Apakah Perlu Tes Darah di Lab Kehamilan untuk Ibu Hamil?

IBU WOMEN CLINIC – Pentingnya selalu menjaga masa-masa yang rentan bagi ibu hamil dengan selalu. Kesehatan para calon ibu dan janin juga bisa dijaga dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan melakukan pemeriksaan laboratorium secara rutin. Pemeriksaan laboratorium ini tentunya memiliki sangat banyak manfaat seperti untuk mempersiapkan masa persalinan dan menyusui yang sehat. Serta aman bagi ibu hamil dan janin, mencegah risiko terjadinya penyakit, memperkecil potensi janin gugur atau janin meninggal di dalam kandungan dan masih banyak lagi lainnya.

Ibu hamil tentunya perlu pemeriksaan laboratorium pada masa kehamilan mulai dari cek golongan darah, HB, leukosit, faktor rhesus, dan kadar glukosa darah. Seperti yang dikatakan dr. Mohammad Hasrul, SpOG, di RS Siloam Bekasi, belum lama juga perlu pemeriksaan untuk memastikan apakah ada atau tidak virus Hepatitis C hingga anti HIV, atau juga hormon kehamilan virus ToRCH. Pertumbuhan janin selama masa kehamilan juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor mulai dari faktor ibu, faktor janin hingga faktor plasenta.

Ibu hamil sangat perlu untuk melakukan pengambilan sampel dari di laboratorium dengan rutin. Dengan tujuan untuk mengetahui apakah ibu hamil mengalami penyakit tertentu seperti terinfeksi atau kurang darah serta untuk mendeteksi kelainan pada janin. Beberapa pemeriksaan kesehatan tersebut, termasuk tes darah dilakukan supaya dapat memperoleh deteksi suatu masalah sedini mungkin. Penanganan yang tepat dan cepat juga bisa dilakukan untuk mencegah kondisi yang lebih serius. Ibu hamil perlu mendiskusikan untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk menjalani rangkaian tes darah dengan seorang dokter ketika menjalani pemeriksaan kehamilan rutin. Berikut ini adalah beberapa rangkaian jenis tes darah yang perlu dilakukan ibu hamil pada saat kehamilan, yaitu:

Tes Darah Lengkap

Tes darah ini dibutuhkan untuk mengetahui apakah kadar hemoglobin di dalam sel darah merah ibu hamil terlalu sedikit atau normal, terlalu sedikit ini adalah pertanda ibu hamil mengidap anemia. Di samping itu tes darah juga dapat dilakukan dengan cara menghitung jumlah darah putih apabila terdapat peningkatan sel darah putih, maka hal tersebut adalah penanda bahwa ibu hamil mungkin mengalami infeksi.

Tes Golongan Darah, Antibodi, dan Faktor Rhesus

Tes golongan darah dilakukan supaya mengetahui golongan darah seperti A, B, AB atau O, dan Rhesus darah ibu hamil seperti Rhesus negatif atau Rhesus positif. Apabila rhesusnya berbeda dengan janin, maka ibu hamil akan diberi suntikan imunoglobulin supaya mencegah pembentukan antibodi yang menyerang darah janin. Apabila antibodi terbentuk menyerang darah janin, maka ini akan berakibat sangat fatal.

Baca Juga: Pentingnya Melakukan Pemeriksaan Kehamilan dengan Pergi ke Dokter Spesialis Kandungan

Tes Gula Darah

Pemeriksaan kadar gula darah ibu hamil biasanya dilakukan pada trimester kedua kehamilan. Namun, dokter mungkin akan menyarankan tes gula darah sejak awal atau lebih dini pada ibu hamil yang mempunyai berat badan berlebih, pernah melahirkan anak dengan berat badan diatas 4,5 kg sebelumnya atau memiliki riwayat diabetes gestasional.

Tes Imunitas Terhadap Virus Rubella atau Campak Jerman

Apabila ibu hamil terinfeksi rubella di awal kehamilan janin dalam kandungan dapat mengalami kecacatan yang serius keguguran atau bahkan lahir dalam keadaan meninggal. Maka dari itu, sangat penting untuk melakukan tes ini supaya mengetahui apakah ibu hamil sudah memiliki kekebalan terhadap virus ini atau belum. Apabila belum ibu hamil dianjurkan untuk menghindari kontak dengan orang-orang yang terinfeksi rubella.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.