Pahami Tentang Dokter Spesialis Kandungan Fetomaternal

IBU WOMEN CLINIC – Kehamilan adalah masa-masa yang sangat penting bagi para calon orangtua khususnya calon ibu. Tidak jarang, ibu hamil rutin memeriksakan kehamilannya pada dokter spesialis kandungan. Tujuannya adalah untuk memiliki kehamilan yang sehat hingga proses persalinan yang lancar. Namun, apakah anda pernah mendengar mengenai pemeriksaan fetomaternal? Ini merupakan salah satu pemeriksaan yang dianjurkan bagi ibu hamil yang mengalami komplikasi selama kehamilan.

Fetomaternal adalah subspesialis dari bagian kebidanan (obestetri) dan kandungan (ginekologi). Secara lebih spesifik, ini memiliki tugas untuk menangani berbagai permasalahan atau komplikasi yang terjadi pada ibu hamil. Yanng mana terkait dengan penyakit maupun perkembangan pada diri dan bayi di dalam kandungan. Karena komplikasi kehamilan tersebut berisiko tinggi dan dapat mengancam keselamatan ibu dan bayi. Bukan hanya pada saat kehamilan, anda mungkin juga bisa mengalami komplikasi persalinan maupun mengalami masalah di masa nifas.

Komplikasi yang berbahaya bagi ibu hamil selama masa kehamilan dapat ditangani oleh dokter spesialis kandungan dengan subspesialis fetomaternal. Tidak hanya itu, masalah lainnya seperti kelainan bawaan (kongenital) janin, hingga permasalahan pada saat melahirkan dan setelahnya juga bisa ditangani. Ketika ibu hamil mengalami permasalahan tersebut, maka tidak menutup kemungkinan jika nantinya dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter subspesialis fetomaternal. Pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan ini perlu dilakukan oleh ibu hamil dengan kondisi medis tertentu sebelum kehamilan.

Perlu diketahui bahwa tidak semua ibu hamil perlu untuk menjalani pemeriksaan dengan dokter kandungan subspesialis fetomaternal. Terdapat beberapa kondisi tertentu yang memang perlu untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter kandungan subspesialis ini. Berikut ini beberapa kondisi ibu hamil yang perlu untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter subspesialis fetomaternal, seperti:

  • Ibu hamil yang mengandung bayi dengan cacat lahir atau dugaan komplikasi lainnya.
  • Ibu hamil yang memiliki riwayat keluarga dengan kelainan genetik sebelumnya.
  • Ibu hamil yang pernah melahirkan anak dengan cacat lahir sebelumnya.
  • Ibu hamil yang berusia 35 tahun atau lebih.
  • Ibu hamil yang pernah mengalami riwayat kehamilan tertentu sebelumnya, seperti keguguran, bayi lahir mati, bayi prematur, dan lain sebagainya.
  • Ibu hamil yang memiliki riwayat komplikasi kehamilan, seperti preeklampsia, diabetes gestasional dan lain sebagainya.
  • Ibu hamil yang mengalami kondisi medis serius pada saat hamil, seperti hipertensi, penyakit jantung, gangguan ginjal, gangguan hati dan lain sebagainya.
  • Ibu hamil yang memiliki kehamilan kembar dua, kembar tiga, bahkan lebih.
  • Ibu hamil mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Ibu hamil mengalami penyakit menular seksual.
  • Ibu hamil yang memiliki riwayat kejang, penyakit autoimun, hingga masalah pembekuan darah.

Baca Juga: Ketahui Kelebihan dan Manfaat Dari USG 4D

Kelainan yang terjadi pada janin bisa diketahui dengan pemeriksaan USG yang dilakukan oleh dokter kandungan. Idealnya, pemeriksaan USG ini dilakukan sebanyak tiga kali selama masa kehamilan. Pemeriksaan USG fetomaternal ini penting dilakukan sebagai salah satu cara antisipasi adanya kelainan yang terjadi pada janin. Pemeriksaan USG oleh dokter subspesialis fetomaternal bisa membantu mengetahui kondisi dan perkembangan janin di dalam kandungan. Terutama apabila bayi mengalami kecacatan.

Beberapa kondisi cacat lahir yang bisa dideteksi melalui pemeriksaan USG dari dokter subspesialis fetomaternal ini seperti Down syndrome. Kemudian spina bifida, Edward syndrome, hifrosefalus, dan lain sebagainya. Dokter subspesialis fetomaternal membantu untuk mengatahui kemungkinan adanya kelainan pada organ tubuh bayi. Misalnya seperti area dada, perut, ginjal, jantung, hingga wajah. Untuk itu, anda bisa mengetahui kondisi janin dengan baik, dan segera melakukan penanganan untuk mencegah komplikasi yang parah.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.