Pentingnya Melakukan Pemeriksaan Kehamilan dengan Pergi ke Dokter Spesialis Kandungan

IBU WOMEN CLINIC – Pemeriksaan kehamilan adalah kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh seorang ibu hamil. Dengan memeriksakan kandungannya secara rutin dokter dapat memantau kondisi kesehatan Anda dan bayi yang ada dalam kandungan Anda. Pemeriksaan kehamilan terdiri dari perawatan kesehatan sebelum melahirkan atau prenatal dan setelah melahirkan atau biasa disebut dengan postpartum.

Tujuan dari pemeriksaan kehamilan ini tidak lain adalah untuk memastikan bahwa kehamilan Anda adalah kehamilan yang sehat dan nantinya akan menjalani proses persalinan yang aman baik untuk Anda sendiri ataupun bayi Anda. Pada saat berkonsultasi dengan dokter Anda bisa menanyakan berbagai pertanyaan yang ada di pikiran Anda mengenai kehamilan sendiri.

Pemeriksaan kehamilan ini biasanya dilakukan tes USG atau ultrasonografi yang merupakan salah satu penunjang pemeriksaan radiologi yang aman untuk ibu hamil. Tindakan tersebut dilakukan oleh spesialis atau dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Teknologi ultrasonografi ini pun semakin canggih dilihat dari beberapa jenis USG yang dapat dipilih oleh Anda dan ibu hamil lainnya yaitu adalah USG 2 Dimensi, 3 Dimensi, dan 4 Dimensi. Tetapi seberapa pentingkah melakukan pemeriksaan kehamilan ini?

Pada dasarnya USG ini dilakukan untuk menentukan kapasitas jarak persalinan ibu hamil. Karena memeriksa kapasitas jarak persalinan tersebut yang paling akurat adalah pada saat tiga bulan pertama pada masa kehamilan. Yang kedua adalah untuk melihat apakah ada kelainan pada bayinya dan proses kehamilan yang terjadi permasalahan atau tidak. Menghitung taksiran berat janin dan plasenta, otomatis itu adalah hal yang tidak bisa dilakukan atau bisa dilihat dengan kasat mata. Maka dari itu disini sangat dibutuhkan untuk melakukan pemeriksaan ultrasonografi.

Untuk pemeriksaannya sendiri idealnya seorang ibu hamil perlu untuk berkunjung ke dokter supaya bisa melakukan pemeriksaan kehamilan adalah minimal 8 kali datang. Anda perlu meluangkan waktu Anda sebulan sekali untuk memeriksakan diri Anda dan bayi yang ada dalam kandungan Anda ke dokter selama masa 6 bulan pertama periode kehamilan. Pemeriksaan kehamilan perlu dilakukan setiap 2 minggu sekali ketika memasuki usia ke-7 atau 8 bulan kehamilan.

Baca Juga: 4 Pemeriksaan Lab Kehamilan yang Perlu Diketahui Ibu Hamil

Intensitas kunjungan akan ditambah menjadi 1 kali per minggu pada saat usia kehamilan Anda menginjak pada bulan ke-9. Tetapi ada juga keadaan bahwa Anda harus lebih sering memeriksakan diri ke dokter, berikut ini adalah beberapa keadaannya:

  • Mempunyai masalah atau komplikasi kehamilan.
  • Memiliki risiko melahirkan secara prematur.
  • Mempunyai riwayat penyakit seperti diabetes, anemia, tekanan darah tinggi, asma, obesitas, dan lupus.
  • Hamil pada saat usia diatas 35 tahun.

Dengan melakukan pemeriksaan kehamilan dokter akan memantau kondisi janin dan kondisi Anda seperti mengidentifikasi apabila ada komplikasi kehamilan dan langsung mengatasinya pada saat kondisi belum memburuk. Dokter akan mencegah risiko terjadinya gangguan pertumbuhan bayi saat dalam kandungan. Ketika pemeriksaan kehamilan dilakukan dokter akan mengingatkan Anda untuk menghentikan kebiasaan Anda apabila, mengonsumsi minuman beralkohol atau kebiasaan merokok, dan juga menjauhi zat-zat berbahaya dan beracun yang akan membahayakan kandungan. Selain itu, dokter juga akan memberikan beberapa suplemen asam folat untuk Anda pada saat masa kehamilan trimester pertama.

Pada saat kehamilan merupakan masa-masa yang sangat rentan. Sangat penting untuk meluangkan waktu yang ekstra untuk memperhatikan kondisi Anda serta bayi yang ada dalam kandungan Anda. Lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin agar selalu terhindar dari hal-hal yang tidak Anda inginkan.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.