Waktu Yang Paling Baik Untuk Melakukan USG 4D

IBU WOMEN CLINIC – Pasti akan selalu terasa sangat mendebarkan, menantikan sebuah kehamilan terlebih apabila pemeriksaan dengan menggunakan pemeriksaan test pack telah menunjukkan hasil yang positif. Anda mungkin akan merasakan sangat bahagia dan bercampur dengan rasa cemas haru atau bahkan takut. Karena terlalu mendebarkan ibu hamil terkadang masih bingung kapan saatnya untuk menjalani pemeriksaan pergi ke dokter kandungan untuk pertama kalinya.

Pemeriksaan kehamilan ini sangat berperan penting untuk menentukan kesehatan ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungannya. Selain untuk memastikan apakah benar-benar mengalami kehamilan, pemeriksaan ini juga dilakukan untuk membantu ibu hamil mempersiapkan diri sehingga kehamilan bisa berlangsung secara optimal sampai masa persalinan.

Test Pack Yang Positif Apakah Selalu Menandakan Kehamilan?

Alat test pack sendiri seringkali digunakan untuk memastikan sebuah kehamilan secara mandiri karena mudah didapatkan dan mudah digunakan, bahkan juga akurat. Testpack ini bekerja dengan cara mendeteksi kadar beta-hCG atau human chorionic gonadotropin dalam darah. Apabila alat ini digunakan dengan benar maka akurasinya dapat mencapai 97 hingga 99%. Beta-hCG merupakan hormon yang diproduksi oleh sel-sel pembentuk plasenta. Hormon yang satu ini telah dapat dideteksi pada saat usia kehamilan mencapai 4 minggu atau tidak mengalami menstruasi setelah lewat pada waktunya.

Menggunakan testpack pada masa ini biasanya memberikan hasil yang positif. Walaupun hasilnya yang cukup akurat hasil positif yang ditunjukkan pada testpack tidak bisa dijadikan sebagai satu-satunya penentu sebuah kehamilan. Pada umumnya, seorang ibu hamil harus tetap melakukan pemeriksaan USG untuk pertama kalinya supaya dokter bisa benar-benar memastikan kehamilan. Untuk sebagian perempuan, walaupun hasil pemeriksaan test pack-nya menunjukkan hasil yang positif, hal tersebut belum tentu mengalami kehamilan.

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab tespek menghasilkan positif, antara lain:

  • Penggunaan testpack salah sehingga menimbulkan dua garis samar pada tespek karena penguapan urine.
  • Embrio gagal melekat pada dinding rahim dikarenakan adanya miom kutil pada rahim atau rendahnya hormon progesteron serta kelainan bentuk rongga rahim.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu.
  • Janin diserap oleh tubuh ibu karena gagal berkembang.
  • Terjadi penyakit pada organ reproduksi.

Baca Juga: Waktu-Waktu Yang Tepat Untuk Pergi ke Klinik USG

Test pack yang menunjukkan hasil hasil positif juga bisa terjadi pada ibu hamil yang sedang mengalami kehamilan ektopik atau ibu hamil yang baru saja mengalami keguguran. Pada kehamilan ektopik sendiri perkembangan janin terjadi diluar rahim. Hal ini merupakan kondisi darurat yang harus segera ditangani oleh penanganan medis profesional.

Kapan Ibu Hamil Perlu Menjalani Pemeriksaan Kehamilan Pertama Kali?

Pertama kali saat dilakukan pemeriksaan kehamilan, maka harus dilakukan dengan sesegera mungkin. Ketika usai melakukan pemeriksaan test pack, lalu memperoleh hasil yang positif. Mungkin ini adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke dokter.

Ada beberapa anggapan keliru yang menyatakan bahwa terkadang pemeriksaan kehamilan tidak perlu dilakukan dengan segera, dikarenakan masih menunggu sampai janin terlihat saat pemeriksaan USG. Anggapan ini salah karena bisa membahayakan ibu hamil dan janin. Pemeriksaan kehamilan pertama kali tidak hanya berfungsi untuk mengkonfirmasi kehamilan namun juga berguna untuk menilai keadaan serta lokasi janin.

Supaya mendapatkan hasil yang akurat pemeriksaan USG pertama kali harus dilakukan dengan cara USG transvaginal. Dengan cara ini dokter bisa menilai dan melihat lokasi kehamilan seperti diluar atau didalam rahim, keadaan janin dan menentukan apakah keadaan kandungan cukup sehat untuk mendukung kehamilan. Inilah alasan mengapa harus dilakukan pemeriksaan kehamilan dengan secepat mungkin.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.