Alasan Para Calon Ibu Harus Rutin USG di Klinik USG

IBU WOMEN CLINIC – Setiap ibu hamil perlu memeriksakan kondisi kandungannya secara rutin dengan dokter spesialis kandungan. Dimana USG menjadi salah satu pemeriksaan yang penting dilakukan oleh ibu hamil selama masa kehamilan. Ultrasonografi atau yang lebih dikenal dengan istilah USG dibutuhkan untuk mengetahui kondisi kesehatan dan perkembangan bayi di dalam rahim. Teknologi yang digunakan untuk USG saat ini juga semakin canggih. Dimana ibu hamil bisa memilih jenis USG, 3D dan 4D.

Pemeriksaan USG sendiri merupakan salah satu prosedur pemeriksaan penunjang radiologi sehingga aman digunakan untuk ibu hamil. Tindakan USG ini biasanya dilakukan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Pemeriksaan USG dilakukan untuk membantu dokter kandungan memeriksa perkembangan janin selama masa kehamilan. Lewat pemeriksaan USG ini juga bisa diketahui jenis kelamin bayi.

Ketika membicarakan mengenai pemeriksaan kehamilan, USG menjadi salah satu tes yang paling dikenal oleh masyarakat luas. USG kehamilan ini adalah metode pemeriksaan yang menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi. Tujuannya untuk memperlihatkan bagaimana kondisi bayi, plasenta, rahim dan organ panggul lainnya. Prosesnya USG tidak menyakitkan. Melalui pancaran gelombang suara berfrekuensi tinggi pada rahim, maka ibu hamil bisa melihat gambar janin yang ada di dalam perut pada layar monitor.

Lalu, kapankah sebaiknya ibu hamil melakukan pemeriksaan USG? Pada umumnya, ibu hamil dapat melakukan pemeriksaan USG ketika usia kandungan sudah memasuki 16 sampai 20 minggu. Namun, bagi ibu hamil yang merasa ada tanda-tanda masalah dengan kehamilannya, sudah bisa melakukan tes USG sejak usia 4-5 minggu. USG yang dilakukan pada usia kehamilan 4 bulan memungkinkan anda untuk bisa melihat bentuk dan jenis kelamin bayi.

Pemeriksaan USG pada saat hamil sangat penting dilakukan, agar calon orangtua dan dokter kandungan dapat melihat kondisi bayi dalam kandungan secara menyeluruh. Misalnya seperti jenis kelamin bayi, pertumbuhan, perkembangan dan kesehatan bayi dalam kandungan. Pemeriksaan USG yang dilakukan oleh ibu hamil memiliki beberapa manfaat diantaranya:

Sebagai Diagnosis dan Konfirmasi Awal Kehamilan

Ketika ibu hamil merasakan adanya tanda-tanda kehamilan, untuk memastikan apakah anda benar sedang hamil adalah dengan melakukan USG. Selain itu, USG ini juga akan membantu anda mengetahui berapa usia kandungan dan perkiraan waktu lahirnya. Anda juga dapat mengetahui apakah bayi yang dikandung tunggal atau kembar.

Baca Juga: Persiapan Pemeriksaan Lab Kehamilan di Trimester Ketiga Agar Bayi Lahir Sehat dan Selamat

Memeriksa Denyut Jantung Janin

Lewat pemeriksaan USG, dokter kandungan dapat memantau jumlah denyut jantung bayi per menitnya. Hal ini penting untuk mengetahui apakah ada masalah dengan jantung bayi atau tidak. Denyut jantung yang dimiliki oleh bayi tentu bervariasi sesuai dengan usianya. Namun, apabila denyut jantung yang dimiliki bayi ternyata lemah, maka ibu hamil bisa berisiko untuk mengalami keguguran.

Memeriksa Plasenta

USG juga diperlukan untuk mengetahui posisi dan kondisi plasenta, apakah ada masalah atau tidak. Seperti misalnya kondisi plasenta previa dan abrupsio plasenta. Plasenta yang menghalangi jalan lahir bayi juga akan memengaruhi proses kelahiran bayi. Dengan mengetahui kondisi plasenta lebih dini melalui USG, maka dokter kandungan bisa memberikan penanganan yang tepat.

Pemeriksaan Sebelum Melahirkan

Memasuki trimester ketiga atau trimester akhir, pemeriksaan USG sangat penting dilakukan. Hal ini dibutuhkan untuk mengetahui ukuran bayi, apakah berat bayi terlalu rendah atau memiliki berat berlebih. Kemudian USG juga dibutuhkan untuk melihat bentuk fisik bayi, apakah dalam kondisi fisik yang normal atau tidak. Serta memantau volume air ketuban ibu hamil, dan yang paling penting yaitu untuk mengetahui posisi bayi. Karena hal tersebut yang nantinya menentukan apakah anda bisa melahirkan secara normal atau terpaksa harus menjalani operasi Caesar.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.