Ketahui Fakta-Fakta Tentang USG 4D

IBU WOMEN CLINIC – Memiliki calon buah hati merupakan hal yang membahagiakan bagi setiap ibu di dunia. Seorang ibu selalu memberikan hal terbaik untuk memastikan kesehatan dan keselamatan buah hatinya mulai dari kandungan hingga dewasa nanti. Oleh karena itu, di masa kehamilan, calon ibu perlu untuk memperhatikan kesehatannya dan kesehatan bayi dalam kandungan dengan melakukan pemeriksaan secara rutin.

Salah satu pemeriksaan yang umum dilakukan di masa kehamilan adalah USG atau Ultrasonografi. USG tersedia dalam beberapa jenis mulai dari USG 2D, 3D dan yang terkini adalah USG 4D. Metode ultrasound 4D adalah alternatif yang bagus untuk pemeriksaan bagi calon ibu dan janin. Sebelum memilih untuk mendapatkannya, ada beberapa hal yang harus diketahui tentang USG 4D ini. Berikut fakta-faktanya.

1.     Perbedaan USG 4D dengan USG 2D

USG 3D dan 4D menawarkan gambar yang lebih detail daripada USG 2D standar. Jika tim dokter mendeteksi adanya masalah dengan kesehatan ibu atau bayi, maka dapat merekomendasikan pengujian diagnostik tambahan dengan USG 3D atau 4D.

2.     Ultrasonografi 3D dan 4D aman dan non-invasif

Teknologi ultrasound aman untuk ibu dan bayi. Baik USG 3D dan 4D menggunakan teknologi gelombang suara untuk membuat gambar area target. Salah satu manfaat utama dari USG 3D atau 4D adalah dapat menemukan kemungkinan cacat lahir dan masalah kesehatan yang mungkin belum tentu muncul pada tes pencitraan lainnya. USG 4D mungkin juga bisa mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang fitur dan wajah bayi tergantung pada tahap perkembangan janin.

3.     USG 4D Menangkap Gambar Dalam Bentuk Video

Pemindaian ultrasound 3D dapat menunjukkan gambar detail bayi. Gambar-gambar ini dikenali secara visual dengan warna oranye atau emas dan detail wajah, mata, hidung, mulut bayi, dan lain sebagainya. Ultrasonografi 4D merekam video bayi yang bergerak, menguap, dan bahkan tersenyum di dalam rahim. Satu-satunya perbedaan antara keduanya adalah gambar dan video yang sebenarnya.

4.     Waktu Tepat Untuk Melakukan Pemindaian 3D atau 4D

Jika ibu hamil memutuskan untuk melakukan pemindaian 3D atau 4D, waktu terbaik untuk melakukannya adalah antara  usia kehamilan 26 minggu  dan  30 minggu. Jika plasenta berada di depan rahim, maka akan mendapatkan gambar terbaik dari bayi jika mau menunggu sampai 28 minggu.

Baca Juga: Ibu Hamil Harus Pantau Kehamilan Dengan Rutin Periksa di Klinik USG

5.     Menggunakan Gelombang Suara Tinggi Untuk Membuat Film

Alih-alih melihat gambar 3D bayi, USG 4D dapat melihat video gerak. Gelombang suara melewati perut melalui rahim dan memantul dari bayi dalam bentuk gema, yang diterjemahkan di layar sebagai gambar bergerak. Ini berarti sang ibu dapat melihat bayi bergerak, menguap, atau menendang secara langsung.

6.     Melakukan USG 4D Adalah Opsional

Tergantung pada pusat pencitraan yang dikunjungi, dokter kemungkinan akan menggunakan USG 2D atau 3D. Meskipun USG 2D dianggap agak “jadul”, dokter menyelesaikan tujuan medis utama untuk USG, yaitu memantau perkembangan bayi, usia mereka, detak jantung, dan kesehatan serviks. Manfaat USG 3D adalah dapat mendeteksi cacat lahir tertentu yang terlewatkan oleh USG biasa, seperti bibir sumbing, dan memberikan gambar janin yang lebih realistis. Ultrasonografi 4D sangat keren karena menyediakan film janin secara real-time. Namun, biasanya hanya digunakan jika ada alasan medis tertentu, atau jika orang tua ingin melihat bayinya lebih jelas.

7.     USG 4D Dapat Membantu Mengukur Perkembangan Otak Pada Janin

Dalam studi yang mengukur peran USG 4D dalam penilaian perilaku janin, peneliti menemukan bahwa dengan mengamati gerakan janin dan ekspresi wajah selama 15-20 menit di setiap trimester. Ini dapat membantu memantau perkembangan pola perilaku perilaku janin sehingga dapat menentukan proses pematangan yang tepat untuk perkembangan sistem saraf pada janin.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.