Persiapan Pemeriksaan Lab Kehamilan di Trimester Ketiga Agar Bayi Lahir Sehat dan Selamat

IBU WOMEN CLINIC – Menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan merupakan hal penting yang harus dilakukan selama kehamilan. Terutama ketika usia kehamilan telah memasuki trimester ketiga yang merupakan masa-masa penting dan krusial. Karena si kecil akan segera terlahir ke dunia. Pada trimester akhir, sangatlah penting untuk memastikan kondisi kesehatan calon ibu dan calon bayinya dalam kondisi baik dan sehat sebelum menuju proses persalinan. Hal ini bisa dipastikan dengan melakukan pemeriksaan laboratorium atau melalui pemeriksaan lab kehamilan.

Pemeriksaan lab kehamilan penting dilakukan sebagai acuan untuk melihat kondisi kesehatan ibu hamil dan janinnya dengan baik. Selain ditujukan untuk melihat kondisi kesehatan janin, pemeriksaan lab kehamilan pada trimester ketiga juga dapat mengetahui sejauh mana kesiapan ibu hamil dalam menghadapi persalinan. Hal ini juga bisa menjadi acuan bagi dokter kandungan untuk menentukan apakah ibu hamil perlu untuk melalui proses persalinan normal atau operasi.

Calon orangtua tentu perlu untuk menyiapkan yang terbaik bagi anaknya, termasuk persiapan kelahiran anak. Dimana calon ibu perlu memeriksakan kondisi kehamilannya lebih rutin pada trimester tiga atau trimester akhir kehamilan. Berikut ini pemeriksaan lab kehamilan yang biasanya dilakukan di trimester ketiga kehamilan untuk menunjang proses persalinan yang lancar.

Skrining Glukosa

Melakukan pemeriksaan skrining glukosa bertujuan untuk memeriksa risiko diabetes gestasional yang dialami calon ibu. Diabetes gestasional sendiri merupakan bentuk diabetes jangka pendek yang berkembang pada beberapa perempuan selama masa kehamilan. Penting bagi calon ibu untuk menjalani pemeriksaan skrining glukosa ini, terutama karena diabetes gestasional dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi bayi.

Tes Streptokokus Grup B

Pada usia kehamilan antara minggu ke-35 dan ke-37, dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan apakah ibu hamil mengalami infeksi streptokokus grup B (GBS). Bakteri GBS secara alami bisa ditemukan di vagina, yang mana dapat menyebabkan terjadinya infeksi serius pada bayi yang baru lahir.  Tes lab kehamilan ini dilakukan dengan mengambil sample dari vagina dan dubur. Jika hasil tes tersebut positif, ibu hamil harus segera untuk memeriksakan diri setelah proses persalinan. Ini bertujuan untuk mendapatkan antibiotik intravena (IV) yang akan membantu melindungi bayi dari infeksi yang terjadi.

Baca Juga: Perlunya Melakukan Tes Pap Smear Dengan Dokter Spesialis Kandungan

Tes Non-Stres

Calon ibu perlu untuk melakukan tes non-stres atau yang dikenal dengan NST pada kehamilan yang berisiko tinggi. Dokter kandungan biasanya juga melakukan tes ini untuk memeriksa kesehatan janin atau ketika tanggal kelahiran sudah lewat. Tes non-stres ini dilakukan untuk melihat apakah bayi dapat merespons rangsangan secara normal dan memperoleh oksigen yang cukup.

Tes Stres Kontraksi

Tes stres kontraksi akan merangsang uterus dengan hormon yang dikeluarkan tubuh ibu hamil pada saat melahirkan. Tes ini bertujuan untuk menentukan efek kontraksi pada denyut jantung yang dimiliki janin. Apabila pada tes-tes sebelumnya menunjukkan adanya masalah, dokter kandungan biasanya akan merekomendasikan tes ini. Dengan tujuan untuk melihat apakah denyut jantung bayi stabil selama kontraksi.

Skrining Antibodi RBC

Ibu hamil perlu untuk mengetahui golongan darahnya apakah A, B, AB, atau O, dan Rh positif atau negatif sebelum melahirkan. Sehingga dapat meminimalkan risiko ibu dan bayi yang mengalami permasalahan yang terjadi karena golongan darah yang berbeda. Skrining antibodi RBC ini juga penting dilakukan untuk melihat apakah antibodi ibu hamil (antiglobulin) yang bereaksi dengan antigen (protein atau faktor) pada sel darah merah janin. Jika ditemukan adanya reaksi, dikhawatirkan menyebabkan kondisi serius yang disebut sebagai penyakit hemolitik pada bayi baru lahir.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.