Keunggulan USG 4D dengan Hasil yang Jelas dan Lebih Mendetail

IBU WOMEN CLINIC – Ibu hamil tentu sudah sangat akrab dengan pemeriksaan rutin USG di dokter kandungan. Dengan pemeriksaan tersebut kondisi janin yang berada dalam kandungan bisa diketahui secara detail. Seperti misalnya panjang janin, lebar kepala, kondisi air ketuban, umur janin dan hari perkiraan lahirnya. Selain itu, anda juga bisa mengetahui berbagai informasi medis lainnya yang sangat penting dalam menunjang kesehatan ibu dan bayinya.

Saat ini, USG 4D menjadi pemeriksaan USG yang populer karena hasil USG yang lebih jelas dan terlihat secara detail. Tentu setiap calon orangtua penasaran dan ingin melihat wajah buah hatinya yang masih dalam kandungan serta mengetahui jenis kelaminnya. USG 4D atau 4 dimensi ini memberikan hasil pemeriksaan secara detail dalam bentuk gambar bergerak atau video. Pemeriksaan USG 4D ini memiliki tujuan dasar untuk mengetahui perkembangan dan kondisi janin di dalam rahim. Sehingga, jika terdapat masalah atau kelainan dapat ditangani secara cepat dan tepat.

Pada umumnya, pemeriksaan USG 4D direkomendasikan jika diketahui ada indikasi kelainan atau gangguan yang terjadi pada kehamilan. Dengan USG 4D tersebut dokter kandungan bisa menjelaskan secara mendetail, terkait kondisi janin dalam kandungan. Dalam pemeriksaan USG 4D tersebut, maka kondisi organ janin akan terlihat dengan jelas. Dengan USG ini dapat diketahui jumlah jari si kecil, pergerakan organ vitalnya seperti jantung dan paru-paru, serta aliran darahnya. Sehingga, memungkinkan anda mengetahui kondisi bayi dalam kandungan dengan lebih akurat.

Pemeriksaan USG 4D yang dilakukan di usia kehamilan 11-14 minggu dapat untuk mengindentifikasi kelainan yang mungkin terjadi hingga 85%. Seperti adanya kelainan pada kromosom, down syndrome hingga untuk mendeteksi kelainan jantung bawaan dini. Dengan mengetahui kelainan janin lebih cepat, tentu pengambilan tindakan medis akan lebih efektif. Pada usia kandungan 18-22 minggu, USG ini dapat mendeteksi kelainan kelainan pada janin secara struktural (detail amonaly scan). Sedangkan untuk usia 28-32 minggu bisa diketahui adanya kelainan kelainan pada pertumbuhan janin, letak plasenta, tali pusat, jumlah air ketuban, dan kelainan lainnya dengan akurat.

Baca Juga: Alasan Para Calon Ibu Harus Rutin USG di Klinik USG

Keunggulan pemeriksaan USG 4D yaitu dapat melihat gerakan janin, ekspresi wajah, tangan, kaki, serta jari jemari secara real-time. Melalui pemeriksaan USG 4D ini, anda juga dapat mengetahui denyut jantung bayi, serta mendeteksi adanya kelainan yang pada janin secara mendetail. Misalnya seperti bibir sumbing, atau kelainan yang terjadi pada pembuluh darah. Keunggulan lain yang dimiliki oleh USG 4D ini yaitu dilengkapi dengan kamera dengan teknologi High Definition (HD). Sehingga hasil gambar dari USG menjadi semakin jelas. Serta memungkinkan anda untuk melihat kelainan pada janin dengan lebih mudah dan mendetail.

USG 4D ini bisa dilakukan di usia kehamilan berapa pun, baik di trimester pertama, trimester kedua, maupun trimester ketiga. Meskipun demikian, bisanya pemeriksaan USG 4D ini lebih dianjurkan bagi ibu hamil dengan tingkat risiko masalah kehamilan yang tinggi. Namun, anda tetap bisa melakukan pemeriksaan USG 4D meski tidak mengalami risiko kehamilan apa pun. Waktu terbaik untuk melakukan USG 4D yaitu ketika usia kehamilan telah mencapai 24-30 minggu. Karena bentuk wajah janin sudah mulai terbentuk sempurna sehingga bisa terlihat dengan baik. Lakukan pemeriksaan USG pada layanan kesehatan ibu dan anak terpercaya.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.