Konsultasikan Haid Tidak Teratur dan Lakukan Pemeriksaan dengan Dokter di Lab Kehamilan

IBU WOMEN CLINIC – Setiap wanita yang sudah mengalami masa pubertas tentu akan mengalami haid atau menstruasi. Normalnya, haid akan datang secara teratur setiap bulannya dan berlangsung dengan durasi yang kurang lebih sama. Meski begitu, pada sebagian wanita haid atau menstruasi bisa saja datang secara tidak teratur. Dimana haid yang tidak teratur seperti menjadi lambat, cepat, bahkan lewat beberapa bulan dapat menjadi indikasi beberapa kondisi medis tertentu. Sangat penting untuk selalu memperhatikan siklus haid anda, apakah termasuk dalam kategori normal atau tidak lancar.

Siklus haid yang tidak teratur atau tidak lancar dapat dipicu oleh berbagai faktor. Mulai dari kondisi kejiwaan, ketidakseimbangan hormon, hingga berat badan yang tidak ideal. Kondisi haid tidak teratur sebaiknya jangan dibiarkan begitu saja, karena bisa saja menjadi gejala penyakit serius. Durasi normal untuk siklus menstruasi wanita yaitu 28 hari, tetapi hal tersebut bisa bervariasi dan berbeda pada setiap orang. Seorang wanita bisa dikatakan memiliki siklus menstruasi tidak teratur jika memiliki siklus haid lebih dari 35 hari. Ataupun jika lamanya siklus haid berbeda-beda setiap bulannya.

Menstruasi atau haid yang tidak teratur dapat terjadi jika ada perubahan metode kontrasepsi, ketidakseimbangan hormon, perubahan hormonal, atau sedang melakukan latihan fisik tertentu. Perawatan khusus untuk menstruasi tidak teratur selama pubertas dan sekitar menopause biasanya tidak diperlukan. Namun, jika menstruasi atau haid tidak teratur terjadi saat seorang wanita sedang merencanakan kehamilan, maka diperlukan pemeriksaan medis pada lab kehamilan.

Berbagai faktor dapat meningkatkan kemungkinan siklus menstruasi yang tidak teratur. Faktor yang paling utama yaitu berkaitan dengan produksi hormon. Dua hormon yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi yaitu estrogen dan progesteron. Beberapa perubahan gaya hidup bisa mempengaruhi keseimbangan hormonal. Diantaranya pubertas, menopause, kehamilan, dan persalinan, serta menyusui. Pada saat pubertas, tubuh akan mengalami perubahan yang besar. Dimana estrogen dan progesteron membutuhkan waktu beberapa tahun untuk bisa mencapai keseimbangan. Sehingga berdampak pada siklus menstruasi yang tidak teratur sering terjadi pada periode ini.

Baca Juga: Layanan Pemeriksaan Kesuburan dengan Dokter Spesialis Kandungan

Sebelum menopause, biasanya wanita sering mengalami menstruasi yang tidak teratur. Dimana jumlah darah yang keluar bisa bervariasi. Menopause akan terjadi ketika 12 bulan telah berlalu sejak periode terakhir menstruasi. Setelah menopause, maka seorang wanita tidak akan lagi mengalami menstruasi. Selain itu, kehamilan juga berpengaruh terhadap siklus menstruasi. Dimana selama kehamilan, maka menstruasi akan berhenti. Dan kebanyakan wanita tidak mengalami menstruasi pada saat mereka sedang menyusui.

Kontrasepsi juga dapat mempengaruhi perdarahan yang tidak teratur. Alat kontrasepsi (IUD) dapat menyebabkan perdarahan hebat. Sedangkan pil kontrasepsi dapat menyebabkan bercak di antara menstruasi. Ketika seorang wanita pertama kali menggunakan pil kontrasepsi, maka kemungkinan bisa mengalami perdarahan kecil yang umumnya lebih pendek dan lebih ringan dari periode normal. Kondisi ini biasanya hilang setelah beberapa bulan. Perubahan lainnya juga dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur, seperti:

  • Penurunan berat badan yang ekstrem
  • Kenaikan berat badan yang ekstrem
  • Stress emosional
  • Gangguan makan
  • Latihan ketahanan, seperti misalnya lari maraton
  • Sejumlah gangguan juga terkait dengan haid yang terlewat atau tidak teratur.

Haid atau menstruasi yang tidak teratur juga dapat mengindikasikan masalah kesehatan. Dan beberapa di antaranya dapat menyebabkan masalah lebih lanjut, seperti masalah kesuburan. Untuk itu, ketika siklus haid anda tidak teratur, segera konsultasikan dengan dokter kandungan. Jika diperlukan anda bisa melakukan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui kondisi kesehatan organ reproduksi dengan baik.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.