Perlunya Melakukan Tes Pap Smear Dengan Dokter Spesialis Kandungan

IBU WOMEN CLINIC – Kesehatan reproduksi wanita merupakan hal berharga bagi setiap  perempuan. Melakukan pemeriksaan rutin kesehatan reproduksi pada dokter spesialis kandungan tentu perlu dilakukan. Salah satunya tes pap smear yang wajib dilakukan oleh setiap wanita yang telah melakukan hubungan intim. Melakukan tes pap smear sangatlah penting untuk kesehatan Miss V, dan kesehatan reproduksi wanita secara menyeluruh. Tes pap smear juga menjadi cara paling efektif untuk mendeteksi ada tidaknya kanker serviks.

Mungkin masih ada sebagian wanita yang belum mengetahui dan mengenal tes pap smear. Ini merupakan prosedur pemeriksaan medis yang dilakukan pada bagian leher Rahim. Tujuannya untuk mengetahui tanda-tanda perubahan yang terjadi pada leher rahim. Pemeriksaan ini juga menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah anda memiliki virus HPV yang menjadi indikasi kanker serviks. Tentunya dengan melakukan deteksi kanker serviks sedini mungkin, maka dapat memperbesar persentase kesembuhan terhadap kanker serviks yang bisa menancam jiwa.

Manfaat dilakukannya tes pap smear memang digunakan untuk mengetahui kondisi kesehatan leher rahim (serviks). Ataupun digunakan untuk menemukan adanya perubahan abnormal yang mungkin tejadi pada sel-sel leher rahim (serviks). Oleh karena itu, setiap wanita disarankan untuk melakukan pemeriksakan kesehatan leher rahim (serviks) secara rutin dengan menjalani tes pap smear dengan berkala.

Jadwal untuk melakukan tes pap smeaar berbeda untuk masing-masing wanita. Hal ini tergantung dari hasil konsultasi dengan dokter spesialis kandungan, usia, dan risiko yang dimiliki untuk terkena penyakit leher rahim. Wanita yang telah berusia di atas 30 tahun, biasanya perlu melakukan tes pap smear ini bersamaan dengan tes HPV. Ini karena pada rentang umur tersebut wanita lebih berisiko untuk terkena penyakit leher rahim yang disebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma Virus). Biasanya pemeriksaan tersebut juga akan diikuti dengan pemberian suntikan vaksin untuk mencegah terjangkit oleh virus HPV.

Baca Juga: Calon Ibu Harus Tahu Apa Itu USG 4D dan Manfaatnya

Ketika anda mengalami gejala-gejala tertentu terkait dengan organ reproduksi, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan. Beberapa gejala yang perlu untuk diwaspadai yaitu:

  • Kemerahan atau ruam merah di sekitar vagina
  • Terdapat luka, benjolan, ruam, lecet, atau kutil di daerah vagina
  • Gatal-gatal sekitar vagina
  • Merasakan nyeri saat buang air kecil
  • Merasakan nyeri saat melakukan hubungan intim
  • Keputihan yang abnormal, seperti bau, warna, tekstur keputihan yang berbeda dari biasanya.
  • Keputihan yang berlebihan
  • Pembengkakan pada daerah sekitar vagina
  • Aroma atau bau yang tidak biasa dan cenderung menyengat

Pemeriksaan pap smear sebaiknya dilakukan setidaknya satu tahun bagi wanita yang sudah melakukan hubungan intim. Selain itu, terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan seorang wanita disarankan untuk lebih sering melakukan pemeriksaan ini. seperti misalnya seorang wanita yang ternyata terinfeksi penyakit HIV. Kemudian wanita yang menggunakan kortikosteroid, yaitu melemahnya imunitas tubuh sebagai dampak dari melakukan kemo. Serta adanya suatu indikasi pertumbuhan sel-sel kanker yang terjadi pada pemeriksaan sebelumnya.

Pemeriksaan pap smear sama sekali tidak menimbulkan rasa sakit pada anda. Pengambilan sampel untuk tes ini juga tidak membutuhkan waktu lama. Prosedur yang dilakukan juga sederhana, cukup dengan mengambil sampel di daerah leher Rahim. Dimana hal tersebut dilakukan dengan menggunakan spekulum yang dilanjutkan dengan pengambilan sampel, atau disebut juga dengan scraping. Jadi, tidak perlu ragu untuk melakukan tes pap smear ketika anda telah memenuhi syarat untuk melakukannya.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.