Pemeriksaan Lab Kehamilan yang Perlu Ibu Hamil Ketahui

IBU WOMEN CLINIC – Salah satu pemeriksaan Lab Kehamilan yang dibutuhkan oleh seorang ibu hamil adalah pemeriksaan USG. Tujuan ultrasonografi sebenarnya adalah untuk menghasilkan gambar organ tubuh bagian dalam. Ultrasonografi pada dasarnya digunakan untuk berbagai kebutuhan dan keperluan ibu hamil mulai dari untuk memeriksa kondisi janin mendeteksi penyakit sampai membantu dokter untuk tindakan pengambilan sampel jaringan atau biasa disebut dengan biopsi dan tindakan bedah.

Perlukah seorang ibu hamil untuk memeriksakan ultrasonografi? Jika seorang ibu hamil masih ragu berikut ini adalah beberapa penjelasan yang akan membantu itu untuk menjelaskan betapa perlunya melakukan pemeriksaan ultrasonografi pada ibu hamil. Pemeriksaan ultrasonografi atau biasa disebut dengan USG merupakan pemeriksaan penunjang yang memanfaatkan ultrasound atau gelombang suara dengan frekuensi tinggi untuk melihat gambar atau video.

Pemeriksaan USG pada umumnya dilakukan untuk melihat perkembangan janin yang ada dalam kandungan secara langsung. Dengan melakukan ultrasonografi seorang ibu hamil dapat melakukan pendeteksian dini jika terjadi kelainan pada kondisi sang janin. Akhir-akhir ini kendala yang sering terjadi adalah ada begitu banyak ibu hamil yang tidak bisa melakukan pemeriksaan ultrasonografi dikarenakan biayanya yang dibutuhkan tidak sedikit. Namun di satu sisi yang lain seorang ibu hamil tentunya sudah mengetahui betapa pentingnya melakukan pemeriksaan yang satu ini. Tetapi jangan khawatir pemeriksaan ultrasonografi pada seorang ibu hamil tidak dilakukan setiap minggu ataupun setiap kontrol ke klinik.

Pemeriksaan USG pada umumnya dilakukan pada ibu hamil pada minimal 3 kali selama masa kehamilan. Yang pertama adalah pada saat masa kehamilan trimester pertama atau awal kehamilan di usia kandungan menginjak 11 hingga 14 minggu. Kemudian pada masa kehamilan trimester kedua atau usia kandungan menginjak Minggu ke-20 lalu yang terakhir adalah pada masa kehamilan trimester 3 atau usia kandungan memasuki minggu ke 30.

Pemeriksaan ultrasonografi untuk ibu hamil dilakukan dengan menggunakan perasaan atau gelombang suara dengan frekuensi tinggi melalui dinding rahim ibu hamil lalu gelombang suara tersebut akan menghasilkan sebuah gambar atau video live. Video life tersebut kapan menunjukkan sebuah pergerakan janin dan posisi janin pada saat di dalam kandungan. Pemeriksaan ultrasonografi sendiri mempunyai fungsi untuk mengetahui kondisi janin yang ada di dalam kandungan.

Baca Juga: Pergi ke Dokter Spesialis Kandungan, Apa Saja Pemeriksaan yang Dijalani Ibu Hamil?

Sebuah pemeriksaan ultrasonografi sangat aman tentunya dilakukan oleh ibu hamil seberapa pun sering melakukannya. Bahkan seorang kandungan tidak membatasi berapa kali seorang ibu hamil melakukan USG. Dikarenakan pemeriksaan USG sangat berbeda jika dibandingkan dengan prosedur x-ray atau CT Scan, karena pemeriksaan USG tidak memberikan efek yang berbahaya apabila dilakukan dengan sering. Alasan mengapa seorang ibu hamil dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan USG selama minimal tiga kali pada masa kehamilannya adalah dikarenakan untuk membantu dalam mendapatkan informasi penting yang berkaitan dengan perkembangan bayi selama dalam kandungan.

Beberapa jenis USG yang pada umumnya digunakan adalah, seperti USG eksternal yaitu pemeriksaan ultrasonografi ini dilakukan dengan menggerakkan alat pemindai pada permukaan kulit pasien. Ada USG internal yang dilakukan dengan cara memasukkan alat pemindai ke dalam jam tubuh pasien, dan yang terakhir adalah USG endoskopi yang dilakukan dengan cara memasukkan alat pemindai yang yang sudah dipasang pada endoskop melalui kerongkongan. Endoskop merupakan selang tipis dan fleksibel yang dilengkapi kamera dan lampu pada ujungnya.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.