Dengan USG 4D Bisa Melihat Wajah Si Kecil Dalam Kandungan?

IBU WOMEN CLINIC – Pemindaian ultrasonografi selama kehamilan secara visual dikenali oleh latar belakang hitam, kekaburan abu-abu, dan sedikit atau tidak ada detail bayi. Pemindaian standar atau USG ini terkait dengan pemeriksaan ultrasonografi 2D (dua dimensi) yang hanya akan memberikan gambar yang lebih datar, hitam dan putih. Pemindaian 3D dan 4D dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang kesehatan dan pembentukan bayi. Karena pemindaian ini dapat menunjukkan lebih banyak detail dari posisi yang berbeda, mereka dapat membantu dalam diagnosis kelainan fisik atau internal, seperti bibir sumbing.

Mengetahui informasi ini tentang bayi sebelum melahirkan dapat membantu dokter dan orang tua membuat rencana perawatan atau langkah selanjutnya yang diperlukan setelah masa persalinan. Pemindaian ultrasonografi 3D dan 4D penting untuk dilakukan karena pemeriksaan ini dapat menawarkan orang tua melihat ke dalam rincian yang lebih halus, dan kadang-kadang bahkan juga mengetahui masalah kesehatan, bayi mereka.

Tujuan dari Pemeriksaan Ultrasonografi USG 3D

Pemindaian ultrasonografi 3D (dimensi ketiga) dapat menunjukkan gambar rinci bayi Anda. Gambar-gambar ini secara visual dikenali oleh warna oranye / emas dan rincian wajah, mata, hidung, mulut, dan lainnya. Pemindaian 3 dimensi bayi juga dapat berguna untuk melihat jantung dan organ internal dari janin lainnya. Akibatnya, beberapa klinik menggunakan pemindaian 3D, tetapi hanya bila diperlukan secara medis.

Tujuan dari Pemeriksaan Ultrasonografi (USG) 4D

USG 4D (dimensi keempat) menangkap video bayi Anda bergerak, menguap, dan bahkan tersenyum di dalam rahim. Satu-satunya perbedaan antara keduanya adalah gambar versus video yang sebenarnya. USG 4 dimensi dapat menyajikan gambar yang bergerak seperti video dengan begitu Anda bisa melihat aktivitas janin secara lebih jelas dan tidak hanya itu Anda juga dapat melihat bagian-bagian tubuh janin secara lebih nyata.

USG 4 dimensi bukan hanya membantu orang tua yang penasaran melihat buah hatinya namun juga membantu dokter kandungan dalam mendeteksi sebuah kemungkinan apakah adanya gangguan atau abnormalitas terhadap janin, serta kondisi organ-organ tubuh janin. Hal ini tentu saja akan memudahkan dokter supaya segera melakukan langkah-langkah penanganan apabila ditemukan sebuah gangguan.

Baca Juga: Pentingnya Mempersiapkan Kehamilan dengan Pergi ke Klinik USG

Apakah Anda Bisa Melihat Wajah Bayi Dalam Pemindaian USG 3D atau USG 4D?

Tidak selalu. Pemindaian yang baik yang menunjukkan wajah bayi hanya dapat dicapai dengan kondisi yang baik. Jika bayi menghadap ke luar, ada cukup cairan ketuban yang mengelilingi fitur mereka, dan bayi tidak jauh di dalam panggul, gambaran yang baik dapat dicapai.

Apakah Pemindaian Ultrasound 3D dan 4D Diperlukan?

Sebagian besar waktu pemindaian 3D atau 4D hanya akan menjadi perlu jika masalah medis muncul. Jika tidak, pemindaian 3D atau 4D terserah kepada orang tua apakah mereka menginginkannya atau tidak. Kebanyakan orang tua tidak memilih untuk memiliki salah satu pemindaian ini karena tidak dalam keadaan perekonomian yang baik atau asuransi mereka mungkin tidak menutupinya dan biayanya akan keluar dari saku.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan USG 3D atau 4D?

Jika Anda memutuskan untuk melakukan pemindaian USG 3D atau USG 4D, waktu terbaik untuk mendapatkannya adalah antara 26 minggu dan 30 minggu kehamilan. Jika plasenta berada di bagian depan rahim Anda, Anda akan mendapatkan gambar terbaik dari bayi jika Anda menunggu pemindaian USG 4D Anda pada 28 minggu.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.