Beberapa Hal yang Ditangani Oleh Dokter Spesialis Kandungan

IBU WOMEN CLINIC – Dokter yang satu ini memiliki gelar SpOG, dokter dengan spesialisasi kandungan ini tidak hanya dapat mengatasi seseorang dengan gangguan pada kandungan saja namun juga seputar kesehatan perempuan. Dokter spesialis kandungan atau biasa disebut dengan dokter obgyn merupakan dokter spesialis obstetri dan ginekologi. Tubuh perempuan pastinya mengalami proses biologis yang berbeda-beda seperti misalnya menstruasi menopause melahirkan atau lain-lainnya.

Apabila mengalami gangguan kesehatan terkait beberapa proses tersebut atau terjadi gangguan pada organ reproduksi perempuan maka dokter obgyn merupakan dokter yang akan anda temui untuk mendapatkan berbagai macam pelayanan serta penanganan seputar kesehatan perempuan tersebut.

Pada dasarnya obstetri dan ginekologi mempunyai makna yang berbeda untuk obstetri sendiri merupakan cabang ilmu kedokteran yang hanya khusus mempelajari mengenai kehamilan dan proses persalinan. Cabang ilmu kedokteran yang satu ini berfokus untuk perawatan serta pemeliharaan kesehatan ibu hamil serta janin yang selama masa kehamilan hingga proses persalinan. sedangkan untuk ginekologi sendiri merupakan cabang ilmu kedokteran yang hanya khusus mempelajari mengenai gangguan seputar sistem reproduksi wanita.

Apa Saja Masalah yang Ditangani Oleh Dokter Spesialis Kandungan?

Dokter kandungan atau dokter spesialis obstetri dan ginekologi bisa memeriksa dan mengobati bermacam-macam kondisi pada kandungan dan sistem reproduksi wanita, diantaranya adalah berikut ini:

  • Menangani dan mengobati penyakit menular seksual.
  • Mengatasi gangguan seputar menstruasi.
  • Menangani masalah yang berkaitan dengan kesehatan seksual.
  • Memeriksa dan mengobati gangguan seputar kesuburan.
  • Menangani masalah yang berkaitan dengan menopause.
  • Mendiagnosis serta mengobati masalah hormonal yang mempengaruhi sistem reproduksi wanita.
  • Menangani dan mengobati kondisi medis yang berkaitan dengan sistem reproduksi wanita seperti kista ovarium, kanker rahim, kanker serviks, kanker ovarium, endometriosis, radang panggul, dan mioma rahim.
  • Memeriksa dan mengobati keputihan yang terjadi dengan tidak normal.
  • Mendeteksi dan memberikan penanganan terkait masalah kehamilan seperti preeklampsia, eklampsia, plasenta letak rendah, keguguran, kelainan janin dalam kandungan, diabetes gestasional, dan kehamilan ektopik.
  • Menangani kegawatdaruratan dalam proses persalinan misalnya seperti infeksi cairan ketuban, gawat janin, atau lilitan tali pusar.

Baca Juga: Pemeriksaan USG 4D Ibu Hamil, Dapat Memeriksakan Apa Saja?

Tindakan yang Bisa Dilakukan Oleh Dokter Spesialis Kandungan

Dokter spesialis kandungan sendiri sudah terlatih untuk melakukan begitu banyak tindakan medis untuk menolong proses persalinan ibu hamil melakukan tindakan pembedahan pada sistem reproduksi wanita serta memberikan penanganan untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada sistem reproduksi wanita. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan adalah:

  • Mendeteksi dengan lebih cepat kanker pada organ reproduksi wanita misalnya seperti kanker ovarium kanker serviks dan kanker rahim.
  • Melakukan biopsi rahim atau pada leher rahim, seperti pap smear.
  • Melakukan pemeriksaan organ reproduksi wanita termasuk pemeriksaan fisik misalnya pada leher rahim panggul vulva vagina dan payudara serta melakukan pemeriksaan penunjang seperti USG rahim dan USG transvaginal.
  • Memberikan konsultasi mengenai alat kontrasepsi dan vaksinasi HPV untuk mencegah penyakit kanker serviks.
  • Melakukan proses persalinan baik dengan cara operasi sesar atau normal dan perawatan pasca persalinan.
  • Memberikan tindakan pembedahan seperti pengangkatan rahim atau histerektomi dan miomektomi atau pengangkatan mioma uteri pada rahim. Dokter kandungan dapat melakukan pembedahan secara metode bedah laparoskopi atau dengan cara konvensional.
  • Memberikan konsultasi mengenai kehamilan atau perawatan prenatal yang dilakukan sebelum melahirkan.
  • Memberikan perawatan payudara setelah proses persalinan supaya dapat mendukung proses pemberian ASI secara optimal.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.