Seorang Ibu Hamil Perlu Mengetahui Keunggulan dari USG 4D

IBU WOMEN CLINIC – Pemeriksaan ultrasonografi atau biasa disebut orang awam dengan sebutan USG ini adalah salah satu prosedur medis yang disarankan untuk dilakukan pada seorang ibu hamil. Melalui pemeriksaan yang satu ini dokter kandungan akan dapat memeriksa kondisi bagian dalam tubuh ibu hamil dan janin melalui gambar atau video live. Pada umumnya pertama kali dilakukan pemeriksaan USG adalah pada saat usia kehamilan ibu hamil menginjak usia 4 hingga 6 minggu titik pada masa-masa ini kantung kehamilan sudah mulai terlihat. Namun, sedangkan untuk detak jantung ukuran dan bentuk janin pada umumnya membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama supaya bisa dideteksi dengan menggunakan pemeriksaan USG.

Keadaan seperti ini pada umumnya bisa terdeteksi ketika usia kehamilan ibu hamil menginjak lebih dari 7 minggu maka dari itu terdapat juga beberapa ibu hamil atau dokter kandungan yang menyarankan untuk melakukan pemeriksaan USG pertama kali pada saat usia kehamilan menginjak 7 minggu. Pemeriksaan ultrasonografi sendiri dibagi menjadi tiga jenis yaitu pemeriksaan USG 2 dimensi, 3 dimensi, dan 4 dimensi. Mungkin beberapa ibu hamil, yang baru saja mengetahui kehamilannya akan sering menanyakan kapan waktu yang tepat untuk menjalani pemeriksaan USG 4 dimensi ini?

Bergantung Pada Alasan Medis

Pemeriksaan ultrasonografi ini pada umumnya dilakukan atas dasar rekomendasi seorang dokter kandungan titik teknologi ultrasonografi ini terbilang cukup aman karena tidak memancarkan radiasi yang berbahaya untuk ibu hamil dan janin. Selain itu pemeriksaan USG juga adalah prosedur pemeriksaan yang tidak memiliki efek samping atau komplikasi serius dalam jangka panjang dan tentunya aman. Tetapi, dalam suatu waktu pemeriksaan yang satu ini bisa menyebabkan sensasi yang panas sementara pada letak pemeriksaan pada saat dilakukan atau perut ibu hamil. Lalu mungkin seorang ibu hamil juga bertanya-tanya mengapa harus melakukan pemeriksaan USG jenis 4 dimensi?

Pada dasarnya pemeriksaan ultrasonografi ini merupakan pemeriksaan yang disarankan untuk ibu hamil berisiko tinggi yaitu untuk ibu hamil dengan usia lebih dari 35 tahun. Direkomendasikan pula untuk ibu hamil yang mempunyai riwayat kelainan bawaan lahir, menderita diabetes, dan pernah ditemukan masalah pada saat pemeriksaan kehamilan USG 2 dimensi atau 4 dimensi. Tetapi karena kelebihan USG 4 dimensi ini ada begitu banyak ibu hamil yang menginginkan untuk melakukan pemeriksaan yang satu ini walaupun tidak memiliki gangguan kehamilan.

Baca Juga: Apa Saja yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Saat Berada di Klinik USG?

Kelebihan USG 4 Dimensi

Dari pada pemeriksaan USG 2 dimensi dan 3 dimensi, USG 4 dimensi ini dipercaya dapat menyajikan gambar bergerak seperti video. Karena itu seorang ibu hamil dapat melihat aktivitas seorang janin dengan lebih jelas misalnya seperti pada saat sang janin tersenyum menguap atau melakukan berbagai gerakan lainnya. Bukan hanya itu saja ibu hamil juga dapat melihat bagian tubuh janin dengan lebih detail dan nyata.

Ultrasonografi jenis ini juga dapat membantu seorang dokter spesialis kandungan untuk lebih dini mendeteksi apakah terdapat kemungkinan masalah gangguan atau ke abnormalitas yang terjadi pada janin serta kondisi organ organ janin. Maka dengan begitu seorang dokter akan dapat segera melakukan langkah-langkah penanganan dan pencegahan.

Menurut kacamata bidang kesehatan khususnya lingkup kedokteran ultrasonografi jenis 4 dimensi ini akan lebih efektif dan lebih detail daripada USG 2 dimensi. Misalnya seperti pada saat melihat cacat lahir atau kelainan yang terjadi pada janin. Seperti bibir sumbing yang akan sulit terlihat pada saat menggunakan USG 2 dimensi.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.