Pentingnya Pemeriksaan Kanker Serviks Dengan Dokter Spesialis Kandungan

IBU WOMEN CLINIC – Kanker serviks adalah kanker yang menyerang pada bagian bawah rahim yaitu bagian leher rahim. Menurut WHO yang merupakan badan kesehatan dunia, kanker serviks merupakan salah satu kanker yang berbahaya. Sama halnya dengan kanker payudara yang jika tidak mendapatkan penanganan medis yang tepat itu dapat menimbulkan kematian.

Jenis Kanker Serviks

Menurut dokter spesialis kandungan, kanker serviks itu terbagi menjadi dua jenis. Yang pertama Karsinoma Sel Skuamosa atau biasa disingkat KSS. KSS merupakan jenis kanker serviks yang paling sering terjadi. KSS berawal menyerang sel skuamosa yaitu sel bagian luar rahim. Yang kedua yakni Aswnokarsinoma. Kanker serviks jenis ini berawal dari sel kelenjar pada saluran pada leher Rahim.

Gejala Kanker Serviks

Seperti pada penyakit lainnya, kanker serviks juga memiliki gejala atau tanda-tanda pada penderitanya. Serta tanda ini berupa tanda fisik sehingga mudah diketahui. Adapun tanda-tanda tersebut adalah:

1.     Pendarahan vagina yang tidak normal

Maksudnya adalah pendarahan itu lebih banyak ataupun lebih sedikit daripada normalnya saat menstruasi. Selain itu pendarahan juga terjadi pada saat memasuki masa menopause ataupun pendarahan saat berhubungan seksual. Oleh karena itu pendarahan yang tidak normal itu menjadi salah satu gejala kanker serviks.

2.     Keputihan yang tidak biasa

Keputihan biasanya menjadikan lendir mengalami perubahan warna, memiliki aroma yang tidak sedap, dan perubahan tekstur lendir. Gejala ini bisa saja diakibatkan penyakit keputihan atau penyakit yang lainnya juga. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memeriksakan ke dokter spesialis kandungan sedini mungkin.

3.     Nyeri saat berhubungan intim

Nyeri saat berhubungan intim ini biasanya terjadi pada area pinggul. Jadi sangat disarankan jika mengalami gejala ini untuk segera memeriksakan ke dokter spesialis kandungan.

4.     Buang air kecil meningkat

Maksudnya adalah frekuensi buang air kecil itu meningkat menjadi lebih sering. Jadi yang biasanya itu buang air kecil sehari empat kali maka bisa jadi menjadi sehari delapan kali.

Baca Juga: Keunggulan USG 4D dengan Hasil yang Jelas dan Lebih Mendetail

5.     Cepat lelah

Gejala ini termasuk salah satu gejala kanker serviks. Kelelahan ini diakibatkan dari pendarahan pada vagina sehingga mengakibatkan tubuh mengalami kekurangan sel darah merah yang menjadikan tubuh cepat merasa lelah. Gejala ini biasanya dirasakan setiap hari dan kelelahan ini tidak langsung hilang setelah melakukan istirahat.

6.     Pembengkakan pada tungkai

Gejala yang satu ini terjadi pada penderita kanker serviks yang menginjak stadium lanjut. Hal ini karena sel kanker sudah menyebar ke area pinggul dan mengganggu aliran darah. Sehingga terjadi pembengkakan karena penumpukan cairan pada tungkai.

7.     Kehilangan nafsu makan

Penurunan nafsu makan merupakan salah satu tanda penyakit yang umum. Tidak terkecuali penyakit kanker serviks ini. Penurunan nafsu makan terjadi karena penyebaran sel kanker yang mempengaruhi metabolisme tubuh. Hal ini menjadikan penurunan nafsu makan.

8.     Sembelit

Sembelit ini terjadi jika kanker serviks atau sel kankernya sudah mulai menyebar ke usus besar yang menjadikan sembelit. Biasanya sembelit ini terjadi pada penderita kanker serviks stadium lanjut.

9.     Terdapat bercak darah pada urine

Bercak darah ini terlihat saat sedang buang air kecil. Hal ini karena sel kanker telah menyebar pada bagian kandungan kemih. Sehingga menjadikan air kencing itu tercampur darah.

Selain gejala-gejala tadi, yang paling penting diketahui adalah ketika ada gejala apapun yang terjadi pada tubuh harus segera diperiksakan ke dokter. Karena semakin cepat penanganan akan menjadikan potensi sembuh itu lebih besar. Sama halnya dengan kanker serviks ini, jika sudah mulai merasakan gejala sangat disarankan untuk memeriksakannya kepada dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.