Rangkaian Pemeriksaan Lab Kehamilan Apa Sajakah Yang Perlu Dilalui Ibu Hamil?

IBU WOMEN CLINIC – Melakukan pemeriksaan kehamilan dengan pergi ke Lab Kehamilan adalah hal yang sangat penting pada masa kehamilan. Tujuannya adalah untuk memeriksa apakah benar terdapat janin yang ada dalam kandungan serta untuk memeriksa kondisi kesehatan ibu hamil dan janin tersebut. Lantas apa sajakah yang diperiksa pada saat proses pemeriksaan kehamilan di lab kehamilan? Sebenarnya atau pada dasarnya tujuan utama dari serangkaian pemeriksaan kehamilan merupakan supaya dapat menjaga kehamilan selalu sehat.

Bahkan bukan hanya untuk mengevaluasi seorang ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungannya, pemeriksaan kehamilan juga penting untuk memantau tumbuh kembang sang janin serta mendeteksi kemungkinan secara sedini mungkin apakah terdapat kelainan pada kehamilan ibu hamil ataupun sang janin.

Rangkaian Pemeriksaan-Pemeriksaan Kehamilan Yang Perlu Dilakukan Ibu Hamil

Pada saat melakukan pemeriksaan kehamilan, seorang dokter akan mengukur berat badan dan tanda-tanda vital pada tubuh seorang ibu hamil yang meliputi misalnya seperti laju pernafasan suhu tubuh tekanan darah dan denyut jantung ibu hamil. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan kandungan dan pemeriksaan fisik termasuk juga pemeriksaan Leopold. Selanjutnya setelah itu seorang dokter juga mungkin akan melakukan beberapa pemeriksaan penunjang misalnya seperti:

Tes Golongan Darah

Tes golongan darah mempunyai tujuan untuk mengetahui apakah ibu hamil memiliki golongan darah rhesus supaya bisa mengantisipasi kemungkinan adanya perbedaan rhesus antara ibu hamil dan janin. Selain itu juga untuk mengetahui golongan darah ibu hamil. Jika hasil tes darah seorang ibu hamil menunjukkan adanya rhesus negatif dan janin mempunyai rhesus positif maka kehamilan tersebut mempunyai resiko untuk terjadi inkompatibilitas rhesus. Dalam keadaan ini akan menyebabkan sang janin untuk mengalami anemia hebat dikarenakan pecahnya sel darah atau biasa disebut dengan anemia hemolitik pada saat bayi lahir. Hal ini dapat mengakibatkan bayi untuk mengalami penyakit kuning.

Pemeriksaan Hemoglobin

HB atau hemoglobin merupakan protein yang kaya akan zat besi yang ditemukan pada sel darah merah. Hemoglobin ini memungkinkan sel darah merah untuk mengangkut karbondioksida dari seluruh tubuh lalu dibuang melalui paru-paru serta menyalurkan oksigen untuk seluruh tubuh. Setiap ibu hamil sangatlah perlu untuk menjalani pemeriksaan yang satu ini supaya bisa mendeteksi apakah ada penyakit anemia. Tentu saja anemia ini sangat perlu dicegah dan diobati karena bisa mengganggu kesehatan ibu hamil dan janin. Anemia ini bisa memicu bayi untuk lahir secara prematur bahkan hingga mengalami keguguran.

Baca Juga: Hal-Hal Penting yang Harus Diketahui Tentang Dokter Spesialis Kandungan

Pemeriksaan gula darah

Pemeriksaan gula darah merupakan bagian dalam pemeriksaan kehamilan secara rutin. Pemeriksaan yang satu ini sangat penting untuk mendeteksi apakah seorang ibu hamil mengalami diabetes gestasional. Ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional lebih beresiko mengalami kelebihan berat badan atau kegemukan.

Skrining penyakit infeksi

Skrining penyakit yang satu ini adalah digunakan untuk pemeriksaan atau mendeteksi apakah ada penyakit infeksi pada ibu hamil. Skrining penyakit infeksi misalnya seperti TORCH, HIV, Hepatitis b, atau sifilis. Semakin cepat dideteksi oleh dokter maka infeksi akan semakin mudah untuk diobati.

Tes Genetika

Tas yang satu ini perlu dilakukan untuk menentukan apakah ibu hamil mempunyai kelainan genetik misalnya seperti thalasemia yang beresiko diturunkan kepada sang janin. Dengan mengambil sampel cairan air ketuban dan juga sampel darah janin, maka akan dapat dilakukan pemeriksaan genetik.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.