Kapankah Anda Sebaiknya Melakukan USG 4D?

IBU WOMEN CLINIC – Ultrasonografi atau USG merupakan cara untuk mengetahui apakah kondisi kesehatan kandungan. Pada trimester pertama, USG dapat digunakan untuk memeriksa perkembangan embrio. Ini juga bisa digunakan untuk mengetahui perkiraan tanggal kelahiran atau HPL. Manfaat melakukan USG juga untuk memeriksa letak plasenta dan mengetahui kondisi bayi yang ada di dalam kandungan. Pemeriksaan USG ini juga digunakan untuk mengetahui indikasi adanya kelainan pada janin, memantau kadar cairan ketuban, bahkan untuk mengetahui jenis kelamin janin. Apalagi saat ini sudah ada USG 4D yang memberikan hasil USG lebih jelas dan akurat.

Masa kehamilan adalah masa-masa yang penting dan harus dipantau setiap perkembangannya. Selain berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan, penting untuk melakukan USG secara rutin. Melalui USG anda dapat mengetahui bagaimana kondisi janin dalam kandungan dan memantau perkembangannya dengan baik. Ibu hamil perlu mengetahui kapan sebaiknya melakukan pemeriksaan USG khususnya USG 4D untuk hasil maksimal. Simak penjelasan mengenai waktu USG sesuai dengan usia kehamilan berikut.

Usia Kehamilan 6-8 Minggu

Pada usia kehamilan 6 hingga 8 minggu sangat penting melakukan pemeriksaan USG untuk pertama kalinya. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari kemungkinan terjadinya kehamilan ektopik yaitu hamil di luar kandungan. Pada usia kehamilan 6 hingga 8 minggu, kondisi kehamilan dapat dibilang normal apabila detak jantung terlihat dengan frekuensi yang normal.

Usia Kehamilan 11-13 Minggu

Pada usia kehamilan 11-13 minggu membantu ibu hamil untuk melihat ketebalan leher dan tulang hidung janin. USG yang dilakukan pada usia 11 hingga 13 minggu juga merupakan saat yang paling tepat untuk melihat jumlah janin di dalam kandungan. Yakni melihat adanya kemungkinan janin kembar dalam kandungan.

Usia Kehamilan 18-22 Minggu

Pada usia kehamilan 18 hingga 22 minggu organ tubuh bagian dalam janin sudah dapat terdeteksi. Ibu hamil bisa mengetahui apakah janin memiliki kelainan pada otak, jantung, hati, ginjal, kantung kemih, dan ususnya. Jumlah jari tangan dan jari kaki bayi juga sudah dapat dihitung. Bahkan tingkat akurasi jenis kelamin janin juga sudah cukup jelas.

Baca Juga: Ketahui Jenis Kelamin Bayi Melalui Pemeriksaan di Klinik USG

Usia Kehamilan 26-30 Minggu

Pada usia kehamilan 26 hingga 30 minggu ini bentuk wajah janin sudah terbentuk dengan sempurna. Pada usia kehamilan ini sebaiknya dilakukan USG 4D sehingga ibu hamil bisa melihat kondisi si kecil dengan jelas. Selain itu, kelainan tubuh seperti bibir sumbing sudah bisa terdeteksi dengan jelas dengan USG 4D.

Usia Kehamilan 36-37 Minggu

Pada usia kehamilan 36 hingga 37 minggu ini merupakan tahapan terakhir pemeriksaan USG. Pada usia ini ukuran janin sudah tumbuh cukup besar dimana tangan dan kakinya sudah terbentuk dengan sempurna. Bahkan bentuk wajah janin juga sudah menyerupai wajah bayi yang sudah lahir.

USG 4D menggunakan gelombang suara seperti halnya USG 3D untuk menampilkan kondisi kandungan. Yakni mulai dari keadaan rahim, bentuk janin, hingga resiko gangguan yang terjadi di dalam kandungan. Teknologi pemeriksaan pada USG 4D ini lebih canggih, sehingga bisa mendapatkan hasil pemindaian yang lebih jelas dan akurat. USG 4D mampu menyajikan gambar bergerak seperti sebuah video dari janin dalam kandungan secara real time. Dengan begitu, ibu dan ayah bisa melihat aktivitas janin secara lebih jelas dan bisa melihat bagian tubuh janin secara lebih nyata.

USG 4D ini tidak hanya membantu calon orang tua yang penasaran untuk melihat buah hatinya dengan lebih jelas. Tapi juga bermanfaat untuk membantu dokter spesialis kandungan dalam mendeteksi indikasi gangguan atau abnormalitas yang mungkin terjadi pada janin. Ini juga bermanfaat untuk mengetahui kondisi organ-organ tubuh janin dengan jelas dan akurat. Sebagai salah satu prosedur dalam diagnosis, USG 4D bisa dilengkapi dengan beberapa prosedur medis lainnya. Sehingga bisa memastikan hasil diagnosis dokter kandungan terhadap kondisi pasien, dan memberikan penanganan sesuai dengan kebutuhannya.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.