Jagalah Pertumbuhan Janin dengan Pergi ke Dokter Spesialis Kandungan

IBU WOMEN CLINIC – Karakteristik kehamilan yang kuat dan cara merawatnya adalah kunci untuk melindungi kesehatan calon bayi Anda. Salah satu caranya adalah dengan mendapatkan pemeriksaan kehamilan secara teratur. Jika Anda berpikir Anda hamil, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda untuk menjadwalkan janji pemeriksaan kehamilan pertama Anda. Pada saat ini, tidak jarang ditemui layanan kesehatan kehamilan. Bahkan, sangat mudah ditemukan, tentunya ini akan mempermudah ibu hamil dengan memilih tempat pemeriksaan yang paling dekat dengan rumah.

Pada kunjungan pertama ini pemeriksaan kesehatan kandungan Anda, mungkin akan dianjurkan untuk melakukan tes kehamilan, dan akan mengetahui berapa minggu kehamilan Anda berdasarkan pemeriksaan fisik dan tanggal periode terakhir Anda datang bulan. Dokter kandungan juga akan menggunakan informasi ini untuk memprediksi tanggal persalinan Anda (USG yang dilakukan beberapa waktu kemudian dalam kehamilan Anda akan membantu memverifikasi tanggal tersebut). Jika Anda sehat dan tidak ada faktor risiko yang rumit, sebagian besar dokter kandungan akan ingin merekomendasikan jadwal temu Anda, seperti:

  • Setiap 4 minggu sampai minggu ke-28 kehamilan
  • Setiap 2 minggu sampai 36 minggu
  • Seminggu sekali sampai persalinan

Sepanjang kehamilan Anda, penyedia layanan kesehatan Anda akan memeriksa berat badan dan tekanan darah Anda. Selain itu, juga memeriksa pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda (dengan melakukan hal-hal seperti merasakan perut Anda, mendengarkan detak jantung janin dimulai selama trimester kedua, dan mengukur perut Anda). Selama rentang kehamilan Anda, Anda juga akan menjalani tes prenatal, termasuk tes darah, urin, dan serviks, dan mungkin setidaknya satu USG.

Nutrisi dan Suplemen

Saat ini Anda bukan hanya memberi makan untuk diri Anda sendiri, namun juga untuk calon bayi Anda. Ini bukan saatnya untuk mengurangi kalori atau melakukan diet. Bahkan, justru sebaliknya, Anda membutuhkan sekitar 300 kalori ekstra sehari, terutama di kemudian hari dalam kehamilan Anda ketika bayi Anda tumbuh dengan cepat. Jika Anda sangat kurus, sangat aktif, maka Anda akan membutuhkan kalori lebih banyak lagi. Tetapi jika Anda kelebihan berat badan, dokter kandungan Anda mungkin menyarankan Anda untuk mengkonsumsi lebih sedikit kalori ekstra.

Baca Juga: Apakah USG 4D Bisa Mengantisipasi Terjadinya Masalah Pada Kehamilan?

Makan sehat selalu penting, tetapi terutama ketika Anda sedang hamil. Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa ibu hamil konsumsi untuk diet sehat:

  • Daging tanpa lemak
  • Buah-buahan
  • Sayur
  • Roti gandum

Produk susu rendah lemak

Dengan makan makanan yang sehat dan seimbang, Anda lebih mungkin mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan. Tetapi Anda akan membutuhkan lebih banyak nutrisi penting (terutama kalsium, zat besi, dan asam folat) daripada yang Anda lakukan sebelum Anda hamil. Seorang dokter Anda akan meresepkan vitamin kehamilan untuk memastikan Anda dan bayi Anda yang sedang tumbuh mendapatkan cukup.

Kalsium

Kebanyakan wanita berusia 19 dan lebih tua – termasuk mereka yang sedang hamil – tidak cukuo mendapatkan 1.000 mg kalsium harian yang direkomendasikan. Karena kebutuhan kalsium bayi Anda yang sedang tumbuh tinggi, Anda harus meningkatkan konsumsi kalsium Anda untuk mencegah hilangnya kalsium dari tulang Anda sendiri. Dokter Anda juga mungkin akan meresepkan vitamin prenatal untuk Anda, yang mungkin mengandung beberapa kalsium tambahan.

Zat Besi

Ibu hamil membutuhkan setidaknya 30 mg zat besi untuk setiap harinya. Zat besi dibutuhkan untuk membuat hb (hemoglobin), yang biasanya membawa oksigen dari sel darah merah. Sel darah merah bersirkulasi ke seluruh tubuh untuk mengirimkan oksigen ke semua selnya. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak dapat membuat cukup sel darah merah dan jaringan dan organ tubuh tidak akan mendapatkan oksigen yang mereka butuhkan untuk berfungsi dengan baik. Jadi sangat penting bagi wanita hamil untuk mendapatkan cukup zat besi dalam makanan sehari-hari mereka – untuk diri mereka sendiri dan bayi mereka yang sedang tumbuh.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.