Ibu Hamil Perlu Segera Pergi ke Lab Kehamilan Untuk Memastikan Kehamilannya

IBU WOMEN CLINIC – Pada saat seorang ibu hamil mengetahui dirinya sedang mengandung buah hati, tentu seorang ibu hamil tersebut akan merasakan perasaan yang begitu campur aduk. Merasakan senang dikarenakan akan mempunyai buah hati kecil namun juga mungkin merasa cemas sedikit karena akan menghadapi 9 bulan masa kehamilan. Lebih baik untuk melakukan hal-hal penting daripada merasakan cemas berlebihan setelah mengetahui bahwa anda sedang hamil.

Pada umumnya sendiri terdapat beberapa aspek yang harus dipersiapkan pada saat Anda mengetahui diri Anda sedang hamil. Yang pertama adalah aspek fisik karena untuk menghadapi berbagai macam tanda-tanda kehamilan, yang kedua adalah aspek psikis dan mental yang mungkin akan sering mempengaruhi Anda selama masa kehamilan, dan yang terakhir adalah aspek ekonomi keuangan.

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Setelah Mengetahui Kehamilannya

Dari beberapa aspek tersebut yang telah disebutkan sebelumnya maka berikut ini adalah beberapa hal yang harus ibu hamil lakukan setelah mengetahui kehamilannya:

Pergi ke Lab Kehamilan

Hal yang pertama kali yang perlu Anda lakukan setelah mengetahui kehamilan anda adalah dengan pergi ke lab kehamilan untuk memastikan apakah Anda benar-benar hamil.

Melakukan pemeriksaan kehamilan dengan rutin

Cukup penting untuk secara rutin melakukan pemeriksaan kehamilan dikarenakan untuk mengikuti panduan dokter secara rutin Anda juga tentunya harus melakukan pemeriksaan secara rutin. Dengan melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin maka kesehatan ibu hamil dan janin maka akan bisa terpantau dengan baik. Pemeriksaan ini dapat Anda lakukan mulai dari sekarang atau sejak trimester pertama kehamilan Anda, bahkan saat Anda baru saja mengatakan kehamilan anda.

Pada pemeriksaan awal kehamilan, dokter akan menyarankan anda untuk melakukan skrining beberapa infeksi atau penyakit misalnya seperti Hepatitis B, diabetes atau bahkan HIV. Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin maka anda akan memperoleh begitu banyak masukan dari dokter kandungan yang berkaitan dengan pola makan dan pola hidup sehat yang harus anda jalani selama masa kehamilan.

Baca Juga: Lakukan Pemeriksaan Pap Smear Dengan Datang ke Dokter Spesialis Kandungan

Mengenali tanda dan gejala bahaya kehamilan

Janin akan bertumbuh seiring dengan berjalannya waktu anda mungkin akan merasakan berbagai macam keluhan seperti kram perut, mual atau muntah. Walaupun dalam kondisi seperti ini merupakan hal yang pada umumnya sering terjadi pada ibu hamil namun apabila keluhan yang Anda alami terasa semakin berat, terlebih apabila tanda gejala perut kram yang yang anda keluhkan disertai dengan terjadinya pendarahan, maka anda harus atau wajib untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan.

Memulihkan diri apabila mengalami morning sickness

Sebagian ibu hamil akan merasakan morning sickness atau kondisi di mana ibu hamil merasakan muntah dan mual yang terjadi pada awal kehamilan atau pada trimester pertama kehamilan Anda. Cara yang bisa mengatasi masalah yang satu ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang tidak memicu rasa mual, misalnya seperti roti tawar atau biskuit.

Menjalani pola hidup yang sehat

Melakukan pola hidup yang sehat adalah hal yang sudah menjadi kewajiban seorang ibu hamil. Menerapkan pola hidup sehat sangat diperlukan karena dapat mendukung kesehatan dan perkembangan bayi yang ada dalam kandungan ibu hamil. Oleh karena itu maka anda perlu untuk mengonsumsi makanan yang bergizi, berolahraga ringan, menghindari stres, dan istirahat yang cukup. Cukup penting untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda dengan konsumsi makanan,, seperti buah-buahan, sayuran, ikan daging, dan telur yang dimasak sampai matang.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.