Pentingnya Melakukan Pemeriksaan Kesehatan ke Dokter Spesialis Kandungan Sebelum Menikah

IBU WOMEN CLINIC – Mempunyai kesibukan yang sangat padat adalah hal yang yang sedang dijalani oleh kebanyakan pasangan yang akan menjalani proses pernikahan. Tentunya  pasangan yang akan menikah umumnya akan sibuk untuk mempersiapkan dan mengurus segalanya untuk menyelenggarakan pernikahan. Lalu akan melewatkan pemeriksaan pranikah. Padahal tes kesehatan yang satu ini akan sangat penting demi kebaikan calon ayah dan ibu juga calon buah hati yang akan dimiliki nantinya. Oleh karena itu, apabila anda dan pasangan ingin menikah maka lebih baik perhatikan dulu mengenai jenis-jenis pemeriksaan yang penting dilakukan pada saat sebelum menjalani proses pernikahan.

Memeriksa kesehatan diri Anda dan pasangan ketika sebelum menikah, akan memiliki tujuan supaya mengetahui kondisi kesehatan dari diri Anda dan pasangan Anda pada saat itu dan riwayat masalah kesehatan apa saja yang yang kalian berdua miliki. Dengan mengetahui semua hal tersebut, maka dokter spesialis kandungan atau ahlinya akan dapat mengetahui atau mendeteksi secara dini berbagai risiko yang  akan terjadi. pemeriksaan kesehatan sebelum menikah juga bermanfaat untuk membantu Anda dan pasangan supaya dapat merencanakan untuk mempunyai keturunan.

Pemeriksaan-Pemeriksaan Kesehatan Pranikah

Pemeriksaan Darah

Pemeriksaan utama yang dilakukan adalah pemeriksaan darah karena penting dilakukan untuk mengetahui golongan darah dan rhesus. Anda dan pasangan Anda dapat menjalani pemeriksaan DPL, misalnya seperti cek HB, hematokrit, trombosit, eritrosit, dan leukosit. Dan juga secara LED. Manfaat yang didapatkan dari pemeriksaan darah ini juga seperti mengetahui kondisi kadar kolesterol upaya menghindari risiko risiko penyakit jantung koroner atau stroke.

Pemeriksaan TORCH

TORCH Merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena infeksi dari berbagai macam virus, Seperti toksoplasma virus, rubella virus, Cytomegalovirus (CMV), serta Herpes simpeks virus II atau HSV-II. Apabila anda terinfeksi virus virus jenis tersebut maka dapat dimungkinkan bahwa kesuburan anda dan pasangan bisa terganggu. Hal ini akan menyebabkan kesulitan untuk hamil atau  juga kemungkinan terjadinya keguguran pada saat masa kehamilan. Dengan melakukan pemeriksaan Torch, maka seorang dokter akan dapat mendeteksi sejak dini dan dapat mengatasi masalah yang berkaitan dengan virus tersebut.

Baca Juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Pergi ke Dokter Spesialis Kandungan

Pemeriksaan Kesehatan Reproduksi

Pemeriksaan organ reproduksi tentu perlu untuk dilakukan karena akan sangat membantu Anda dan pasangan yang ingin memiliki buah hati. Karena dengan pemeriksaan yang satu ini dapat membantu untuk mendeteksi gangguan mengenai kesuburan, sehingga apabila terdapat masalah akan segera diobati. Selain itu, terdapat pemeriksaan yang berpengaruh pada kesuburan Anda, yaitu tentang hormon-hormon yang terdapat di dalamnya.

Tes PMS (Penyakit Seksual Menular)

Pemeriksaan yang selanjutnya ini, juga cukup penting untuk dilakukan, karena bisa segera diobati apabila terdapat penyakit seksual pada salah diantara pasangan tersebut. Dan juga supaya tidak menular ke janin yang akan dikandung, mungkin juga akan berakibat fatal. Bahkan penyakit yang telah menulari si janin tersebut dapat membuat janin lahir dengan keadaan cacat.

Pemeriksaan Hepatitis B

Perlu untuk dilakukan pemeriksaan HBsAg untuk pasangan yang akan menikah dan ingin memiliki buah hati. Anda dan pasangan perlu untuk melakukan pemeriksaan ini supaya dapat mengetahui apakah terdapat penyakit hepatitis B dalam tubuh Anda dan pasangan. Virus yang satu ini bisa bertahan pada tubuh seseorang yang menderita penyakit hepatitis B dan hal ini juga akan mengganggu fungsi hati dari penderitanya. Virus Hepatitis B dapat menular melalui hubungan intim. Bahkan juga sama seperti penyakit seksual menular, yang dapat mengakibatkan bayi lahir cacat karena tertular penyakitnya.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.