Manfaat Melakukan Tes Lab Kehamilan Selama Kehamilan

IBU WOMEN CLINIC – Selama masa kehamilan ada banyak perawatan yang perlu dilakukan oleh ibu hamil untuk menunjang kehamilan yang sehat. Sebagai salah satu rangkaian dari perawatan selama masa kehamilan, ibu hamil perlu melakukan sejumlah rangkaian tes termasuk tes darah di lab kehamilan. Tes darah pada lab kehamilan bisa mencakup pemeriksaan umum hingga pemeriksaan secara khusus. Misalnya ibu hamil yang berisiko mengalami infeksi tertentu atau kondisi tertentu yang diturunkan. Walau begitu, tes pada lab kehamilan ini bertujuan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungannya.

Menjaga kondisi kehamilan tetap sehat hingga proses persalinan sangatlah penting dilakukan. Serangkaian perawatan yang dilakukan menunjang kehamilan yang sehat hingga persalinan yang lancar dan aman. Beberapa rangkaian tes pada lab kehamilan dibutuhkan dengan tujuan:

1. Memastikan Ibu dan Bayi Sehat

Cek darah pada ibu hamil bertujuan untuk memeriksa resiko yang dapat menyebabkan masalah selama kehamilan atau setelah kelahiran. Ini juga ditujukan untuk memeriksa apakah bayi dalam kandungan sehat dan perkembangannya berjalan optimal.

2. Mengetahui Golongan Darah

Mengetahui golongan darah juga penting dilakukan sebagai salah satu langkah perawatan ibu hamil. Ada empat golongan darah yang terdiri dari golongan darah A, B, AB atau O. Mengetahui golongan darah dengan tepat penting untuk ibu hamil guna meminimalisir resiko berbahaya di saat darurat.

3. Faktor Rhesus (RhD)

Selain mengetahui golongan darah ibu hamil, penting juga untuk mengetahui apakah golongan darah anda termasuk positif atau negatif. Jika darah ibu hamil negatif RhD, biasanya tidak menjadi masalah. Dengan pengecualian jika bayi dalam kandungan positif RhD, maka bisa memicu risiko tubuh memproduksi antibodi terhadap darah bayi. Ini tidak akan menyebabkan masalah pada masa kehamilan saat ini, tetapi bisa berdampak pada kehamilan yang akan datang.

Baca Juga: Promil Dokter Spesialis Kandungan Untuk Wujudkan Kehamilan

4. Mencegah Anemia

Anemia merupakan kondisi yang paling umum bagi wanita hamil. Dimana ibu hamil biasanya mengalami kekurangan zat besi selama kehamilan. Untuk mengatasi masalah kekurangan zat besi tersebut, ibu hamil membutuhkan suplemen zat besi terutama pada minggu ke-20 kehamilan. Anemia bisa menyebabkan anda merasa lelah dan kurang mampu mengatasi kehilangan darah selama persalinan dan kelahiran. Begitu mengetahui jika anda mengalami anemia, dokter akan memberikan tablet zat besi untuk mencegah atau mengobati anemia.

5. Infeksi

Pemeriksaan tes darah pada lab kehamilan juga bermanfaat untuk mendeteksi sejumlah infeksi yang dapat mempengaruhi kehamilan atau bayi yang belum lahir. Infeksi tersebut seperti Rubella (campak Jerman), sipilis, hepatitis B, hepatitis C dan HIV.

6. Diabetes Gestasional

Gestational diabetes (GDM) merupakan  jenis diabetes yang dapat mempengaruhi beberapa wanita hamil selama kehamilannya. Ini merupakan suatu kondisi di mana ada terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.

Melakukan pengecekan darah pada ibu hamil sama pentingnya dengan tes laboratorium lainnya selama kehamilan. Berdasarkan hasil tes tersebut, ibu hamil tentu bisa mengetahui apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan pada saat menjalani kehamilan. hal tersebut tentu ditujukan untuk memiliki kehamilan sehat dan persalinan yang lancar serta ibu dan bayi yang sehat dan selamat. Untuk itu, ibu hamil perlu melakukan tes lab kehamilan pada klinik kandungan terpercaya.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.