Ibu Hamil Harus Tahu Pentingnya Tes Darah Pada Lab Kehamilan

IBU WOMEN CLINIC – Masa kehamilan adalah masa-masa yang sangat penting bagi calon orangtua. Dimana masa kehamilan tersebut haruslah dijaga dengan baik hingga pada saat persalinan tiba. Agar kehamilan anda bisa berjalan dengan baik, maka diperlukan berbagai pemeriksaan kehamilan. ini bertujuan untuk mendeteksi adanya gangguan kehamilan sejak dini. Salah satu pemeriksaan yang perlu untuk dilakukan yaitu tes darah di lab kehamilan.

Pengambilan sampel darah di lab kehamilan menjadi salah satu pemeriksaan yang tidak boleh untuk dilewatkan oleh ibu hamil. Pemeriksaan ini juga perlu dilakukan secara rutin, khususnya bagi calon ibu yang saat ini tengah menjalani kehamilan di awal usia kehamilan atau trimester pertama. Dengan melakukan pemeriksaan sedini mungkin, maka gangguan kehamilan yang dialami juga akan lebih mudah untuk diatasi. Sehingga, tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan, baik itu pada ibu hamil maupun janin yang dikandungnya.

Pemeriksaan kehamilan rutin menjadi sarana bagi ibu hamil untuk terus memantau kondisi perkembangan janin dalam kandungan. Untuk itu, pengecekan pada lab kehamilan menjadi kebutuhan bagi para ibu hamil guna memastikan kesehatan janin sekaligus ibunya. Beberpa tes darah yang perlu dilakukan oleh ibu hamil khususnya ketika trimester pertama kehamilan, yaitu:

Cek Golongan Darah dan Rhesus

Setiap ibu hamil perlu untuk mengetahui golongan darahnya. Hal ini akan sangat berguna sebagai pertolongan pertama saat ibu mengalami perdarahan dan membutuhkan tambahan darah saat menjalani persalinan. Saat ibu melakukan pemeriksaan golongan darah, rhesus pada golongan darah negatif atau positif juga bisa diketahui.  Apabila rhesus pada ibu dan bayinya berbeda, maka bisa menyebabkan tubuh memproduksi antibodi terhadap darah janin. Kondisi tersebut tentu bisa berisiko pada gangguan pada kehamilan. Ibu hamil akan memerlukan suntikan imunoglobulin untuk memecah pembentukan antibodi pada tubuhnya.

Pengecekan Kondisi Anemia

Kondisi anemia menjadi salah satu kondisi yang sangat rentan dialami oleh setiap ibu hamil. Hal ini karena tubuh ibu hamil memerlukan zat besi yang lebih banyak untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam kandungan. Kondisi anemia yang terdeteksi lebih awal memudahkan tim medis untuk memberikan tambahan zat besi bagi ibu hamil.

Baca Juga: Prosedur Pemeriksaan Organ Reproduksi Dokter Spesialis Kandungan

Tes Kadar Gula darah

Pada pemeriksaan tes darah yang dilakukan, kadar gula darah ibu hamil juga akan diperiksa. Hal ini untuk memastikan kadar gula darah ibu hamil dalam kondisi yang normal. Jika ibu hamil memiliki riwayat kondisi diabetes, maka akan berisiko mengalami diabetes gestasional. Yakni sebuah gangguan yang terjadi pada ibu hamil yang mana dapat menyebabkan risiko kelahiran prematur.

Pengecekan Paparan Infeksi

Tes darah yang dilakukan ibu hamil juga dapat mendeteksi adanya paparan infeksi virus maupun bakteri pada tubuh. Dimana infeksi virus tersebut bisa menyebabkan munculnya penyakit, seperti rubella, syphilis, hepatitis B, hepatitis C, dan juga HIV. Cek pada lab kehamilan dengan melakukan tes darah, membantu menghindari penularan virus pada bayi dalam kandungan. Sehingga, risiko terjadinya gangguan kesehatan pada bayi saat dilahirkan bisa diminimkan.

Selain perlu untuk melakukan sejumlah pemeriksaan, sebaiknya ibu hamil juga memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi si kecil. Hal ini penting untuk membantu proses tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan agar terlaksana dengan optimal. Ibu  hamil perlu untuk mencukupi kebutuhan asam folat, protein, vitamin, zat besi, dan juga kalsium selama kehamilannya. Tetap jaga kondisi kesehatan tubuh selama kehamilan dan rutin memeriksakan kehamilan anda. Agar bayi dan ibunya tetap dalam kondisi sehat, dan persalinan berjalan dengan lancar.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.