Pelajari Lebih Dalam tentang Vaksinasi Serviks di Klinik USG

IBU WOMEN CLINIC – Ada begitu banyak berita di media sosial yang menyebarkan kabar tidak benar atau hoax tentang vaksin HPV atau Human papillomavirus, kabar hoax-nya adalah mengatakan bahwa vaksin jenis ini dapat menyebabkan menopause dini. Hal ini langsung saja diklarifikasi dan dibantah oleh Kementerian Kesehatan Indonesia, bantahan tersebut adalah menyatakan bahwa vaksin HPV ini tidak menyebabkan menopause dini. Seorang direktur surveilans dan karantina kesehatan Kemenkes Republik Indonesia, dr. Elizabeth, berkata bahwa vaksinasi HPV ini dilakukan gratis dan di rencanakan sebagai salah satu vaksin wajib program imunisasi nasional yang akan dilakukan pada dua kota dengan prevalensi kanker serviks paling tinggi yaitu pada daerah Jakarta dan Yogyakarta.

Pada dasarnya kanker serviks seringkali disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui hubungan seksual. virus ini bernama human papilloma virus atau HPV, vaksin kanker serviks adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus itu. infeksi HPV pada seorang wanita dapat menyebabkan pertumbuhan sel pada serviks yang tidak normal. Untuk sebagian wanita masalah tersebut pada kemudian hari bisa berkembang menjadi kanker serviks. maka dari itu sebenarnya pemberian vaksin HPV ini direkomendasikan sebanyak 3 kali dosis dalam tiga kali pemakaian.

Vaksin pertama diberikan pada masa remaja yaitu 11 12 tahun, lalu vaksin kedua diberikan 1 atau 2 bulan setelah vaksin pertama, dan yang terakhir vaksin ke-3 diberikan 6 bulan setelah vaksin pertama dilakukan.  Diketahui 3 dosis tersebut telah diyakini merupakan sebuah perlindungan jangka panjang dari penularan virus Human papilloma. Untuk para pria sendiri virus jenis ini bisa menyebabkan kanker anus dan kanker tenggorokan, serta kutil kelamin. Terdapat kelompok pria yang direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin kanker serviks adalah pria yang  yang memiliki gangguan imunitas dan berusia 26 tahun atau lebih muda.

Jenis Vaksin Human Papiloma Virus

Virus HPV mempunyai berbagai macam jenisnya, terdapat sekitar 40% dari seluruh jenis virus ini yang bisa menyebabkan infeksi pada area kelamin. Selain itu beberapa jenis tertentu juga bisa memicu terjadinya kanker serviks. Berikut ini adalah beberapa jenis vaksin human papilloma virus yang pada saat ini bisa dimanfaatkan atau digunakan, yaitu:

Baca Juga: Pentingnya Pergi ke Lab Kehamilan Walau Mendapat Hasil Test Pack yang Positif

  • Vaksin Cervarix. Vaksin jenis pertama ini pada umumnya dimanfaatkan untuk mencegah kanker serviks dan vaksin jenis ini akan dapat mencegah infeksi HPV 16 dan HPV 18 yang pada umumnya juga penyebab kanker. vaksin jenis yang satu ini hanya ditujukan untuk para wanita.
  • Vaksin Gardasil. vaksin jenis kedua ini digunakan untuk tujuan mencegah kanker dan pra kanker serviks,vagina, anus, dan vulva. Selain mencegah infeksi yang diakibatkan HPV 16 dan HPV 18, vaksin dapat menang HPV 6 dan HPV 11 yang menjadi penyebab kutil kelamin. Vaksin yang satu ini dapat digunakan pada seseorang dengan usia 9 hingga 26 tahun.
  • Vaksin Gardasil Jenis vaksin terakhir ini merupakan suatu cakupan untuk pencegahan infeksi HPV dari vaksin ini secara lebih luas dari vaksin sebelumnya. Misalnya seperti HPV 31, HPV, HPV 45, HPV 52, dan HPV 58 Yang memiliki kaitan erat dengan penyebab kanker virus. khusus untuk seorang pria gardasil 9 ini bisa digunakan pada usia 9 hingga 15 tahun.

Efek Samping

Efek samping dari vaksin ini tergolong sementara dan ringan, beberapa efeknya adalah bengkak nyeri dan kemerahan pada daerah sekitar suntikan dan sakit kepala, itu adalah  efek samping yang sering dikeluhkan. sementara efek samping yang tidak terlalu sering dikeluhkan adalah mual sakit di sekitar lengan tangan atau kaki, demam, dan munculnya ruam merah disertai gatal.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.