Pemeriksaan Dokter Spesialis Kandungan untuk Cegah Gangguan Kesehatan pada Sistem Reproduksi

IBU WOMEN CLINIC – Dokter spesialis kandungan tidak hanya melayani konsultasi dan penanganan terkait dengan kehamilan saja. Tapi juga memberikan layanan konsultasi dan penanganan terkait dengan kesehatan reproduksi wanita. Tentunya masalah terkait dengan kesehatan organ reproduksi tidak bisa disepelekan. Karena kesehatan organ reproduksi berkaitan erat dengan kesuburan. Sebagai langkah pencegahan anda perlu untuk melakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan.

Setiap wanita haruslah memiliki wawasan terkait dengan kesehatan organ reproduksi dengan baik. Ini termasuk mengetahui berbagai jenis penyakit yang bisa menyerang organ reproduksi wanita. Dengan mengetahui jenis penyakit yang mengganggu kesehatan organ reproduksi, diharapkan anda lebih mewaspadai terhadap berbagai resiko yang berkaitan dengan kondisi tersebut. Kenali beberapa jenis penyakit organ reproduksi wanita paling umum terjadi berikut:

1.     Endometriosis

Penyakit ini terjadi ketika jaringan yang seharusnya melapisi dinding rahim, tumbuh di luar rahim. Endometriosis dapat menyebabkan rasa nyeri di perut, punggung, perdarahan berat ketika menstruasi, dan ketidaksuburan pada wanita. Penyebab kondisi ini adalah perubahan sel embrio, gangguan sistem imun, hingga bekas luka bedah.

2.     PCOS (sindrom polikistik ovarium)

Gangguan kesehatan PCOS pada wanita dapat menyebabkan seorang wanita sulit untuk hamil. Sindrom ovarium polikistik atau PCOS merupakan gangguan hormon yaitu produksi androgen (hormon pria) meningkat oleh ovarium. Ini dapat memicu ketidakseimbangan hormon yang dapat mempengaruhi ovulasi. Kondisi ini dapat menyebabkan indung telur membesar dan menumbuhkan banyak kista. PCOS umumnya timbul pertama kali pada saat remaja.

3.     Penyakit menular seksual (PMS)

Ini merupakan salah satu gangguan pada sistem reproduksi yang bisa wanita alami. Gangguan kesehatan ini bisa terjadi karena berhubungan seks dengan seseorang yang terinfeksi. Penyebab utamanya yaitu bakteri, parasit, dan virus.

4.     Kanker ginekologi

Kanker ginekologi adalah gangguan kesehatan organ reproduksi wanita yang berada pada sistem reproduksi wanita. Ada lima jenis kanker ginekologi seperti serviks, ovarium, rahim, vagina dan vulva.

Baca Juga: Ketahui Keunggulan USG 4D Sebagai Prosedur Pemeriksaan Kehamilan

5.     Fibroid rahim

Fibroid rahim atau yang dikenal juga dengan miom adalah tumbuhnya tumor jinak di bagian atas atau bagian dalam otot rahim. Ini bisa semakin membesar yang menyebabkan terjadinya perdarahan berat selama menstruasi, nyeri saat buang air, nyeri ketika melakukan hubungan seks, serta sakit punggung. Bila Anda mengalami gejala dan tanda yang merujuk pada masalah reproduksi yang serius, sebaiknya segera konsultasikan hal tersebut dengan dokter spesialis kandungan.

6.     Human Immunodeficiency Virus (HIV)

HIV adalah penyakit yang terjadi pada sistem reproduksi dan mempengaruhi sel tertentu dari sistem kekebalan tubuh. Seiring dengan berjalannya waktu, HIV dapat menghancurkan banyak sel tubuh sampai tubuh tidak bisa melawan infeksi.

7.     Vaginitis

Ini adalah peradangan yang membuat rasa gatal, perih, infeksi, hingga terjadinya pembengkakan pada vagina. Penyebab munculnya peradangan pada vagina yaitu bakteri, jamur, parasit, atau virus. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk memilih perawatan yang tepat.

8.     Kista ovarium

Penyakit pada sistem reproduksi wanita ini adalah kelenjar abnormal yang terbentuk dalam indung telur yang berisikan cairan atau material semi-padat lainnya. Kelenjar abnormal ini umum terjadi dan tergolong tidak mengkhawatirkan, kecuali kelenjar terus bertumbuh besar. Kista yang semakin membesar dapat menekan organ yang berada di sekelilingnya sehingga menyebabkan nyeri pada perut.

9.     Penyakit radang panggul

Radang panggul terjadi karena bakteri yang masuk ke dalam vagina lewat rahim, melewati saluran rahim yang membuka ke dalam rongga perut. Terdapat berbagai penyebab radang panggul, tetapi yang paling banyak dan sering dijumpai adalah infeksi gonore. Peradangan yang terjadi pada saluran rahim ini bisa menyumbat proses pembuahan sehingga menyebabkan infertilitas.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.