Persiapan Sebelum Melakukan Pemeriksaan di Klinik USG

IBU WOMEN CLINIC – Pemeriksaan ultrasonografi atau USG penting dan sangat dianjurkan untuk calon ibu di masa kehamilannya. Pemeriksaan ini selain dilakukan untuk mengetahui jenis kelamin dan jumlah janin, USG juga dilakukan untuk mendeteksi perkembangan dan masalah pada janin yang ada di dalam kandungan.

Ibu hamil dapat melakukan USG pertama saat usia kehamilan menginjak tujuh minggu atau lebih. Waktu ini dapat memberikan hasil yang lebih jelas mengenai ukuran, kesehatan dan perkiraan lahir janin. Pemeriksaan USG dianjurkan hanya dilakukan tiga kali selama masa kehamilan. Yakni sebaiknya pada trimester pertama, kedua dan saat mendekati waktu persalinan.

Ada beberapa persiapan yang perlu calon ibu persiapkan sebelum melakukan pemeriksaan USG. Yang pertama yakni mengetahui jenis USG dan memilih dokter yang tepat. Seiring perkembangan teknologi, kini sudah berkembang metode USG yang tidak hanya dapat memeriksa bayi dalam tampilan dua dimensi. Namun sudah tersedia metode USG tiga dimensi atau empat dimensi.

Dari 3 pemeriksaan tersebut, USG 2D tetap menjadi metode pencitraan utama untuk memeriksa kondisi dan mendiagnosis kelainan janin. Terutama pada 3 bulan pertama kehamilan. Meskipun ini hanya gambar hitam putih, tes ini memungkinkan dokter untuk mendeteksi ukuran bayi, jumlah cairan ketuban, dan kelainan fisik janin dalam kandungan. Ketika seorang dokter mencurigai suatu kelainan, mereka biasanya merekomendasikan USG dimensi yang lebih tinggi, baik 3D atau 4D.

USG 3D dan 4D sebenarnya hampir sama. Dengan kata lain, Anda dapat melihat hasil USG 2D dengan gambar yang lebih jelas. Yang membedakannya adalah output dari hasil itu sendiri. Pada USG 3D, gambar yang ditampilkan adalah gambar diam atau tidak ada gerakan. Keuntungannya, dokter dan ibu bisa melihat perkembangan janin lebih detail, bahkan di organ dalam. Ini memungkinkan USG 3D dilakukan untuk mendeteksi kelainan organ pada janin.

USG 3D dan 4D dapat memberikan informasi tambahan tentang kelainan janin. Tidak diragukan lagi, pemindaian ini akan menunjukkan lebih banyak detail dari sudut yang berbeda, termasuk membantu mendiagnosis bibir sumbing dan kelainan jantung. Ini membantu dokter merencanakan perawatan untuk memperbaiki bibir sumbing dan cacat jantung setelah bayi lahir.

Baca Juga: Ibu Hamil Harus Tahu Pentingnya Tes Darah Pada Lab Kehamilan

USG 4D adalah USG yang lebih canggih. Gambar USG 4D memberikan gerakan sinematik yang lebih detail dan akurat. Tes ini juga membantu untuk lebih jelas memvisualisasikan gerakan anggota badan dan tubuh janin di dalam kandungan. Sayangnya, tidak semua orang bisa melakukan ultrasonografi 4D. Hal ini karena hanya ibu hamil yang memiliki indikasi medis dan berada di bawah anjuran dokter yang dapat melakukannya.

Jika hendak melakukan pemeriksaan USG 3D atau 4D, calon ibu sebaiknya memilih dokter yang berpengalaman dan sudah memiliki sertifikasi. Hal ini, karena USG 3D dan 4D harus ditangani oleh dokter yang memiliki keterampilan khusus dalam mengidentifikasi hasil USG tersebut. Selain menentukan dokter yang tepat, ibu hamil juga perlu memilih jenis USG yang akan dilakukan. Untuk memilih jenis USG, sebaiknya disesuaikan dengan usia kandungan.

Yang kedua adalah memilih waktu yang tepat untuk melakukan USG. Saat usia kehamilan 6 sampai 7 minggu, calon ibu dapat melakukan pemeriksaan USG tahap awal. Di mana pada pemeriksaan USG pertama ini, dapat didengarkan detak jantung bayi. Dan untuk mengetahui jenis kelamin janin, USG dapat dilakukan pada saat usia kehamilan 18 minggu. Di usia kehamilan 27 sampai 28 minggu, pemeriksaan USG dapat mengetahui bentuk wajah bayi dalam kandungan. Jadi, ibu hamil dapat menyesuaikan waktu pemeriksaan USG sesuai masa kehamilan.

Persiapan yang ketiga yakni calon ibu perlu menyiapkan pertanyaan yang bisa ditanyakan kepada dokter ketika pemeriksaan USG. Saat pemeriksaan USG, ibu hamil sebaiknya menceritakan apa yang dirasakan atau gejala apa yang dirasakan selama masa kehamilan. Konsultasikan dengan jelas kepada dokter saat pemeriksaan USG dan jangan lupa menanyakan jadwal USG selanjutnya.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.