Hal-Hal Penting yang Harus Diketahui Tentang Dokter Spesialis Kandungan

IBU WOMEN CLINIC – Cukup sering orang-orang mengira bahwa seorang dokter kandungan adalah dokter yang hanya bisa memeriksa ibu hamil saja. Namun, pada nyatanya ada banyak penyakit yang bisa ditangani oleh dokter spesialis kandungan. Obgyn merupakan akronim dari obstetri dan ginekologi. Anda mungkin cukup sering menjumpai dokter dengan predikat SpOG yang artinya sendiri adalah spesialis obstetri dan ginekologi. Pada umumnya, kesehatan reproduksi wanita, proses persalinan, dan masa kehamilan adalah masalah umum yang ditangani oleh dokter profesional dengan predikat spesial yang satu ini.

Pada umumnya, sebagian dokter obstetri dan ginekologi ini bisa bekerja seperti lainnya. Namun, juga ada dokter obgyn yang hanya menekuni bidang reproduksi wanita dengan mengambil spesialis lebih dalam. Obstetri adalah cabang ilmu ke kedokteran yang memiliki kualifikasi khusus untuk menangani kehamilan wanita. Disini bisa membantu wanita yang akan melakukan program kehamilan hingga menjalani masa kehamilan dan bahkan lepas proses persalinan sendiri. seorang dokter obstetri memiliki kompetensi untuk mengatasi suatu masalah masalah yang berhubungan dengan kehamilan.

Dokter obstetri tersebut, memiliki kemampuan untuk mendeteksi kehamilan beresiko tinggi serta membantu ibu hamil untuk menjalani persalinan melalui operasi caesar bila diperlukan. pada saat masa kehamilan dokter obstetri dapat melakukan hal-hal berikut ini:

  • Memantau kondisi kesehatan anda pada masa kehamilan yang mungkin bisa mempengaruhi perkembangan janin, contohnya gula darah infeksi tekanan darah atau kelainan genetik tertentu.
  • Memantau perkembangan anda dan janin melalui pemeriksaan ultrasonografi atau USG atau juga berbagai tes kehamilan lainnya.
  • Memberikan saran mengenai olahraga, diet, dan obat-obatan yang aman dikonsumsi selama kehamilan.
  • Membantu untuk meringankan nyeri gejala kehamilan yang kurang mengenakkan seperti kaki bengkak, heartburn, morning sickness, dan lain sebagainya.
  • Menjelaskan kepada Anda dan pasangan tentang proses persalinan dan segala opsi yang nanti akan menyertainya.
  • Menjawab semua pertanyaan Anda seputar masalah kehamilan serta perkembangan janin.

Baca Juga: Apakah Seorang Ibu Hamil Wajib Untuk Melakukan Pemeriksaan USG 4D?

Sedangkan ginekologi merupakan ilmu cabang kedokteran yang menangani kesehatan wanita secara keseluruhan terutama pada kesehatan reproduksi wanita. Spesialis ginekologi adalah tenaga profesional yang cocok dikunjungi apabila Anda ingin mencari solusi dari berbagai hal, contohnya:

  • Masalah yang berkaitan dengan menstruasi menopause kehamilan serta kesuburan.
  • Membantu dalam perencanaan keluarga, seperti memilih alat kontrasepsi dan melakukan sterilisasi.
  • Melakukan tindakan operasi untuk pengangkatan rahim atau tumor yang berada pada sekitar organ reproduksi.
  • Mendeteksi serta mengobati sindrom polikistik ovarium.
  • Memeriksa apakah ada gangguan pada ada infeksi saluran kemih.
  • Mendeteksi apakah ada masalah pada fungsi sistem reproduksi wanita, misalnya seperti ada atau tidaknya kista ovarium, endometriosis, penyakit radang panggul, fibroid rahim, luka pada vulva atau vagina, kongenital, abnormalitas, dan masalah-masalah lain yang sifatnya non kanker.

Mungkin bagi beberapa orang akan merasakan ketakutan dan tidak nyaman pada saat membicarakan dan memeriksakan hal mengenai sistem reproduksi. Hal itu dapat saja terjadi, maka dari itu menemui seorang dokter spesialis kandungan akan dapat menjadi masa-masa dimana membuat sebagian orang gugup dan malu.

Padahal di luar masa kehamilan memeriksakan organ reproduksi secara teratur sesuai kebutuhan adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi itu sendiri.

Tidak perlu khawatir untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan. Dikarenakan dokter kandungan memiliki beberapa sisi positif, seperti telah menempuh pendidikan keahlian atau spesialis untuk memeriksa, serta menangani berbagai penyakit dan keadaan yang berhubungan dengan organ reproduksi wanita. Termasuk persalinan dan komplikasi kehamilan, juga mampu mendeteksi dan memberi penanganan yang lebih menjurus untuk masalah kesehatan pada organ reproduksi dan kesuburan wanita.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.