Lakukan Pemeriksaan di Lab Kehamilan Ketika Darah Haid Menggumpal Disertai Gejala Tertentu

IBU WOMEN CLINIC – Ketika wanita telah memasuki masa pubertas tentu mereka akan mengalami haid atau menstruasi. Tidak jarang kondisi ini dapat menyebabkan nyeri pada perut atau perut kram,  nyeri atau sakit pinggang, hingga mood yang cenderung tidak stabil. Sebagian wanita juga bisa mengalami darah haid yang menggumpal selama siklus haid. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal bahkan kemungkinan terkait dengan kondisi medis tertentu. Ketahui lebih lanjut mengenai darah haid yang menggumpal selama siklus haid pada ulasan berikut.

Darah haid yang menggumpal dan keluar pada siklus haid adalah hal yang umum terjadi dan dialami oleh wanita. Dimana umumnya kondisi tersebut terjadi pada beberapa hari pertama haid dan akan menghilang setelah haid berhenti. Meskipun demikian, Anda harus tetap mewaspadai kondisi tersebut. Karena darah haid yang menggumpal terkadang juga bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Dalam hal ini  darah haid menggumpal yang disertai perdarahan, menstruasi yang tidak teratur, atau berlangsung dalam waktu lama.

Selama siklus haid atau menstruasi berlangsung, lapisan rahim mengalami penebalan untuk mempersiapkan kehamilan. Namun, jika kehamilan tidak terjadi, maka akan ada hormon yang memberi sinyal kepada lapisan rahim untuk meluruhkan darah. Sehingga terjadilah apa yang disebut dengan menstruasi. Perdarahan inilah yang biasanya terlihat sebagai darah menggumpal saat haid. Darah yang menggumpal sering terjadi ketika haid sedang banyak, dan umumnya terjadi pada awal masa haid.

Bentuk gumpalan darah yang muncul pada saat haid biasanya menyerupai gel berwarna merah terang hingga berwarna merah tua kecoklatan. Darah yang menggumpal tersebut masih dianggap normal bila gumpalannya berukuran kecil dan hanya terjadi sesekali. Kondisi ini dikatakan tidak normal ketika darah yang menggumpal tampak besar yaitu lebih dari 2,5 cm. Dan darah yang menggumpal tersebut sering muncul atau tidak kunjung berkurang. Terutama jika Anda harus mengganti sering mengganti pembalut setiap 1–2 jam.

Hal yang perlu diwaspadai yaitu ketika gumpalan darah haid disertai dengan rasa nyeri perut yang hebat atau anemia. Dimana kondisi tersebut memiliki kemungkinan didasari oleh gangguan kesehatan tertentu. Beberapa gangguan kesehatan yang bisa menjadi penyebab munculnya darah haid yang menggumpal diantaranya yaitu:

Baca Juga: Segera Periksakan Siklus Menstruasi Tidak Lancar Pada Dokter Spesialis Kandungan

1. Obstrukti Uterus

Ini adalah kondisi membesar atau membengkaknya rahim yang bisa memberi tekanan ekstra pada dinding rahim. Obstrukti uterus dapat mengganggu kemampuan rahim untuk berkontraksi. Sehingga berakibat pada darah yang menggenang dan menggumpal di dalam rongga rahim. Darah yang menggumpal tersebut dapat keluar bersamaan dengan datangnya haid atau menstruasi.

2. Fibroid

Ini merupakan tumor otot tapi bukan kanker, yang mana terbentuk di dinding rahim. Selain menyebabkan pendarahan haid yang banyak, kondisi ini juga dapat menyebabkan munculnya nyeri punggung bawah. Kemudian terasa sakit pada saat berhubungan seks, perut kembung, dan gangguan kesuburan atau masalah infertilitas pada wanita.

3. Endometriosis

Ini adalah kondisi ketika jaringan rahim yang disebut dengan endometrium tumbuh di luar rahim. Terdapat beberapa faktor yang meningkatkan risiko kondisi endometriosis, yaitu faktor keturunan, gangguan hormon, dan riwayat operasi panggul.

4. Adenomiosis

Ini merupakan suatu kondisi yang terjadi saat lapisan rahim tumbuh ke dalam dinding rahim. Kondisi adenomiosis ini dapat menyebabkan rahim yang menebal dan membesar. Wanita dengan kondisi adenomiosis akan mengalami perdarahan dalam jumlah yang cukup banyak. Dan disertai munculnya gumpalan darah pada vagina.

Meski darah haid yang menggumpal memang tidak selalu terjadi akibat gangguan kesehatan tertentu. Namun, Anda tetap harus mewaspadai dan memantau gejala-gejala yang mungkin menyertainya. Lakukan pemeriksaan lab pada dokter spesialis kandungan apabila anda mencurigai adanya masalah terkait dengan siklus haid anda.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.