Pastikan Kehamilan Sehat Dengan Pemeriksaan Lab Kehamilan

IBU WOMEN CLINIC – Selama kehamilan, prioritas utama bagi ibu hamil adalah menjaga kesehatannya dengan baik. Hal tersebut perlu ditunjang dengan rutin melakukan rangkaian pemeriksaan kesehatan kehamilan ataupun lab kehamilan. Selain melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti ultrasonografi (USG), pemeriksaan laboratorium juga penting untuk dilakukan. Pada umumnya, banyak orang mengetahui pemeriksaan HCG digunakan untuk mendeteksi apakah anda sedang hamil atau tidak. Tapi tahukah anda jika ada serangkaian pemeriksaan laboratorium yang diperlukan untuk ibu hamil? Simak penjelasannya berikut.

Pada saat ibu hamil melakukan pemeriksaan kandungan untuk pertama kalinya, calon ibu dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan laboratorium atau lab kehamilan. Dimana hasil dari pemeriksaan lab kehamilan tersebut diperlukan oleh dokter kandungan untuk memastikan kondisi kehamilan anda. Umumnya, ibu hamil perlu melakukan pemeriksaan lab kehamilan awal yang meliputi pemeriksaan urine lengkap. Yaitu pemeriksaan kadar gula, protein dan bakteri yang terdapat dalam urine. Hal ini penting untuk mengetahui kemungkinan infeksi saluran kemih yang dapat menyebabkan kelahiran prematur, keguguran, bahkan hingga kematian janin.

Selanjutny ayitu melakukan pemeriksaan darah secara rutin. Salah satunya yaitu untuk mendeteksi kemungkinan terjadinya infeksi toksoplasmosis. Ataupun sipilis, klamidia, rubella, cytomegalovirus (CMV), dan herpes. Infeksi yang dialami oleh ibu hamil bisa berisiko pada keguguran, bayi lahir prematur, bayi kecil, dan kelainan atau kecacatan janin. Ibu hamil juga perlu untuk melakukan tes lab kehamilan guna mengetahui kadar hemoglobin atau sel darah merah. Tujuannya yaitu untuk mengetahui kemungkinan terjadinya anemia. Dimana kondisi penyakit tersebut dapat membuat ibu hamil menjadi mudah lelah. Kondisi ini juga sangat berisiko apabila terjadi perdarahan pada saat hamil serta melahirkan.

Calon ibu juga perlu melakukan tes lab kehamilan Golongan darah dan rehsus (Rh). Hal ini sangat penting untuk mengantisipasi apabila ada ketidaksesuaian golongan darah dan rhesus. Terutama pada ibu hamil yang memiliki golongan darah O dengan rhesus negatif. Dimana ketidakcocokan atau ketidaksesuaian tersebut dapat menyebabkan gangguan pada bayi. Baik itu gangguan berupa bayi kuning hingga kematian akibat terjadinya anemia pada janin. Pemeriksaan golongan darah dan rehsus (Rh) pada lab kehamilan ini sangat penting dilakukan apabila ibu hamil membutuhkan transfusi darah selama hamil ataupun pada saat melahirkan.

Baca Juga: Pahami Tentang Dokter Spesialis Kandungan Fetomaternal

Tes lab kehamilan juga penting dilakukan dengan melakukan skrining HIV dan penyakit menular lainnya. Pemeriksaan lab kehamilan tersebut penting dilakukan untuk mencegah risiko penularan dari ibu ke bayi yang dikandungnya. Dengan melakukan skrining lebih awal, maka hal tersebut dapat menurunkan risiko penularan. Dan membantu ibu dan bayi dalam kandungannya untuk mendapatkan penanganan lebih awal dengan melakukan diagnosa lebih awal.

Semua pemeriksaan dan tes lab kehamilan sangatlah penting dalam menunjang kondisi kehamilan yang sehat hingga menuju persalinan lancar. Ibu hamil bisa melakukan tes lab kehamilan pada klinik kandungan terpercaya dengan dokter spesialis kandungan profesional untuk hasil pemeriksaan yang akurat. Sebaiknya, anda memilih klinik kandungan yang menyediakan layanan lengkap seperti obstetri dan ginekologi. Dengan begitu, anda bisa mengetahui kondisi kehamilan serta kesehatan reproduksi dengan optimal dan hasil yang akurat.

Anda juga perlu untuk memilih klinik kandungan yang memiliki layanan USG 3D dan USG 4D yang menawarkan hasil pemeriksaan USG lebih jelas dan akurat. Bahkan hasil pemeriksaan USG 4D lebih detail dengan menampakkan kondisi bayi dalam kandungan melalui gambar video. Selalu lakukan pemeriksaan kehamilan anda dengan rutin pada dokter spesialis kandungan terpercaya.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.