Ketahui Kelebihan dan Manfaat Dari USG 4D

IBU WOMEN CLINIC – Pemeriksaan USG atau Ultrasonografi menjadi kebutuhan bagi setiap ibu hamil guna memantau kehamilannya. Saat ini USG 4 dimensi atau 4D  menjadi salah satu jenis USG yang populer dikalangan masyarakat karena menghasilkan gambar yang lebih jelas. Melalui pemeriksaan USG ini anda tidak hanya melihat gambar, tapi juga bisa melihat video janin yang berada di dalam kandungan. Karena USG 4D menampilkan efek video seperti film, sehingga anda dapat melihat wajah si kecil ketika ia sedang tersenyum atau menguap.

Sebenarnya sama seperti USG 2 dimensi ataupun USG 3 dimensi, dalam pemeriksaan USG 4 dimensi juga dilakukan dengan gelombang suara berfrekuensi tinggi. Yang selanjutnya menghasilkan gambar ataupun video dari dalam perut. USG merupakan pemeriksaan yang umum dilakukan oleh wanita selama kehamilan. Pemeriksaan ini penting dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai kondisi janin dalam kandungan. Lewat USG ini, dokter kandungan juga bisa mendeteksi adanya gangguan medis tertentu, seperti bibir sumbing. Sehingga, dokter kandungan bisa segera melakukan penanganan yang tepat.

Kelebihan utama dari pemeriksaan USG 4D adalah hasilnya yang lebih jelas dan tampak nyata. Secara umum, kelebihan dari pemeriksaan USG ini tidak jauh berbeda dari pemeriksaan USG lainnya. Dimana pada umumnya pemeriksaan USG bermanfaat untuk:

  • Bisa menampilkan gambar janin sesuai dengan waktu pemeriksaan atau secara real-time
  • Tidak invasif
  • Tidak menggunakan radiasi, sehingga tidak berbahaya bagi janin maupun ibu
  • Interaktif karena petugas medis dapat menampilkan gambar dari berbagai sisi dengan menggerakkan probe(sebuah alat yang diletakkan pada permukaan perut)

Anda dapat melakukan USG 4 dimensi atau USG 4D kapan saja. Namun untuk mendapatkan hasil yang akurat, anda perlu melakukannya di antara usia kehamilan 26 hingga 30 minggu. Dimana pada waktu tersebut, bayi sudah memiliki kandungan lemak bawah kulit yang cukup banyak. Sehingga gambar permukaan kulit bayi hasilnya lebih sesuai dengan kondisi aslinya.

Baca Juga: Rutin Periksakan Kehamilan Anda di Klinik USG Untuk Kehamilan Sehat

Meski pemeriksaan USG ini bisa dilakukan oleh setiap ibu hamil, namun anda tidak harus selalu menjalani pemeriksaan USG 4 dimensi.  Umumnya, dokter spesialis kandungan akan merekomendasikan pemeriksaan USG 4D apabila ada kemungkinan cacat bawaan, kelainan kongenital, ataupun kondisi medis lainnya.  Beberapa kondisi berikut memerlukan pemeriksaan mendetail melalui USG 4D, seperti:

  • Neural tube defect
  • Foetal aneuploidy
  • Bibir sumbing
  • Mioma uteri atau polip rahim
  • Pendarahan subkorionik
  • Massa dalam ovarium

Pemeriksaan USG 4 dimensi atau 4D juga dibutuhkan untuk beberapa hal berikut:

  • Memastikan bahwa perkembangan janin dalam kondisi normal
  • Memastikan hari perkiraan lahir(HPL) dan usia kehamilan
  • Mendeteksi atau memastikan kehamilan ganda (kembar)
  • Memeriksa kondisi medis lain yang dapat mempengaruhi kehamilan
  • Memastikan posisi plasenta dalam rahim

Setelah melakukan pemeriksaan USG 4D, calon orangtua akan mendapatkan salinan film dari USG 4 dimensi atau 4D dari janin dalam kandungan. Dokter kandungan akan memberitahukan apabila ditemukan suatu kondisi pada janin yang tidak normal. Ataupun adanya gangguan dan masalah medis lainnya yang dapat memengaruhi kesehatan ibu hamil dan bayi dalam kandungannya. Pemeriksaan USG 4D ini direkomendasikan bagi ibu hamil yang memiliki risiko tinggi. Sehingga dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.