Ketahui Jenis Kelamin Bayi Melalui Pemeriksaan di Klinik USG

IBU WOMEN CLINIC – Momen kehamilan merupakan sebuah momen yang sangat ditunggu-tunggu. Pada saat kehamilan, tentu calon orang tua penasaran akan jenis kelamin bayi dalam kandungan. Calon orang tua tentu penasaran dan ingin mengetahui apakah bayi yang dikandung adalah laki-laki atau perempuan. Sebagian calon orang tua berharap bisa mengetahui jenis kelamin bayinya agar bisa mempersiapkan berbagai hal untuk si kecil lebih awal. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan pemeriksaan di klinik USG.

Meski sebenarnya pemeriksaan USG tidak hanya ditujukan untuk mengetahui jenis kelamin janin dalam kandungan saja. Akan tetapi USG juga ditujukan untuk memeriksa kondisi kandungan secara umum. Seperti kondisi cairan ketuban, posisi janin, plasenta, detak jantung bayi dan lain sebagainya. Pemeriksaan USG dapat dilakukan untuk mengetahui kondisi perkembangan janin dalam kandungan. Serta mengetahui kemungkinan resiko gangguan pada kehamilan.

Untuk bisa mengetahui jenis kelamin janin dalam kandungan, dokter kandungan akan merekomendasikan ibu hamil untuk mengikuti tes USG di minggu ke-14 kehamilan. Karena sebelum usia kehamilan tersebut, jenis kelamin janin dalam kandungan belum terlihat dengan jelas. Dimana sulit untuk bisa membedakan apakah janin dalam kandungan tersebut laki-laki atau perempuan. Sekarang ini pemeriksaan USG semakin berkembang jenisnya, seperti pemeriksaan USG 4 dimensi yang menampilkan gambaran bayi dalam kandungan secara lebih jelas.

Ada berbagai jenis USG yang dapat dipilih, mulai dari USG 2 Dimensi (2D), 3 Dimensi (3D) dan 4 Dimensi (4D). Di antara ketiga USG tersebut, pemeriksaan USG 4D adalah jenis pemeriksaan yang bagus. Karena dalam pemeriksaan USG 4D ini hasilnya cukup mendetail, dan bisa digunakan untuk mencari tahu jenis kelamin bayi dengan jelas. USG atau ultrasonografi sendiri merupakan sebuah teknik pemindaian yang menggunakan gelombang suara. Yang mana digunakan untuk menghasilkan gambaran bayi di dalam kandungan. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan untuk memeriksa bagaimana perkembangan dan kesehatan janin sejak trimester pertama sampai pada trimester tiga kehamilan.

Baca Juga: Simak 4 Tes Lab Kehamilan yang Harus Ibu Hamil Lakukan

Untuk bisa memperoleh hasil gambar yang mendetail, ibu hamil dapat menggunakan USG 4D. Dengan begitu anda bisa melihat gerakan si kecil dengan jelas seperti melihat gerakan tangan, kaki, wajah, dan seluruh tubuhnya secara real-time. Sejak awal kehamilan atau pada usia kehamilan enam minggu, sebenarnya organ genital janin sudah mulai terbentuk. Akan tetapi, dalam usia kehamilan tersebut organ genitalnya masih belum terlihat secara jelas jenis kelaminnya.

Organ genital si kecil sudah dapat dilihat dengan jelas ketika usia kehamilan telah memasuki usia 16 minggu. Biasanya ibu hamil juga disarankan untuk memeriksa kembali jenis kelamin si kecil pada usia kehamilan 18 hingga 20 minggu atau sekitar 4 hingga 5 bulan. Perkembangan jenis kelamin bayi dalam kandungan akan terlihat semakin jelas dari waktu ke waktu. Perkembangan jenis kelamin si kecil memiliki tahapan yaitu:

  • Perkembangan jenis kelamin bayi laki-laki

Pada usia kehamilan 9 minggu, alat kelamin janin laki-laki akan mulai memanjang dan perlahan membentuk penis. Kemudian di usia kehamilan 14 minggu sistem saluran kencing janin mulai terbentuk dan berkembang. Pada usia kehamilan ini, penis pada janin laki-laki dan klitoris pada janin perempuan memiliki ukuran yang sama. Usia kehamilan 10 minggu tunas prostat akan muncul dan pada usia kehamilan 26 minggu testis janin akan turun.

  • Perkembangan jenis kelamin bayi perempuan

Pada usia kehamilan 11 minggu ovarium pada janin akan muncul. Dan pada usia kehamilan 22 minggu vagina pada janin akan mulai membuka permukaan perineum.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.