Ketahui Keunggulan USG 4D Sebagai Prosedur Pemeriksaan Kehamilan

IBU WOMEN CLINIC – Pemindaian menggunakan ultrasonografi (USG) merupakan pemeriksaan penting selama masa kehamilan. USG merupakan alat pemeriksaan yang sering digunakan untuk memantau kondisi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Pemeriksaan USG terdiri dari berbagai jenis, seperti USG 3 dimensi dan USG 4 dimensi yang paling modern. Pemeriksaan USG menggunakan gelombang suara untuk menampilkan gambaran kondisi kehamilan. Dengan begitu, baik calon orang tua dan dokter kandungan bisa memantau perkembangan janin dalam kandungan.

Pemeriksaan USG umumnya ditujukan untuk memantau kondisi kehamilan mulai dari keadaan rahim, wujud janin, hingga kemungkinan gangguan yang terjadi di dalam kandungan. Saat ini, pemeriksaan USG 4D banyak diminati karena teknologinya yang lebih canggih, dan hasil pemindaiannya lebih jelas. USG 4 dimensi atau 4D ini mampu menyajikan gambar bergerak seperti sebuah video dengan real time. Anda dapat melihat berbagai aktivitas yang dilakukan janin dengan lebih jelas, misalnya saat si kecil tersenyum, menguap atau melakukan gerakan lainnya. Tidak hanya itu, bagian tubuh janin seperti wajah bisa terlihat secara lebih nyata.

USG 4 dimensi atau USG 4D tidak hanya membantu calon orang tua bayi yang penasaran melihat buah hatinya. Pemeriksaan ini dapat memudahkan dokter spesialis kandungan untuk melakukan pendeteksian kemungkinan terjadinya gangguan atau abnormalitas pada janin. Pada pemeriksaan USG 4D ini dokter kandungan bisa melihat secara lebih jelas organ-organ tubuh janin, sehingga bisa segera melakukan langkah-langkah penanganan tepat ketika dicurigai ada kelainan. Sebagai prosedur diagnosis, pemeriksaan USG 4 dimensi (4D) ini bisa digabungkan dengan beberapa prosedur medis lainnya oleh dokter kandungan. sehingga dapat memastikan hasil diagnosis terhadap kondisi pasien dengan tepat, dan memberikan penanganan yang sesuai dengan kondisinya.

Ibu hamil sebenarnya bisa melakukan pemindaian USG 4 dimensi (4D) kapan saja baik itu pada awal kehamilannya, pertengahan, maupun menjelang proses persalinan. Berikut beberapa alasan penting untuk melakukan pemeriksaan USG berdasarkan pada usia kehamilan:

Baca Juga: Lakukan USG di Klinik USG Untuk Pantau Kondisi Janin Dalam Kandungan

  • Trimester pertama

USG yang dilakukan pada trimester kehamilan umumnya dilakukan untuk memastikan kehamilan. Selain itu, pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui usia kehamilan, melihat detak jantung janin, serta memeriksa kemungkinan kehamilan ektopik dan gangguan kehamilan.

  • Trimester kedua

USG yang dilakukan pada trimester kedua dapat membantu dokter kandungan untuk mendiagnosis kelainan struktur tubuh janin. Kemudian melihat kemungkinan adanya janin kembar, mengukur pertumbuhan janin, serta memeriksa kemungkinan gangguan pada perkembangan janin.

  • Trimester ketiga

Pemeriksaan USG yang dilakukan pada trimester ketiga direkomendasikan untuk mengetahui posisi plasenta menjelang proses persalinan. Ini juga ditujukan untuk mengamati posisi dan pergerakan janin, serta memeriksa kemungkinan kelainan pada rahim dan panggul ibu.

Salah satu alasan mengapa banyak yang memilih USG 4 dimensi (4D) karena USG ini mampu menyajikan gambar bergerak seperti video. Dengan begitu, aktivitas janin dapat dilihat secara lebih jelas. Ini juga akan membantu dokter kandungan untuk melihat bagian-bagian tubuh janin secara lebih nyata. Sehingga dapat memudahkan dokter kandungan untuk mendeteksi gangguan pada janin.

USG 4D juga termasuk sebagai salah satu prosedur untuk mendiagnosis kondisi penyakit tertentu. Pemeriksaan USG ini dapat dikombinasikan dengan beberapa prosedur medis lainnya. Prosedur medis tersebut seperti amniosentesis atau pengambilan sampel cairan ketuban, pemeriksaan darah, hormon, atau kromosom. Dengan tujuan memastikan hasil diagnosis kondisi kehamilan dengan tepat.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.