Lakukan USG di Klinik USG Untuk Pantau Kondisi Janin Dalam Kandungan

IBU WOMEN CLINIC – Ibu hamil perlu untuk melakukan pemeriksaan kondisi kehamilan dan kandungan secara rutin. Salah satu jenis pemeriksaan kehamilan yang perlu dilakukan adalah pemeriksaan ultrasonografi atau yang kita kenal dengan USG. Pemeriksaan USG di klinik USG setidaknya perlu untuk dilakukan setidaknya lima kali. Yakni dimulai pada 10 minggu usia kehamilan hingga menjelang proses persalinan. Pemeriksaan USG dilakukan sebagai upaya untuk memantau kondisi perkembangan janin dalam kandungan. Sehingga, bayi bisa terlahir sehat dan selamat dan ibu hamil menjalani persalinan dengan lancar dan aman.

Meski USG bisa dilakukan kapan saja oleh ibu hamil, namun ada jadwal pemeriksaan USG yang perlu dilakukan dan tidak dilewati oleh ibu hamil. Hal ini supaya kondisi ibu hamil dan janin dalam kandungan terus terpantau dengan baik. Pemeriksaan USG tidak hanya untuk melihat jenis kelamin janin saja. Tapi ada banyak manfaat yang bisa di dapatkan oleh ibu hamil jika melakukan USG. Karena dengan USG kondisi perkembangan janin bisa lebih terpantau dengan baik. Dengan begitu dapat meminimalkan resiko terjadinya gangguan pada kehamilan.

Pemeriksaan USG dilakukan dengan menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi guna memperoleh gambaran kondisi janin. Serta gambaran kondisi plasenta, serta organ reproduksi ibu hamil. Pemeriksaan USG yang dilakukan pada masa kehamilan sangatlah penting bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Ini tidak hanya dapat mengetahui berat badan dan jenis kelamin janin dalam kandungan saja, tapi juga bisa memperlihatkan perkembangan janin. Bahkan mendeteksi ada tidaknya risiko masalah kesehatan baik itu pada ibu hamil maupun janin yang dikandungnya.

Setiap ibu hamil dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan USG minimal 2 hingga 3 kali selama masa kehamilan. Pemeriksaan USG bisa dilakukan pada trimester pertama, kedua, dan ketiga guna mengamati perkembangan janin di kandungan sesuai dengan tahapan perkembangannya. Sedangkan waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan USG sebenarnya bisa dilakukan kapan saja. Namun, waktu yang disarankan untuk melakukan pemeriksaan USG yaitu:

Baca Juga: Pemeriksaan Lab Kehamilan untuk Trimester 1, 2, 3 Kehamilan

1.    Trimester pertama (1-12 minggu)

Pemeriksaan USG yang dilakukan di awal trimester pertama biasanya dilakukan dengan tujuan memastikan kehamilan. Pemeriksaan USG di trimester pertama juga bertujuan untuk mengetahui denyut jantung janin. Kemudian mendeteksi adanya kemungkinan kehamilan kembar. Mendeteksi kemungkinan pertumbuhan abnormal yang terjadi pada janin dan menentukan apakah kehamilan terjadi berada di dalam atau di luar rahim. Mendeteksi resiko masalah kehamilan prematur dan resiko terjadinya keguguran. Serta melakukan penapisan trimester pertama atau first trimester screening.

2.    Trimester kedua (12-27 minggu)

Pemeriksaan USG yang dilakukan pada masa trimester kedua memiliki manfaat utama untuk mendapatkan gambaran mengenai perkembangan janin. Yang mana dilakukan dengan beberapa indikator berikut:

  • Mengetahui kelengkapan organ vital seperti jantung, paru-paru, dan struktur otak.
  • Mengetahui jenis kelamin janin
  • Memastikan apabila kehamilan kembar
  • Memantau jumlah cairan ketuban
  • Mendeteksi masalah pada plasenta
  • Mengetahui aliran darah tubuh janin

3.    Trimester ketiga (24-40 minggu)

Pemeriksaan USG pada trimester ketiga lebih berfokus pada pertumbuhan janin dan kesiapan ibu hamil menuju proses persalinan. Manfaat pemeriksaan USG ini diantaranya yaitu:

  • Mengetahui posisi janin dalam rahim (normal, miring, atau sungsang)
  • Mendeteksi fungsi plasenta menjelang persalinan
  • Mendeteksi kecacatan pada janin
  • Memprediksi hari kelahiran
  • Mengetahui apakah janin masih ‘betah’ berada dalam rahim atau sudah harus segera dilahirkan

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.