Keunggulan Apa Saja yang Didapatkan dari USG 4D?

IBU WOMEN CLINIC – Pasti ibu hamil yang baru saja mengetahui bahwa dirinya sedang hamil, sudah sangat sering mendengar hal tentang pemeriksaan-pemeriksaan dengan rutin kepada seorang dokter. Dengan menggunakan pemeriksaan tersebut ibu hamil dapat mengetahui kondisi janin yang ada dalam kandungannya menjadi lebih detail. Misalnya, seperti panjang badan jenis kelamin berupa janin berat badan dan bahkan hingga kelainan-kelainan yang diderita oleh bayi juga dapat diketahui.

Mungkin para ibu hamil bertanya-tanya apakah wajib untuk datang ke dokter untuk melakukan pemeriksaan USG 4 Dimensi? Tetapi, seorang ibu hamil pasti harus paham betul mengenai hal Mengapa seorang ibu hamil tersebut perlu melakukan sebuah pemeriksaan USG ketika pergi ke dokter kandungan,  sebelum mengenal lebih jauh tentang pemeriksaan ultrasonografi 4 dimensi. Seorang ahli di bidang di bidang obgyn, yaitu salah satu dokter kandungan, telah mengatakan bahwa pemeriksaan yang satu ini wajib dilakukan oleh ibu hamil salah satunya adalah pemeriksaan USG.

Bahkan pemeriksaan USG yang satu ini digunakan supaya dapat mengetahui dengan jelas dan detail mengenai keadaan janin, tentu hal ini didasarkan pada pemikiran seorang ahli obgyn. Contohnya untuk mengetahui apakah kondisi kehamilan ibu hamil sehat dan tidak ada komplikasi atau kelainan yang terjadi, untuk mengetahui letak janin, untuk mengetahui bagaimana posisi atau letak plasenta, dan juga mengetahui ukuran bayi seperti tangan bayi atau kepala bayi.

Keunggulan yang Didapatkan dari USG 4D

Dengan melakukan pemeriksaan USG maka seorang dokter dapat mengetahui apakah pertumbuhan seorang janin telah sesuai dengan usia kehamilan atau belum. Tetapi perlu diingat,  bukan hanya dengan pemeriksaan ultrasonografi saja untuk mendeteksi lebih dini tentang apa saja kelainan yang ada dalam pertumbuhan atau organ tubuh bayi.

Maka dari itu seorang ibu hamil perlu untuk melihat dan mengetahui dengan langsung tentang berbagai macam aktivitas dan kondisi pada janin. seperti misalnya saat sedang yang menguap, tersenyum,  dan sedang melakukan gerakan-gerakan lainnya.  yang menjadi tambahan lagi adalah,  seorang ibu hamil juga bisa mengetahui dengan detail dan jelas tentang bagian tubuh janin.

Baca Juga: Apa Saja Persiapan Kehamilan yang Dilakukan di Klinik USG?

Beberapa hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa USG 4D ini cukup begitu populer dalam kalangan ibu hamil. Dikarenakan terdapat banyak orang tua yang merasa penasaran ingin melihat bentuk buah hatinya. Pemeriksaan USG ini akan merekam pada saat janin bergerak. Pastinya para orang tua akan semangat untuk mengabadikan foto rekaman janin pada saat bergerak dalam bentuk.

Apakah Wajib Melakukan USG 4D?

Sebenarnya pemeriksaan ultrasonografi ini biasanya direkomendasikan atau disarankan dilakukan pada seorang ibu hamil yang memiliki faktor risiko tinggi. misalnya seperti seorang ibu hamil yang memiliki riwayat kelainan bawaan,  ibu hamil yang  mengidap diabetes, ibu hamil yang usianya di atas 35 tahun  atau seorang ibu hamil yang pada saat melakukan USG 2D atau 3D  ditemukan kesalahan atau masalah.

Namun, karena canggihnya dan beberapa keunggulan tersebut menjadikan begitu banyak ibu hamil untuk menginginkan melakukan pemeriksaan USG 4 dimensi walaupun tidak ada masalah pada kehamilannya. Seorang ibu hamil perlu untuk mendiskusikan hal ini dengan dokter kandungannya supaya mengetahui lebih lanjut apakah seorang ibu hamil membutuhkan pemeriksaan USG 4 dimensi atau tidak.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.