Keunggulan Pemeriksaan USG 4D Dibandingkan Lainnya

IBU WOMEN CLINIC – USG atau ultrasonografi merupakan prosedur yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi. Prosedur pemeriksaan ini umum digunakan dalam dunia medis untuk mendiagnosis penyakit tertentu. Namun, kebanyakan USG diperuntukkan untuk memeriksa tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Prosedur ini umum dilakukan bagi ibu hamil dalam serangkaian proses pemeriksaannya. USG dapat dilakukan dalam 2D, 3D dan seiring perkembangan teknologi sekarang sudah ada teknologi USG 4D. Selain sebagai prosedur pemindaian untuk wanita dan ibu hamil, Pemeriksaan ini sangat membantu para calon ibu untuk mengetahui kondisi perkembangan janin. Dan memastikan apakah janin dalam kondisi normal dan sehat atau mengalami suatu gangguan.

Oleh karena itu, penting bagi semua ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan USG. Supaya dapat dengan cepat mengetahui jika terdapat gangguan baik pada janin atau ibu yang mengandung. Untuk berikutnya dapat segera dilakukan penanganan. Pada umumnya, calon ibu dapat melakukan USG pada trimester kedua pada usia kehamilan 18 sampai 20 minggu. Namun, juga dapat melakukan USG pada trimester pertama sebelum 14 minggu kehamilan juga.

Ibu hamil tidak perlu khawatir dengan prosedur pemeriksaan USG ini. Selain memerlukan waktu yang relatif singkat, USG 4D juga aman dilakukan selama masa kehamilan. Prosedur pemeriksaan USG 4D memiliki banyak kelebihan. Gambar yang ditampilkan melalui prosedur USG 4D dapat membantu dokter mendiagnosis masalah yang mungkin terjadi pada bayi dan memudahkannya menjelaskan kepada calon ibu.

Prosedur pemeriksaan USG 4D ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi calon orang tua. Meski USG 4D tergolong cukup baru diperkenalkan di dalam praktek medis. USG 4D melengkapi teknologi USG pendahulunya yakni USG 2D dan 3D. Yakni dengan memberikan gambar secara real time berbentuk video. Prosedur USG 4D juga memungkinkan memberikan gambaran gerakan embrio dua minggu lebih awal dari USG 2D. Selain itu, USG 4D menawarkan keuntungan yang lebih spesifik untuk menilai kondisi janin sebelum lahir dibandingkan teknologi USG sebelumnya. Ketahui beberapa manfaat lainnya dari USG 4D berikut ini:

Baca Juga: Ketahui Apa Fungsi USG di Klinik USG dan Prosedur Pemeriksaannya

  • Dapat menampilkan gambar yang sangat jelas, sehingga dokter dapat langsung melihat jika terjadi kelainan pada janin.
  • Gambar yang diperlihatkan dari USG 4D dalam bentuk video, sehingga dapat memperlihatkan aktivitas janin lebih jelas secara langsung.
  • Calon Orang tua dapat melihat aktivitas bayi di dalam kandungan seperti tersenyum, bernapas, menelan, mengedipkan mata.
  • USG 4D dapat memeriksa detak jantung janin dan memperlihatkan kemungkinan kondisi kelainan janin, seperti bibir sumbing dan kelainan pembuluh darah.
  • Memeriksa apakah ada kemungkinan terjadi cacat lahir, misalnya spina bifida atau cacat jantung. Cacat lahir merupakan kelainan fisik yang dialami bayi ketika lahir.
  • Pemeriksaan USG 4D yang dilakukan pada trisemester ketiga dapat memberikan informasi terkait perkembangan janin serta kondisi kesejahteraan janin sebelum persalinan.
  • USG 4D memberikan pencitraan yang lebih akurat dengan merangsang janin dan bahkan perilaku embrio. Selain itu masalah neurologis seperti attention deficit hyperactivity disorder(ADHD), skizofrenia, epilepsi, atau autisme yang terjadi karena masalah perkembangan saraf prenatal juga dapat dideteksi.
  • Memeriksa apakah ada potensial kematian intrauterine.
  • Mengidentifikasi lokasi plasenta.
  • Mengidentifikasi apakah ada kelainan rahim dan panggul pada ibu hamil.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.