Cegah Risiko Masalah Kesehatan Organ Reproduksi dengan Rutin Periksa di Dokter Spesialis Kandungan

IBU WOMEN CLINIC – Menjaga kesehatan sistem reproduksi wanita sangatlah penting bagi setiap wanita. Karena sistem reproduksi tersebut memiliki fungsi penting yang beragam dan saling berkaitan antara satu sama lainnya. Ini memiliki beberapa bagian yang berfungsi untuk mendukung proses reproduksi bisa berjalan dengan lancar dan baik. Sistem reproduksi wanita dapat melaksanakan fungsinya dengan baik apabila memiliki anatomi yang normal. Ini juga dapat dipengaruhi oleh hormon reproduksi wanita. Setiap wanita perlu melakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan untuk mengetahui kondisi kesehatan reproduksinya.

Masalah kesehatan yang terjadi pada sistem reproduksi wanita tidak boleh dianggap sepele. Karena gangguan yang terjadi pada organ reproduksi wanita dapat memicu risiko penyakit bahkan bisa meningkatkan risiko masalah kesuburan. Sebagai wanita, sangat penting sekali untuk selalu menjaga kesehatan sistem reproduksi. Hal ini bertujuan agar terhindar dari berbagai risiko gangguan sistem reproduksi. Terdapat berbagai penyakit yang seringkali menyerang sistem reproduksi wanita, seperti:

Endometriosis

Ini merupakan kondisi yang seringkali ditemui pada wanita. Endometriosis adalah suatu kelainan yang muncul ketika jaringan yang membentuk lapisan endometrium yaitu dinding dalam Rahim, tumbuh di luar rongga rahim. Jaringan tersebut tumbuh di ovarium, usus, dan pada jaringan yang melapisi panggul. Karena hormonal dalam siklus menstruasi dapat menyebabkan jaringan tersebut terasa nyeri. Bahkan bisa meradang dan membesar hingga membentuk kista. Pertumbuhan jaringan tersebut dapat menyebabkan masalah kesuburan.

Cystitis

Ini merupakan sindrom klinis kompleks yang dapat diidentifikasi oleh peradangan akut atau kronis. Yang terjadi akibat infeksi pada lapisan kandung kemih. Wanita rentan mengalami infeksi kandung kemih karena saluran kencing yang lebih pendek dibandingkan dengan pria. Gejala yang muncul ditandai dengan sering berkemih, rasa nyeri di akhir berkemih, serta nyeri di bagian panggul. Selain itu, mungkin anda bisa merasakan sensasi terbakar ringan hingga nyeri yang cukup parah.

Mioma Uteri

Ini adalah sebuah tumor jinak yang terdapat pada lapisan dinding rahim yang terdiri dari otot dan jaringan fibrosa. Wanita pada usia subur biasanya mengalami kondisi ini, dimana ukuran pada mioma uteri ini sangat bervariasi. Mioma uteri cenderung terjadi pada wanita yang telah berusia 35 tahun ke atas. Gejala yang mungkin muncul diantaranya menstruasi yang lebih dari seminggu, pendarahan pada menstruasi yang berat, dan rasa nyeri pada bagian panggul. Selain itu, seseorang seringkali buang air kecil, merasa nyeri pada saat berhubungan seksual atau pada saat menstruasi. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan kesuburan bergantung pada ukuran dan lokasinya.

Baca Juga: Ketahui Fakta-Fakta Tentang USG 4D

Kanker Serviks

Ini merupakan jenis kanker yang disebabkan oleh infeksi virus HPV dan dimulai di leher Rahim. Yaitu bagian berbentuk silinder berlubang dan berfungsi untuk menghubungkan bagian bawah rahim wanita ke vagina. Gejala kanker serviks pada umumnya bisa dirasakan ketika kondisinya sudah menjadi stadium lanjut. Sehingga sangat penting sekali melakukan pemeriksaan pada mereka dengan faktor risiko untuk deteksi lebih dini. Gejala yang umumnya dikeluhkan yaitu perdarahan, keputihan dengan bau tidak sedap, nyeri pada saat buang air kecil, kesulitan untuk buang air besar, dan nyeri panggul.

HIV/AIDS

Ini adalah virus yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit. Ketika seseorang terkena HIV, maka ia dapat menularkannya pada pasangan ataupun janin yang dikandung. Dan penderita HIV akan lebih rentan terhadap serangan penyakit atau infeksi hingga kanker.

Sangat penting bagi wanita untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sistem reproduksi pada dokter spesialis kandungan. Sebaiknya, jangan anggap sepele gangguan dan masalah kesehatan pada sistem reproduksi. Segera lakukan pemeriksaan ketika anda mengalami tanda atau gejala yang berkaitan dengan masalah kesehatan sistem reproduksi.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.