Pemeriksaan USG 4D Ibu Hamil, Dapat Memeriksakan Apa Saja?

IBU WOMEN CLINIC – Saat-saat pertama mengetahui masa kehamilan pasti para ibu hamil sangatlah tidak mengerti harus melakukan apa saja. Pemeriksaan USG atau ultrasonografi tetap harus dilakukan namun bukan hanya itu saja. Semua ibu hamil pastinya ingin mempunyai kehamilan yang berlangsung dengan cara yang lancar dan sehat. Tetapi kadang kala terjadi masalah dalam kehamilan yang dapat muncul tanpa diduga-duga titik maka dari itu ibu hamil membutuhkan perlakuan pemeriksaan khusus untuk pergi ke dokter kandungan terutama pada masa trimester pertama kehamilannya.

Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan yang paling penting karena dapat mendeteksi adanya berbagai gangguan pada janin sedini mungkin sehingga dapat segera ditangani dan tidak membahayakan kondisi ibu hamil maupun janin.

Pemeriksaan yang Dilakukan di Laboratorium Kehamilan

Berikut ini adalah beberapa pemeriksaan kehamilan yang perlu dijalani ibu hamil pada trimester pertama:

Pemeriksaan riwayat kesehatan

Pada saat pemeriksaan pertama kali ke laboratorium kehamilan pastinya seorang bidan atau dokter akan memeriksa riwayat kesehatan ibu hamil pada trimester pertama sehingga bisa mengetahui lebih lanjut apakah terdapat hal-hal yang mungkin dapat terjadi pada kehamilan. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang biasanya diajukan oleh seorang bidan atau dokter kandungan dalam pemeriksaan riwayat kesehatan:

  • Riwayat kesehatan ibu hamil misalnya seperti apa saja obat-obatan yang dikonsumsi saat ini dan yang pernah dikonsumsi, pernah nengidap penyakit apa saja dan apakah saat ini masih menderita penyakit tersebut, serta gaya hidup yang ibu hamil jalani.
  • Riwayat kesehatan keluarga untuk mengetahui apakah terdapat risiko penyakit genetik.
  • Riwayat adanya gen kembar dalam keluarga.
  • Riwayat menstruasi seperti kapan terakhir kali haid dan masa ovulasinya serta hal ini digunakan untuk memprediksi usia kehamilan dan waktu persalinan.
  • Riwayat kehamilan sebelumnya seperti apakah ibu hamil pernah mengalami penyakit pada saat hamil sebelumnya dan bagaimana metode persalinan yang sudah pernah dijalani.

Baca Juga: Ibu Hamil Perlu Pergi ke Klinik USG Rutin untuk Memeriksakan Kandungan

Pemeriksaan fisik

Selain pemeriksaan riwayat kesehatan seorang ibu hamil juga akan menjalani pemeriksaan fisik secara menyeluruh seperti meliputi:

  • Pemeriksaan berat badan, dokter kandungan bisa mengetahui kondisi kesehatan seorang ibu hamil dengan melakukan pemeriksaan yang satu ini. Pada umumnya untuk kehamilan normal sendiri ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan meskipun usia kehamilan baru saja menginjak masa 2 bulan. Sedangkan ibu hamil yang mengalami morning sickness atau sakit lainnya yang parah biasanya akan sulit untuk meningkatkan berat badan.
  • Tinggi badan, belum pemeriksaan ini tidaklah mempunyai pengaruh langsung terhadap kesehatan kondisi ibu hamil tetapi pengukuran tinggi badan biasanya digunakan untuk mengetahui ukuran panggul ibu hamil supaya dapat menentukan metode persalinan apa yang tepat.
  • Perut (Abdomen), pemeriksaan abdomen atau bagian perut yang berada diantara dada dan pelvis memiliki tujuan untuk melihat terjadinya pembesaran rahim.
  • Lalu dilakukan juga pemeriksaan tambahan misalnya seperti apabila dibutuhkan dokter juga dapat melakukan pemeriksaan pada organ tubuh ibu hamil lainnya misalnya seperti hati jantung ataupun ginjal.

Tes urine

Selain beberapa pemeriksaan di atas seorang ibu hamil yang sudah dinyatakan benar-benar positif hamil akan melakukan tes urine yang berguna untuk mendeteksi apakah terdapat penyakit-penyakit yang mungkin diderita oleh ibu hamil. Beberapa hal yang dapat diketahui dengan menggunakan pemeriksaan tes urine adalah seperti:

  • Kadar protein, kadar protein yang tinggi di dalam urine dapat menyebabkan seorang ibu hamil menderita preeklamsia.
  • Kadar gula, jika dalam urine ibu hamil ditemukan adanya kandungan gula yang cukup tinggi Hal ini berarti bahwa ibu hamil mengidap penyakit diabetes gestasional.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.