IBU WOMEN CLINIC – Kehamilan menjadi adalah masa-masa penting bagi para calon orangtua dan harus dijaga dengan baik. Setiap ibu hamil disarankan untuk selalu memeriksakan kehamilannya secara rutin dengan mengunjungi klinik USG. Dimana pemeriksaan paling umum bagi ibu hamil yaitu dengan USG yang bisa dilakukan minimal 4 kali selama kehamilannya. Dimana USG juga perlu didukung dengan pemeriksaan kehamilan secara rutin guna memantau perkembangan janin dari waktu ke waktu. Hal tersebut sangatlah penting untuk memiliki kehamilan yang sehat serta persalinan yang bisa berjalan dengan  baik.

Pemeriksaan kehamilan adalah agenda wajib yang harus dilakukan ibu hamil selama kehamilannya. Dengan melakukan pemeriksaan kehamilan rutin, maka anda bisa memantau bagaimana kondisi kesehatan bayi dalam kandungan. Pemeriksaan kehamilan bagi ibu hamil umumnya terdiri dari perawatan kesehatan prenatal yakni sebelum melahirkan. Dan selanjutnya postpartum yakni setelah melahirkan. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan kehamilan yang sehat dan persalinan yang aman, baik untuk ibu hamil maupun bayi yang sedang dikandungnya.

Pada umumnya, ibu hamil perlu untuk melakukan pemeriksaan kehamilan atau kunjungan pada klinik kandungan minimal 8 kali. Intensitas kunjungan tersebut bisa ditambah apabila usia kehamilan sudah memasuki 9 bulan. Ataupun ketika ibu hamil memiliki kemungkinan risiko yang membutuhkan intensitas pemeriksaan kehamilan lebih sering. Misalnya seperti ibu hamil yang berusia di atas 35 tahun, memiliki risiko melahirkan prematur, ataupun mengalami komplikasi kehamilan. Serta ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit tertentu, misalnya asma, anemia, diabetes, hipertensi, ataupun obesitas.

Pemeriksaan kehamilan sangatlah penting untuk kehamilan sehat dan menjadi suatu kewajiban bagi para calon orangtua khususnya ibu hamil. Karena anda perlu untuk memantau kondisi perkembangan janin pada kandungan secara langsung dengan bantuan dokter kandungan. Sehingga bisa dipastikan apakah janin dalam kandungan mendapatkan nutrisi dan gizi yang cukup dan perkembangannya berjalan dengan baik. Melakukan pemeriksaan kehamilan pada setiap trimester kehamilan memiliki manfaat penting yaitu:

Baca Juga: Dapatkan Kehamilan yang Sehat Dengan Rutin Cek Lab Kehamilan

Pemeriksaan pada trimester 1

Dokter kandungan bisa mengetahui usia kehamilan anda berdasarkan pada perhitungan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Dimana selanjutnya mengonfirmasi usia kehamilan ibu hamil melalui pemeriksaan USG. Perhitungan usia kehamilan menggunakan USG dapat dihitung dan diketahui berdasarkan ukuran janin.

Pemeriksaan pada trimester 2

Dokter kandungan akan memeriksa apakah ukuran janin sudah sesuai dengan usia kehamilan anda. Dokter kandungan juga akan melakukan pengecekan air ketuban, dan melihat ada atau tidaknya kelainan pada janin serta tulang janin.

Pemeriksaan pada trimester 3

Dokter kandungan akan memonitoring posisi janin, berat janin, ukuran kepala, dan tali pusar janin. Serta keadaan dan letak plasenta serta jumlah air ketuba untuk mempersiapkan proses persalinan.

Itulah tadi manfaat penting melakukan pemeriksaan kehamilan dalam setiap trimester kehamilan anda. Untuk memperoleh hasil pemeriksaan yang akurat, tentu anda harus memilih layanan kllinik USG profesional dan terpercaya. Dimana layanan tersebut menyediakan pelayanan kehamilan terbaik bagi anda. Seperti layanan konseling prakonsepsi, atau persiapan kehamilan sebagai langkah awal demi kehamilan yang sehat. Kemudian layanan pemeriksaan berkala kehamilan yang dilakukan sesuai dengan perkembangan janin.

Selanjutnya, layanan pemeriksaan kehamilan dengan ultrasonografi 3D atau 4D. Pemantauan kondisi pertumbuhan janin dengan Doppler dan growth chart  atau kurva pertumbuhan. Kemudian penapisan kelainan kromosom janin pada trimester pertama atau awal kehamilan. serta melakukan pemantauan kesejahteraan janin secara intensif dengan Cardiotocografi. Selalu periksakan kehamilan anda pada klinik USG terpercaya untuk kehamilan sehat dan menyenangkan.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.