Ibu Hamil Harus Tahu Keunggulan USG 4D untuk Ketahui Perkembangan Janin

IBU WOMEN CLINIC – Kelahiran anak adalah momen yang sangat ditunggu oleh setiap orang tua. Bahkan sebelum persalinan, para orang tua mencari tahu tentang perkembangan janin di dalam kandungan melalui pemeriksaan USG. Hal ini bertujuan untuk memastikan janin dalam kandungan telah berkembang dengan baik. USG juga bisa digunakan untuk mencari tahu jenis kelamin bayi dan mengetahui wajah janin. Bahkan, dengan USG perkiraan kelahiran bayi bisa diketahui.

USG kehamilan menggunakan gelombang ultrasound untuk menampilkan gambar janin yang ada di dalam kandungan. Saat ini tersedia pilihan USG bagi ibu hamil yang terdiri dari USG 3D atau 4D. Kedua jenis pemeriksaan USG tersebut tidak memiliki banyak perbedaan. Yang membedakan hanya pada gambar yang dihasilkan. Dimana pada USG 3D menghasilkan gambar yang diam, sementara untuk pemeriksaan USG 4D menghasilkan gambar yang bergerak. Sehingga memungkinkan dokter dan ibu hamil melihat kondisi janin lebih detail.

Ibu hamil baru bisa melakukan pemeriksaan USG saat usia kehamilan sudah memasuki 20 minggu. Namun, USG bisa dilakukan lebih awal jika dokter kandungan mencurigai adanya kehamilan kembar atau menentukan usia janin di dalam kandungan. Perlu untuk diketahui, jika usia kehamilan dan usia janin dalam kandungan itu berbeda. Usia kehamilan umumnya dihitung dari waktu menstruasi terakhir, meski proses pembuahan belum terjadi. Sedangkan, usia janin dalam kandungan dihitung berdasarkan pertumbuhan janin dalam kandungan, setelah proses pembuahan terjadi.

Sebenarnya, pemeriksaan USG 4D dilakukan jika ada indikasi medis. Seperti misalnya, ketika ada indikasi terjadinya kelainan perkembangan janin sehingga memerlukan pemeriksaan lebih mendetail. Dimana USG 4D memiliki keunggulan untuk memberikan hasil yang lebih mendetail. Beberapa keunggulan yang dihadirkan USG 4D meliputi:

1.    Dapat Melihat Wajah Janin

Sebenarnya, setiap jenis USG memungkinkan ibu hamil untuk melihat wajah janin. Akan tetapi gambar yang dihasilkan memiliki tingkat kejelasan dan detail yang berbeda. Pada pemeriksaan USG 4D, wajah janin akan terlihat lebih jelas dan lebih detail.  Dengan demikian ibu hamil bisa membayangkan bagaimana wujud janin dalam kandungan saat terlahir ke dunia.

2.    Perkembangan Janin Terlihat Lebih Jelas

Gambar bergerak yang dihasilkan oleh USG 4D, memungkinkan ibu hamil untuk bisa melihat perkembangan janin secara mendetail. Orang tua bisa melihat letak plasenta, struktur tulang, anggota tubuh, perkembangan organ internal, hingga aktivitas jantung janin dengan USG 4D. Selain itu, hasil pemeriksaan USG 4D juga memudahkan dokter kandungan dalam menemukan adanya gangguan perkembangan atau kelainan yang berpotensi dialami janin.

Baca Juga: Rutin Periksa Kehamilan di Klinik USG Untuk Mengetahui Risiko Kemungkinan Terjadinya Miom

3.    Mengamati Perilaku Janin Lebih Jelas

Pergerakan janin dalam kandungan akan terlihat lebih jelas dengan USG 4D. Ini akan menjadi momen pertemuan antara calon orangtua dan bayi dalam kandungan. Ini juga memungkinkan calon orang tua melihat ekspresi wajah janin, aktivitas yang dilakukan janin dalam kandungan. Seperti misalnya mengisap jempol dan menendang, serta mengetahui apakah janin sedang tertidur atau terbangun.

4.    Mengetahui Jenis Kelamin Bayi

Pemeriksaan USG 4D akan membantu dokter kandungan untuk mencari tahu jenis kelamin bayi. Dengan gambar bergerak yang lebih mendetail, maka jenis kelamin bayi bisa diketahui dengan lebih jelas.

USG 4D dilengkapi dengan kamera berteknologi tinggi yaitu High Definition (HD). Sehingga, menghasilkan gambar yang jelas dan mendetail. Dengan begitu, memungkinkan dokter kandungan untuk melihat kelainan yang mungkin terjadi pada janin dengan lebih mudah dan mendetail. Pemeriksaan USG adalah salah satu rangkaian pemeriksaan yang penting bagi ibu hamil. Hal ini akan menunjang kehamilan sehat dan persalinan yang berjalan dengan baik.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.