Apa Saja yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Saat Berada di Klinik USG?

IBU WOMEN CLINIC – Pemeriksaan ultrasonografi atau biasa disebut dengan USG adalah pemeriksaan dengan menggunakan teknik penampilan gambar atau video dari kondisi bagian dalam tubuh. Alat USG atau alat medis yang digunakan adalah dengan memanfaatkan gelombang suara yang mempunyai frekuensi tinggi supaya bisa mengambil gambar tubuh bagian dalam seorang ibu hamil. Misalnya seperti pada jaringan lunak atau organ-organ tubuh ibu hamil. Pemeriksaan USG ini biasanya digunakan atau dilakukan supaya tim medis bisa mendapatkan ketepatan pada saat mendeteksi suatu penyakit. Dengan kata lain bahwa pemeriksaan ultrasonografi ini adalah pemeriksaan yang bisa menunjang dokter untuk membantu mengidentifikasi penyakit pada seseorang.

Mengapa Harus Pergi ke Klinik USG?

Teknologi yang berkembang telah membuat hasil pencitraan ultrasonografi bukan saja dengan lebih akurat namun juga dialihfungsikan menjadi lebih spesifik. Tujuan melakukan pemeriksaan USG adalah seperti untuk memperoleh visualisasi jaringan perut dan organ dalamnya, memonitor denyut jantung janin yang biasanya dengan menggunakan teknologi Doppler, mengetahui apakah terjadi masalah dalam prostat, mengetahui jenis kelamin bayi, memperoleh gambar rahim dan ovarium, memperhatikan perkembangan janin yang ada dalam kandungan ibu hamil, melihat visualisasi bentuk janin dengan menggunakan USG mata, dan ada masih banyak lainnya manfaat dari pemeriksaan ultrasonografi ini.

Kapan Seorang Ibu Hamil Harus Pergi ke Klinik USG?

Pemeriksaan yang satu ini pada umumnya dilakukan dengan rekomendasi seorang dokter. Tetapi hal yang perlu diingat adalah pemeriksaan USG bukan hanya difungsikan untuk memeriksa berbagai macam masalah ah atau hal yang berkaitan dengan kehamilan namun pemeriksaan USG juga digunakan untuk memeriksakan kondisi kesehatan lainnya. Ultrasonografi juga bisa digunakan untuk alat yang dapat mendiagnosis atau mendeteksi suatu penyakit hingga alat bantu pada saat proses pembedahan tingkat tertentu. Misalnya dengan menggunakan metode biopsi atau pengambilan sampel jaringan atau bahkan juga hal-hal yang telah disebutkan di atas.

Seiring dengan perkembangan zaman pemeriksaan USG ini terbilang aman disebabkan karena tidak memancarkan radiasi. Selain itu pemeriksaan ultrasonografi adalah prosedur yang tidak memiliki efek samping atau komplikasi serius dalam jangka panjang dan tentunya akan sangat aman. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, apabila melakukan pemeriksaan ini bisa menyebabkan sensasi panas karena hal tersebut akan bertahan sementara saja pada letak pemeriksaan pada saat dilakukan.

Baca Juga: Apa Saja Pemeriksaan Ibu Hamil yang Dilakukan di Lab Kehamilan?

Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Melakukan USG?

Mungkin ada beberapa ibu hamil yang bertanya-tanya bagaimana mengenai prosedur pemeriksaan USG kehamilan? Atau apa yang harus dilakukan sebelum menjalani USG tersebut? Pada awal-awal kehamilan atau pada saat trimester pertama kehamilan anda pada saat anda melakukan USG, biasanya anda perlu untuk mengisi kandung kemih anda dengan cara minum 2 hingga 3 gelas air putih pada satu atau dua jam sebelum melakukan pemeriksaan. Hal yang satu ini dibutuhkan supaya ya Anda bisa mendapatkan video atau gambaran gambaran yang jelas dan signifikan pada janin anda dan alat reproduksi anda.

Untuk lebih baiknya anda tidak perlu mengeluarkan urine Anda hingga pemeriksaan ultrasonografi selesai dilakukan. Disamping itu pada saat sebelum memulai pemeriksaan sebaiknya Anda juga memberitahukan obat-obatan apa yang sedang anda minum baik obat herbal alami atau obat-obatan medis, selanjutnya adalah mengikuti petunjuk spesifik dari dokter Anda.

Pemeriksaan USG dalam bidang kehamilan sangat diperlukan untuk mengetahui kemungkinan apakah mengalami kehamilan ganda atau mengetahui perkembangan janin bahkan hingga mengetahui adanya ketidaknormalan pada janin. Pemeriksaan USG ini adalah pemeriksaan yang cukup sering dilakukan ibu hamil karena tidak nyeri, tidak invasif, dan aman untuk janin.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.