Waktu-Waktu Yang Tepat Untuk Pergi ke Klinik USG

IBU WOMEN CLINIC – Pemeriksaan kehamilan atau dalam istilah medisnya merupakan Antenatal Care (ANC) adalah upaya yang digunakan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Dalam tujuan untuk memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan fasilitas kesehatan yang bisa diakses oleh masyarakat, serta pelayanan pemeriksaan kehamilan yang berkualitas. Dengan pemeriksaan kehamilan juga menjadi salah satu solusi yang efektif dalam menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Dilakukan dengan cara meningkatkan pertolongan persalinan yang dilakukan oleh tenaga medis terlatih yang disediakan oleh fasilitas pelayanan kesehatan.

Fasilitas pelayanan kesehatan bukan hanya rumah sakit saja, namun juga pada Puskesmas atau klinik kehamilan. Biasanya pemeriksaan kehamilan ini dilakukan USG atau ultrasonografi. Bila berbicara mengenai kehamilan, pemeriksaan USG atau ultrasonografi ini tidak pernah ketinggalan. Dan ultrasonografi merupakan tes yang paling dikenal luas oleh masyarakat. Namun, sebenarnya apa itu USG? USG kehamilan merupakan pemeriksaan yang menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi berguna untuk memperlihatkan kondisi bayi, rahim, plasenta, dan organ panggul lainnya.

Proses dari pemeriksaan USG sendiri ini tidak menyakitkan. Yang harus dilakukan pertama kali adalah ibu hamil dalam keadaan berbaring akan diolesi oleh gel khusus pada perut atau area panggul terlebih dahulu. Gel ini berguna untuk membantu gelombang suara berjalan dengan baik. Kemudian dokter akan menggerakan alat transduser di atas perut ibu. Dengan alat tersebut yang memancarkan gelombang suara berfrekuensi tinggi ke rahim ibu, setelah itu ibu dapat melihat gambar janin yang ada didalam perut pada layar monitor. Setelah pemeriksaan selesai gel akan dibersihkan dan ibu dipersilakan langsung untuk mengosongkan kandung kemih atau buang air kecil.

Pada umumnya ibu hamil bisa melakukan pemeriksaan USG saat kandungan sudah menginjak usia 16 sampai 20 Minggu. Tetapi, bagi ibu hamil yang merasa ada tanda-tanda masalah dengan kehamilannya, tidak ada salahnya untuk melakukan tes ultrasonografi atau USG ini sejak saat merasakan masalah tersebut. Pemeriksaan ultrasonografi pada masa kehamilan menginjak bulan ke 4 adalah hal yang paling ditunggu oleh seorang ibu hamil, hal ini disebabkan karena ketika waktu tersebut datang, maka ibu hamil telah bisa melihat jenis kelamin dan bentuk si janin yang ada dalam kandungan.

Baca Juga: Rangkaian Pemeriksaan Lab Kehamilan Apa Sajakah Yang Perlu Dilalui Ibu Hamil?

Mungkin beberapa dokter menganjurkan pemeriksaan USG dilakukan sebanyak 4 kali selama kehamilan. Yaitu pertama kali pada saat trimester pertama, yang kedua adalah pada saat trimester yang kedua, dan terakhir 2 kali saat trimester yang ketiga. Namun, jumlah ini juga tidak dapat dipastikan, bisa saja berubah tergantung dengan kondisi kehamilan dan indikasi medis tertentu. Sudah diketahui suhu ibu kan bahwa pentingnya melakukan pemeriksaan kehamilan, karena itu ibu hamil sangat diharapkan untuk bisa memantau dan menjaga kondisi kehamilan dirinya dan si bayi dengan lebih baik lagi. Ibu hamil dapat memecahkan kondisi kehamilan dengan dokter profesional dan terpercaya.

Waktu yang Tepat dan Manfaat USG

Pada trimester pertama kehamilan atau kurang dari 12 minggu berikut ini adalah tujuan dilakukan pemeriksaan ultrasonografi pada trimester pertama kehamilan, yaitu:

  • Mengkonfirmasi adanya kehamilan.
  • Memeriksa detak jantung si kecil.
  • Menentukan berapa lama usia kehamilan serta estimasi waktu lahir.
  • Mencari tahu kemungkinan adanya kehamilan kembar.

Trimester Kedua dan Ketiga

Pemeriksaan trimester kedua adalah pada saat 12 sampai 24 minggu kehamilan dan trimester ketiga pada saat 24 hingga 40 minggu kehamilan, berikut ini tujuannya:

  • Menentukan jenis kelamin janin.
  • Mengukur puncak rahim atau fundus uteri.
  • Memantau perkembangan dan posisi janin.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.