Calon Ibu Harus Tahu Apa Itu USG 4D dan Manfaatnya

IBU WOMEN CLINIC – Melakukan pemeriksaan kehamilan perlu dilakukan secara rutin ketika seorang wanita tengah mengandung. Hal tersebut perlu dilakukan untuk memantau kesehatan calon ibu serta bayi yang asa di dalam kandungannya. Salah satu metode yang bisa dilakukan untuk melihat kondisi perkembangan bayi yaitu dengan prosedur Ultrasonografi atau dikenal dengan istilah USG. Salah satu jenis USG yang saat ini sedang populer yaitu USG 4D. Yuk, ketahui lebih lanjut penjelasan lengkap mengenai USG 4D berikut ini.

Apa itu Prosedur USG 4D?

Ultrasonografi atau yang lebih dikenal dengan istilah USG adalah suatu prosedur yang dapat dilakukan untuk mengetahui perkembangan janin. Saat ini telah tersedia prosedur USG 4 dimensi atau USG 4D. Dimana prosedur USG ini dilakukan untuk melihat gerakan janin atau bayi secara nyata dan lebih jelas di dalam rahim. Melalui prosedur USG 4D ini calon ibu bisa melihat bentuk wajah bayi secara mendetail hingga pergerakan bayi dengan lebih jelas. Pemeriksaan USG 4D sangat direkomendasikan untuk memantau kondisi janin bagi ibu hamil yang memiliki risiko kesehatan.

Kapan Waktu yang Tepat Melakukan USG 4D?

Prosedur USG sudah bisa untuk dilakukan oleh ibu hamil sejak memasuki kehamilan di trimester pertama. Hal ini dilakukan untuk memeriksa bagaimana kondisi perkembangan janin dengan baik. Serta mengetahui mengenai usia kehamilan anda serta perkembangannya. Biasanya, ibu hamil akan direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan USG 3D maupun 4D pada saat memasuki trimester 2 dan trimester 3 pada masa kehamilan. Pada trimester tersebut, bayi telah memiliki kandungan lemak yang cukup. Sehingga, calon orangtua bisa melihat tubuh bayinya dengan lebih jelas.

Kelebihan Prosedur USG 4D

Sama halnya seperti prosedur USG lainnya, USG 4D ini juga menggunakan gelombang suara untuk menampilkan kondisi kehamilan. Mulai dari keadaan rahim, wujud janin, hingga gangguan yang mungkin terjadi di dalam kandungan. Teknologi pada prosedur USG 4D lebih canggih, dengan hasil pemindaian yang lebih jelas. Berikut ini beberapa kelebihan prosedur USG 4D, seperti:

Baca Juga: Persiapan Sebelum Melakukan Pemeriksaan di Klinik USG

1.     Menyajikan Gambar Bergerak Seperti Video

Prosedur USG 4D menyajikan gambar bergerak seperti layaknya sebuah video. Dengan prosedur USG ini, ibu hamil bisa melihat aktivitas janin secara lebih jelas, seperti ketika bayi sedang tersenyum, menguap, ataupun gerakan-gerakan lainnya. Tidak hanya itu, dengan USG 4D ini anda juga bisa melihat bagian tubuh janin secara lebih jelas dan nyata.

2.     Memudahkan Dokter untuk Mendeteksi Gangguan pada Janin

Prosedur USG 4D tidak hanya membantu calon orangtua untuk melihat perkembangan bayi dalam kandungan ibunya. Prosedur USG ini juga dapat membantu dokter spesialis kandungan dalam mendeteksi kemungkinan terjadinya gangguan atau abnormalitas pada janin. Ini juga dapat digunakan untuk memantau kondisi organ-organ tubuh janin. Sehingga, bisa memudahkan dokter kandungan anda untuk segera melakukan langkah-langkah penanganan, apabila ditemukan adanya gangguan.

3.     Sebagai Salah Satu Prosedur untuk Memastikan Diagnosis

USG 4D sebagai salah satu prosedur diagnosis dalam memantau kondisi kehamilan ini bisa dikombinasikan dengan beberapa prosedur medis lainnya. Seperti prosedur medis amniosentesis atau pengambilan sampel cairan ketuban, pemeriksaan darah, hormon, atau kromosom. Prosedur tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memastikan hasil diagnosis dokter spesialis kandungan terhadap kondisi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Dimana selanjutnya dilakukan penanganan sesegera mungkin sesuai dengan kebutuhan.

Secara khusus prosedur USG 4D dilakukan untuk memeriksa kondisi perkembangan bayi dan mencari kelainan bawaan. Prosedur ini dilakukan untuk mendiagnosis kemungkinan adanya ketidaksempurnaan pada janin. Kemudian mengamati penampilan dan gerakan bayi dan melihat karakteristik bayi yang berpotensi mengalami down syndrome. Serta melihat kadar air ketuban apakah lebih, kurang, atau cukup. Singkatnya, USG 4D dilakukan dengan tujuan pemeriksaan medis yang dapat mencegah risiko adanya masalah ataupun gangguan pada kehamilan.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.