Kelebihan USG 4D Salah Satu Pemeriksaan Kehamilan

IBU WOMEN CLINIC – Ibu hamil tentu perlu untuk memeriksakan kondisi kehamilannya secara rutin. Salah satu pemeriksaan rutin yang wajib dijalani oleh ibu hamil yaitu USG. Saat ini teknologi USG sudah berkembang maju. Jika dulu USG hanya dapat memperlihatkan gambar dua dimensi atau tiga dimensi (3D). Sekarang ini USG sudah memiliki teknologi baru yang disebut dengan USG 4 dimensi (4D). Apa USG 4 dimensi (4D) dan kelebihannya simak ulasannya berikut ini.

Ultrasonografi atau yang lebih dikenal dengan istilah USG merupakan salah satu prosedur pemeriksaan wajib bagi setiap ibu hamil. USG dilakukan dengan memancarkan gelombang suara guna memindai kondisi janin yang ada di dalam kandungan. Dewasa ini pemeriksaan USG 4 dimensi semakin populer dan diminati oleh banyak orang.  Sebenarnya pemeriksaan USG 4D  ini hampir sama dengan pemeriksaan USG 3D. Perbedaannya terletak pada hasil gambar USG,  dimana pada USG 4D gambar yang dihasilkan menyerupai video. Jadi, janin yang ada di dalam kandungan bisa terlihat lebih jelas dan dan mendetail.  Selain itu USG 4D ini memiliki keunggulan diantaranya yaitu:

  • Memperlihatkan rekaman dalam bentuk film

Berbeda dengan USG 3D yang hanya memperlihatkan hasil USG dalam bentuk gambar USG 4D memperlihatkan hasil USG dalam bentuk film. Sehingga Anda bisa melihat dan memahami dengan baik kondisi janin yang ada di dalam rahim.

  • Dapat mendeteksi kelainan pada janin dengan lebih akurat

Pemeriksaan USG 4D memiliki kelebihan dalam mendeteksi kelainan pada janin dengan lebih akurat. Sehingga dengan melakukan pendeteksian kelainan lebih awal maka dokter kandungan bisa menentukan tindakan dan pengobatan yang tepat selanjutnya. Selain itu, pemeriksaan USG 4D juga dapat menentukan umur janin dan resiko kehamilan. Seperti kondisi tali pusar, dan letak kelainan plasenta. USG 4D ini memberikan hasil pemeriksaan yang lebih jelas dan secara mendetail.

Itulah tadi kelebihan dan keunggulan yang dimiliki oleh USG 4 dimensi atau 4D. Biasanya pemeriksaan USG 4D ini direkomendasikan oleh dokter kandungan apabila terdapat indikasi terjadinya kelainan pada janin. Karena dengan USG 4D ini kelainan perkembangan janin seperti organ-organ tubuhnya dapat dilihat secara mendetail. Ibu hamil dapat melakukan USG 4D ketika usia kandungan sudah memasuki usia 27 minggu. Karena pada usia Ini gambar dari hasil USG dapat terlihat lebih jelas. seperti misalnya wajah janin dalam kandungan.

Baca Juga: Manfaat Melakukan Tes Lab Kehamilan Selama Kehamilan

Sangat penting melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin termasuk USG 4D. Hal ini sebagai sarana untuk memantau kondisi perkembangan janin serta kesehatan ibu hamil. USG 4D juga dapat digunakan untuk mengevaluasi setiap proses perkembangan janin dalam kandungan.

Dengan begitu, ibu hamil bisa memiliki kehamilan yang sehat dan aman hingga pada proses persalinan. Pemeriksaan kehamilan rutin juga penting guna meminimalisir serta mencegah resiko kelainan pada janin. Pendeteksian dini tentu membuat peluang keberhasilan pengobatan semakin besar. Untuk itu, selalu periksakan kehamilan dengan rutin pada dokter kandungan.

Berkunjung pada dokter kandungan tidak hanya dilakukan untuk melakukan pemeriksaan USG 4D saja. Tapi ibu hamil juga bisa berkonsultasi terkait dengan kondisi kehamilannya. Seperti persiapan kehamilan yang sehat, proses persalinan yang aman hingga perawatan pasca melahirkan. Untuk itu, anda perlu memilih klinik kandungan terpercaya dan profesional. Sehingga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan lebih terjaga dengan baik.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.