Rutin Periksa Kehamilan di Klinik USG Untuk Mengetahui Risiko Kemungkinan Terjadinya Miom

IBU WOMEN CLINIC – Menjaga kondisi kesehatan kehamilan sangatlah penting. Namun, tahukah anda jika 10% wanita hamil bisa saja mengalami miom. Kebanyakan kasus tersebut terjadi pada wanita hamil yang berusia 30 hingga 40 tahun. Sama seperti miom pada umumnya, miom yang terjadi pada saat kehamilan memiliki ukuran yang juga bervariasi. Dimana miom tersebut biasanya berkembang sebelum terjadi kehamilan. Untuk itu, melakukan pengecekan dan pemeriksaan di klinik USG penting untuk menunjang kesehatan rahim.

Miom yang terjadi di saat masa kehamilan umumnya sudah berkembang sejak sebelum kehamilan, dan baru diketahui saat melakukan pemeriksaan USG. Miom atau yang juga disebut sebagai leiomioma atau fibroid, merupakan tumor jinak yang tumbuh di dinding rahim dan terkadang di bagian luar rahim. Ukuran dari miom bervariasi, berkisar dari 1 millimeter (mm) hingga 20 sentimeter (cm).

Jika sebelum hamil miom tidak menimbulkan suatu gejala tertentu, kemungkinan miom yang terjadi saat hamil juga tidak menimbulkan gejala. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan jika kondisi tersebut dapat memunculkan gejala. Dimana gejala yang bisa muncul bergantung pada ukuran, jumlah, dan letak tumbuhnya miom tersebut. Berikut ini beberapa gejala miom yang bisa muncul, seperti:

  • Merasakan tekanan atau nyeri di dalam rongga panggul
  • Sering buang air kecil
  • Sembelit
  • Nyeri perut bawah
  • Nyeri punggung bawah
  • Perdarahan vagina

Pada wanita hamil, ukuran miom bisa bertambah semakin besar karena pengaruh hormon selama kehamilan. Namun, ukuran miom pada saat kehamilan juga bisa berkurang tanpa alasan yang jelas. Sekitar 10% hingga 30% wanita hamil dengan miom memiliki kemungkinan untuk mengalami komplikasi kehamilan. Misalnya seperti nyeri perut atau perdarahan ringan dari vagina. Wanita hamil dengan miom sebaiknya rutin mengecek kondisi kehamilannya dengan pemeriksaan USG.

Baca Juga: Pemeriksaan di Lab Kehamilan Bantu Cegah Risiko Mioma Uteri

Kondisi tertentu dapat meningkatkan risiko terjadinya keguguran dan persalinan prematur ketika miom terjadi saat kehamilan. Terjadinya miom saat kehamilan juga dapat menyebabkan posisi bayi menjadi sungsang, sehingga kemungkinan melahirkan secara Caesar lebih besar. Miom pada saat kehamilan juga dapat meningkatkan risiko terjadinya perdarahan pasca melahirkan. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pembentukan miom, diantaranya:

  • Hormon

Hormon Estrogen dan Progesteron merupakan jenis hormon yang diproduksi oleh ovarium. Kedua hormon tersebut yang menyebabkan dinding rahim tumbuh setiap siklus menstruasi. Dimana hal tersebut dapat merangsang pertumbuhan miom.

  • Kehamilan

Selama kehamilan, terjadi peningkatan produksi hormon Estrogen dan Progesteron. Sehingga dapat memicu pertumbuhan miom baru. Ini juga dapat mempercepat pertumbuhan miom yang sudah ada sebelumnya.

  • Riwayat keluarga

Riwayat keluarga yang memiliki miom seperti ibu, kakak, adik, ataupun nenek, dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami miom.

Meski miom umumnya tidak berbahaya dan merupakan tumor jinak. Namun, jika miom terjadi pada saat kehamilan, maka dapat mendorong miom berkembang dengan cepat. Miom yang tumbuh semakin membesar dapat mendorong janin, sehingga janin tersebut tidak dapat menempel pada dinding rahim. Kondisi ini bisa terjadi pada trimester pertama atau awal kehamilan. Sehingga, risiko terjadinya keguguran menjadi semakin besar.

Jika miom terus berkembang semakin membesar, maka hal tersebut dapat mendesak janin hingga plasenta yang tumbuh di bawah rahim. Kondisi tersebut yang kemudian mengakibatkan terjadinya pendarahan pada saat persalinan. Sangat penting melakukan pemeriksaan rutin selama pra kehamilan, kehamilan hingga pasca persalinan. Sehingga, kesehatan ibu dan bayi bisa lebih terjamin.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.