Ketahui Apa Fungsi USG di Klinik USG dan Prosedur Pemeriksaannya

IBU WOMEN CLINIC – Ultrasonografi atau yang dikenal dengan istilah USG adalah metode pemeriksaan yang sering dilakukan oleh ibu hamil. Sebenarnya, USG juga bisa dilakukan untuk mengetahui penyebab keluhan tertentu yang dialami seseorang terkait dengan organ dalam. Tidak hanya untuk memantau perkembangan janin, ini juga bisa dilakukan untuk mendeteksi penyakit tertentu secara dini. Pemeriksaan USG di klinik USG adalah teknik pemindaian dengan memanfaatkan gelombang suara berfrekuensi tinggi. Yang mana selanjutnya menghasilkan gambar atau citra dari kondisi organ atau jaringan dalam tubuh pasien.

Pemeriksaan USG dilakukan dengan memakai sebuah alat bernama transduser untuk memancarkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi. Penggunaan alat transduser tersebut bisa disesuaikan dengan keperluan diagnosis yang dilakukan. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju sekarang ini, USG telah menghadirkan hasil pencitraan yang lebih akurat. Dan hasilnya juga bisa digunakan untuk tujuan yang lebih spesifik. Beberapa jenis USG dan tujuan pemakaiannya diantaranya yaitu:

  • USG transrektal yang dilakukan melalui anus bertujuan untuk mengetahui masalah yang berkaitan dengan prostat pada pria.
  • USG transvaginal bertujuan untuk memperoleh pencitraan dari rahim dan ovarium.
  • Ekokardiogram yaitu prosedur untuk memperoleh gambaran dari kondisi organ jantung.
  • USG Doppler yang digunakan untuk mengetahui kondisi peredaran darah dalam pembuluh darah. Ini juga digunakan untuk memonitor denyut jantung pada janin.
  • USG abdomen digunakan untuk mendapatkan gambaran kondisi jaringan perut dan kondisi organ di dalamnya.
  • USG ginjal yang ditujukan untuk memantau struktur dan jaringan yang ada di sekitar ginjal.
  • USG payudara, untuk mendapatkan gambaran jaringan payudara.
  • USG mata ditujukan untuk memeriksa struktur pada organ mata.

Selain itu, pemeriksaan USG di klinik USG biasanya digunakan untuk memonitor perkembangan janin pada ibu hamil. Ini juga berfungsi untuk memantau struktur tengkorak, otak, dan jaringan di dalam kepala bayi. USG juga bisa dilakukan untuk membantu memandu dokter dalam pengambilan sampel jaringan tubuh dengan teknik biopsi.

Baca Juga: Konsultasikan Haid Tidak Teratur dan Lakukan Pemeriksaan dengan Dokter di Lab Kehamilan

Pada umumnya, dokter akan meminta Anda untuk berpuasa selama 8–12 jam sebelum melakukan USG, terutama jika pemeriksaan dilakukan di bagian perut. Hal ini karena makanan yang tidak tercerna dengan  baik dapat menghalangi gelombang suara. Sehingga akan berpengaruh terhadap gambar yang dihasilkan dan hasilnya menjadi tidak akurat. Sedangkan untuk USG yang dilakukan di organ dalam tertentu, misalnya kandung empedu, Anda akan diminta untuk tidak makan dan minum selain air putih. Biasanya ini dilakukan selama 6–8 jam sebelum pemeriksaan USG dilakukan. Hal ini diperlukan dengan tujuan agar kandung empedu tidak mengalami penyusutan ukuran.

Bagi ibu hamil yang ingin mengetahui kondisi perkembangan janinnya, dokter biasanya menganjurkan untuk minum air minimal 4–6 gelas sekitar 1–2 jam sebelum pemeriksaan USG. Hal ini bertujuan agar kandung kemih terisi, sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas gambar hasil USG. Sebelum anda melakukan pemeriksaan USG, Anda akan diminta untuk berbaring telentang. Selanjutnya, dokter akan mengoleskan gel khusus yang berguna untuk mencegah terjadinya gesekan antara kulit dan alat transduser

Pada saat pemeriksaan USG, alat transduser akan digerak-gerakkan di bagian tubuh yang akan diperiksa. Gerakan tersebut diperlukan guna  memantulkan kembali gelombang suara yang dikirim, sehingga dapat menghasilkan gambar yang baik. Selama melakukan prosedur pemeriksaan USG, dokter akan meminta Anda untuk mengubah posisi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas gambar hasil USG yang diperoleh. Setelah pemeriksaan USG selesai, maka dokter akan membersihkan gel yang telah dioleskan. Setelah hasil pemeriksaan USG diperoleh, dokter akan mengevaluasi dan menjelaskan hasilnya. Dokter juga akan membuat laporan mengenai hasil pemeriksaan USG tersebut.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.