Segera Periksakan Siklus Menstruasi Tidak Lancar Pada Dokter Spesialis Kandungan

IBU WOMEN CLINIC – Siklus menstruasi seorang wanita memiliki kaitan yang erat dengan kondisi kesehatan reproduksi. Menstruasi sendiri adalah tanda pubertas yang terjadi pada wanita. Dimana proses menstruasi merupakan proses peluruhan lapisan bagian dalam pada dinding rahim wanita atau yang disebut endometrium. Umumnya menstruasi berlangsung selama 5-7 hari setiap bulannya. Apabila dalam menstruasi seorang wanita mengalami masalah tertentu seperti siklus haid tidak lancar atau muncul rasa nyeri haid. Maka penting untuk memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan.

Perhatikan dengan baik siklus menstruasi anda, bila perlu lakukan pencatatan setiap bulannya. Karena siklus tersebut dapat menandakan suatu kondisi tertentu berkaitan dengan kesehatan reproduksi wanita. Siklus menstruasi yang tidak teratur juga bisa mempengaruhi keberhasilan dalam promil (program hamil). Ada beberapa kondisi yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi yang tidak teratur. Beberapa kondisi penyakit yang bisa menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur, seperti:

1.    Amenorrhea

Ini adalah gangguan pada kesehatan reproduksi wanita yang mana ditandai dengan tidak terjadinya menstruasi pada periode menstruasi. Amenorrhea sendiri bisa dibedakan menjadi dua jenis, yang terdiri dari primer dan sekunder. Amenorrhea primer terjadi ketika seorang wanita tidak mendapatkan siklus menstruasinya dalam waktu 3 bulan atau lebih secara berturut-turut. Sedangkan untuk amenorrhea sekunder adalah kondisi di mana seorang wanita belum mendapatkan menstruasi sejak menginjak usia 15 tahun.

2.    Gangguan Tiroid

Kelenjar tiroid berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh. apabila kelenjar tiroid ini tidak dapat berfungsi dengan baik, maka siklus menstruasi juga bisa terganggu. Gangguan yang terjadi pada kelenjar tiroid juga bisa diketahui dengan mengamati gejala-gejala lainnya. Seperti misalnya tubuh yang mudah lelah, berat badan yang naik-turun secara drastis, hingga kerontokan rambut.

3.    Sindrom Ovarium Polikistik

Sindrom Ovarium Polikistik ini merupakan kondisi ketidakseimbangan hormon. Yang mana dapat mengakibatkan seseorang mengalami siklus haid yang tidak berovulasi. Ini ditandai dengan gangguan siklus menstruasi berupa perdarahan atau justru tidak mengalami menstruasi sama sekali selama 2 hingga 3 bulan berturut-turut. Gejala lainnya yang muncul akibat kondisi penyakit ini, seperti jerawat dan pertumbuhan bulu atau rambut abnormal di daerah yang tidak seharusnya. Kondisi ini adalah salah satu penyebab terjadinya infertilitas pada wanita terutama di usia reproduksi.

Baca Juga: Keunggulan Pemeriksaan USG 4D Dibandingkan Lainnya

4.    Endometriosis

Siklus menstruasi yang tidak teratur, misalnya seperti volume darah yang berlebihan atau mengalami perdarahan di luar siklus menstruasi, bisa jadi pertanda terjadinya endometriosis. Kondisi ini terjadi ketika jaringan yang membentuk lapisan di dalam dinding rahim yang disebut dengan endometrium, tumbuh di luar rahim.

Dalam kondisi yang normal, endometrium akan luruh dan keluar dari tubuh sebagai darah menstruasi. Namun pada kondisi terjadinya endometriosis, jaringan endometrium yang berada di luar rahim tersebut tidak bisa luruh keluar tubuh dan akan ikut menebal. Kondisi tersebut dapat menimbulkan keluhan rasa nyeri dan bahkan bisa menyebabkan infertilitas pada wanita.

5.    Kanker Ovarium

Perubahan yang terjadi pada siklus menstruasi juga bisa menjadi salah satu indikasi munculnya kanker ovarium. Kondisi ini merupakan jenis kanker yang muncul pada jaringan indung telur. Yaitu tempat di mana sel-sel telur dan hormon wanita seperti estrogen dan progesterone dihasilkan.

Sebenarnya, kanker ovarium ini lebih sering terjadi pada wanita yang sudah mengalami menopause. Tapi bukan berarti kondisi ini tidak mungkin terjadi di usia reproduksi. Dimana hal ini bisa menyebabkan gangguan pada siklus menstruasi. Gejala lainnya adalah muncul rasa nyeri saat berhubungan intim, sakit perut, dan cepat kenyang saat makan.

Sebaiknya, segera periksakan diri anda ke dokter spesialis kandungan apabila mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur terutama dalam waktu lama.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.