Keunggulan USG 4D dan Alasan Penting Melakukannya

IBU WOMEN CLINIC – Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan Ultrasonografi atau yang lebih dikenal dengan USG. Ini memungkinkan ibu hamil untuk melihat calon janinnya dengan lebih jelas. Sekarang ini USG tidak hanya berupa USG 2 dimensi (USG 2D) dan USG 3 dimensi (USG 3D) tapi juga telah tersedia USG 4D (4 Dimensi). USG 4D dapat memberikan hasil lebih jelas dan akurat. Tidak jarang pemeriksaan USG 4D ini digunakan untuk pemeriksaan kondisi medis tertentu dari ibu hamil.

Setiap ibu hamil tentu ingin mengetahui perkembangan janin yang ada di dalam kandungannya. Kini anda bisa memantau bagaimana aktivitas si kecil dalam kandungan dengan USG 4D. Bahkan ibu hamil juga bisa melihat wajah si kecil sejak masih dalam kandungan dengan lebih jelas. Tidak hanya itu, pada pemeriksaan USG 4D bisa menampilkan kondisi kehamilan dengan lebih jelas, mulai dari keadaan rahim, wujud janin, hingga gangguan yang mungkin terjadi.

USG 4D Berbeda dengan teknologi USG terdahulu, dimana ini bisa menghasilkan gambar bergerak seperti video. Dengan begitu, anda bisa melihat secara langsung berbagai aktivitas yang dilakukan janin dalam kandungan. Seperti ketika bayi tersenyum, menguap, atau melakukan gerakan lainnya. Anda juga bisa melihat bagian tubuh bayi lainnya, khususnya wajah, secara lebih jelas dan nyata. Tidak heran jika pemeriksaan USG 4D ini banyak diminati oleh para calon orang tua. Selain itu, pemeriksaan USG 4D dapat membantu dokter kandungan untuk melakukan diagnosis kehamilan dengan lebih akurat.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa fungsi USG 4D tidak hanya sekadar untuk melihat wajah ataupun jenis kelamin bayi. Tapai ini juga dapat membantu dokter kandungan dalam mendeteksi kemungkinan adanya gangguan atau kelainan pada janin. Serta memantau kondisi perkembangan organ-organ tubuh janin dengan lebih jelas dan akurat. Sehingga bisa dilakukan langkah penanganan secepatnya dan sesegera mungkin jika terdapat masalah atau kelainan. Beberapa kelainan bawaan lahir seperti kelainan jantung, bibir sumbing, kelainan bentuk telinga, kelainan bentuk rahang, kelainan bentuk tulang belakang, dan lainnya bisa dilihat secara jelas dengan USG 4D.

Baca Juga: Periksa Kehamilan di Klinik USG untuk Cegah Resiko Kehamilan Ektopik

Ketika dijumpai adanya masalah pada kondisi kehamilan, dokter kandungan bisa melakukan pemeriksaan USG 4D dengan beberapa prosedur medis lainnya. prosedur tersebut bisa berupa amniosentesis atau pengambilan sampel cairan ketuban, pemeriksaan darah, hormon, serta kromosom. Hal ini ditujukan untuk memastikan mengenai diagnosis yang telah dilakukan oleh dokter kandungan sebelumnya.

USG 4D ini lebih dianjurkan bagi ibu hamil yang memiliki risiko tinggi. Seperti misalnya ibu hamil yang berusia di atas 35 tahun. Kemudian ibu hamil yang memiliki riwayat kelainan bawaan, mengidap diabetes, dan ditemukan adanya masalah kehamilan. Pemeriksaan USG 4D ini bisa dilakukan kapan saja. Ibu hamil bisa melakukannya pada awal kehamilan, pertengahan kehamilan, maupun menjelang prosesi persalinan. Biasanya, pemeriksaan USG 4D yang dilakukan pada trimester pertama bertujuan untuk memastikan kehamilan dan mengetahui usia kehamilan. Serta memeriksa detak jantung janin, dan memeriksa ada tidaknya kemungkinan terjadinya kehamilan ektopik.

Pemeriksaan USG 4D pada trimester kedua bertujuan untuk membantu dokter kandungan dalam mendiagnosis kelainan struktur tubuh janin. Kemudian melihat jumlah kandungan (hamil kembar), dan mengukur pertumbuhan janin. Sedangkan pada kehamilan trimester ketiga, ini digunakan untuk mengetahui posisi plasenta menjelang persalinan. Selanjutnya mengamati posisi dan pergerakan janin, serta memeriksa kelainan pada rahim dan panggul ibu. Ibu hamil perlu memeriksakan kehamilannya untuk memantau perkembangan janin. Sehingga bayi bisa terlahir sehat dan selamat dan persalinan berjalan lancar.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.