamil. Dengan tes menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi, USG mampu menggambarkan kondisi perkembangan janin dan organ reproduksi ibu hamil. Dengan USG tersebut Anda bisa melihat gambar janin dalam kandungan melalui layar monitor. Selain itu USG juga dapat mengetahui kondisi kesehatan ibu hamil dan janinnya.

USG bisa dilakukan ketika usia kehamilan telah mencapai 6 hingga 8 Minggu. Namun pada usia tersebut kemungkinan gambaran janin dalam kandungan masih belum terlihat jelas. Anda bisa mendapatkan gambaran janin dalam kandungan yang lebih jelas pada usia kehamilan 13 minggu. Sesuai dengan usia kehamilan anda, pemeriksaan USG dapat ditujukan untuk berbagai manfaat serta tujuan medis lainnya. Berikut manfaat pemeriksaan USG sesuai dengan usia kehamilan, yaitu:

USG selama trimester pertama

Pemeriksa USG yang dilakukan selama trimester pertama bisa dilakukan untuk tujuan memastikan bahwa Anda benar sedang hamil. Ini juga bertujuan untuk memeriksa detak jantung janin. Menentukan usia kehamilan bayi dan memperkirakan kapan bayi akan lahir. Memeriksa apakah Anda mempunyai kemungkinan memiliki kehamilan kembar. Melakukan pemeriksaan kondisi plasenta, rahim, ovarium, dan leher rahim atau serviks. Mendiagnosis kehamilan ektopik, mendiagnosis keguguran, hingga memantau apakah janin mengalami pertumbuhan yang abnormal.

USG selama trimester kedua dan ketiga

Saat usia kehamilan telah memasuki trimester kedua dan ketiga, Anda bisa melakukan USG untuk tujuan yang lebih banyak. Selain untuk memantau kondisi pertumbuhan janin, ini juga bermanfaat untuk mengetahui posisi janin pada posisi normal. Selanjutnya ini juga dapat digunakan untuk menentukan jenis kelamin bayi dan memastikan apakah Anda mempunyai kehamilan kembar. Memeriksa bagaimana kondisi plasenta apakah bermasalah, seperti misalnya plasenta previa dan abrupsio plasenta.

Pemeriksaan USG ini juga dapat membantu memeriksa apakah bayi berpotensi mengalami Down Syndrome.  Dimana ini biasanya dilakukan pada saat usia kehamilan 13 minggu dan 14 minggu. Selanjutnya, USG juga ditujukan untuk memeriksa apakah bayi berpotensi mengalami kelainan bawaan lahir. Memeriksa apakah bayi dalam kandungan mengalami kelainan struktural atau masalah pada aliran darah. Ini juga penting untuk memantau kondisi cairan ketuban dan apakah bayi menerima cukup oksigen dan nutrisi.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Tentang Dokter Spesialis Kandungan

Terdapat berbagai jenis USG yang bisa dipilih untuk memantau kondisi pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan. Berikut ini jenis USG yang umumnya digunakan untuk memantau kondisi janin, seperti:

USG transvaginal

USG transvaginal ini bisa dilakukan pada awal masa kehamilan saat ukuran rahim masih kecil. USG jenis ini dapat menghasilkan gambar yang lebih jelas dibandingkan dengan USG lainnya pada saat kandungan masih kecil.

USG 3D

USG 3D ini memungkinkan anda untuk dapat melihat gambar janin dan organ-organ janin dalam gambar 3 dimensi. Karena menghasilkan gambaran yang lebih jelas, USG ini dapat membantu diagnosis resiko selama kehamilan.

USG 4D

USD 4D ini bisa menghasilkan video bergerak dari janin yang ada dalam rahim. Sehingga, melalui USG 4D ini Anda bisa melihat berbagai aktivitas janin dalam kandungan. Hasil gambar wajah dan anggota tubuh janin dalam kandungan dapat terlihat lebih jelas dan mendetail.

Ekokardiografi

Biasanya ekokardiografi ini dilakukan jika dokter mencurigai adanya kemungkinan bayi memiliki cacat jantung bawaan.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.